Assalamu`alaikum...... Welcome to Wahana Education : "Smart - Creative - Exciting - Fun"

H O M E

Selasa, 24 Mei 2011

Evaluasi II

Berikan pendapat anda tentang pernyataan dibawah ini, mengunakan bahasa anda sendiri.....
  1. Apakah makna belajar menurut anda? 
  2. Bagaimana cara anda memotivasi semangat belajar siswa? sebutkan minimal 10 cara! 
  3. Strategi dasar mengembangkan kecerdasan ganda meliputi: membangunkan/memicu kecerdasan, memperkuat kecerdasan, mangajarkan dan mentransfer kecerdasan. buatlah suatu rancangan pembelajaran dengan mengambil topik bahasan tersebut. ? 
Cat : sebelum memberi jawaban, cantumkan Nama dan NIM terlebih dahulu, jawaban tidak boleh sama dengan yang lain, jawaban yang sama tidak akan dinilai. Jawab paling lambat kamis (31 Mai 2011, Jam : 12.30 WIB)

23 komentar:

  1. Nama : Irawati
    Nim : 1002090359
    Prodi : PGSD Unit A


    1. Makna belajar menurut saya yaitu, suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan perilaku baru secara keseluruhan. Perubahan perilaku belajar disini bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan semata, tetapi diharapkan juga memperoleh perubahan dalam sikap dan keterampilannya.

    2. Cara saya memotivasi semangat belajar siswa yaitu dengan cara:

    1. Menjelaskan tujuan akan pentingnya
    belajar kepada peserta didik.
    2. Menggunakan metode yang bervariasi.
    3. Memberi hadiah.
    4. Mengadakan Kompetisi (Persaingan)
    5. Memberikan pujian pada siswa.
    6. Membentuk kebiasaan belajar yang
    baik di kelas.
    7. Membantu kesulitan peserta didik
    dengan cara memperhatikan proses
    dan hasil belajarnya.
    8. Menggunakan media yang baik, yang
    sesuai dengan tujuan pembelajaran.
    9. Memberikan Ulangan.
    10.Pemberian Hukuman.


    3. Rancangan pembelajaran dengan topik
    kecerdasan ganda, yaitu:

    (1) Kecerdasan Linguistik
    Kecerdasan linguistik dapat
    dikembangkan dengan, mengarang
    cerita atau pengalaman sehari-hari.
    (2) Kecerdasan Matematis-Logis
    Kecerdasan ini dapat dikembangkan
    dengan aktivitas melatih kemampuan
    berpikir logis, nalar, abstrak,
    matematis, sebab akibat, dan
    berurutan.
    (3) Kecerdasan Musikal
    Kecerdasan musikal terlihat pada
    kepekaan orang terhadap musik,
    lagu, ritme, nada, dan sebagainya.
    (4) Kecerdasan Ruang-Visual
    Kecerdasan ini berkaitan dengan
    warna, bentuk, desain, tekstur,
    pola, gambar, atau simbol visual
    yang dapat dilihat.
    (5) Kecerdasan Kinestik-Badani
    Kecerdasan ini dapat dikembangkan
    dengan bahasa tubuh dan gerak
    tubuh.
    (6) Kecerdasan Interpersonal
    Pengembangan kecerdasan ini dapat
    dilakukan memberikan feetback,
    memahami perasaan orang lain.
    (7) Kecerdasan intrapersonal
    Pengembangan kecerdasan ini dapat
    melalui merefleksikan diri,
    menerima diri, dan belajar
    menerima diri lebih dalam.

    BalasHapus
  2. Lia Rizki Amelia27 Mei 2011, 18.09.00

    Nama : Lia Rizki Amelia
    Nim : 1002090417
    Prodi : PGSD Unit A


    1) Menurut saya makna belajar , yaitu perubahan prilaku seseorang. Misalkan dari yang tidak tahu menjadi tahu atau dari yang sebelumnya kurang baik menjadi lebih baik. Pengalaman merupakan pelajaran berharga bagi seseorang, dengan pengalaman seseorang bisa mengubah hidupnya menjadi lebih baik.

    2) Cara saya memotivasi siswa untuk semangat belajar dengan cara:

    1. Mengajak siswa belajar sambil
    bermain.
    2. Melakukan proses belajar di luar
    kelas atau lingkungan sekolah.
    3. Memberi iming-iming hadiah bagi
    yang dapat menjawab.
    4. Memberi nasihat atau pesan agar
    siswa rajin belajar.
    5. Menggunakan metode belajar yang
    sesuai dengan karakter siswa.
    6. Mengajak siswa mengikuti kegiatan
    kurikuler.
    7. Memberi pujian pada siswa.
    8. Mengajak siswa berperan aktif
    dengan cara-cara belajar yang
    menyenangkan.
    9. Memberi sarana-sarana yang layak
    dalam proes belajar.
    10.Menciptakan suasana belajar yang
    nyaman dan menyenagkan bagi siswa.

    3) Rancangan pembelajaran yang akan saya terapkan, yaitu:
    Membuat suasana belajar dan keadaan kelas nyaman, agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh. Dan saya lebih memperhatikan keadaan siswa sehingga dapat mnggunakan metode belajar yang sesuai. Memberi kebebasan pada siswa untuk memilih dan mengembangkan kecerdasan mereka yang ada sehingga mereka dapat berfikir secara kreatif. Menanamkan pada siswa agar mau berbagi ilmu tehadap sesama agar ilmu yang mereka miliki tidak mudah hilang.

    BalasHapus
  3. Nama : Dian Marlina
    Nim : 1002090369
    Prodi : PGSD, Unit A


    1. Menurut saya,
    Makna belajar yaitu suatu proses penambahan informasi dari yang tidak tahu menjadi tahu, karena adanya interaksi antara stimulus dan respon yang akan membawa pada perubahan tingkah laku pada individu tersebut.

    2. Menurut Saya Cara Memotivasi Semangat Belajar Siswa yaitu;
    A. membuat suasana kelas senyaman mungkin
    apabila suasana kelas nyaman siswa akan mudah mengikuti proses belajar dan dengan dipasang pernak pernik diruangan kelas siswa juga akan termotivasi belajarnya

    B. Memberi Tahu Kepada Siswa Tujuan Dari Belajar
    pendidik harus menanamkan kepada siswa bahwa belajar itu penting, serta member tahu tujuan dari belajar yang hasilnya nanti akan berguna bagi mereka sendiri. Dengan mengetahui tujuannya siswa akan termotivasi semangat belajarnya.
    C. Memberi Nilai Terhadap Hasil Belajar Siswa
    ketika hasil belajar siswa diberikan nilai, maka siswa akan merasa dihargai karyanya. Oleh karena itu siswa akan termotivasi untuk mencari nilai yang baik kedepannya.
    D. MemberI Hadiah
    pendidik memberi hadiah kepada siswa yang berprestasi, sehingga siswa yang belum berprestasi akan termotivasi semangat belajarnya untuk mengejar siswa yang berprestasi karena ingin mendapatkan hadiah juga.
    E. memberi pujian
    pendidik setidaknya member pujian yang sewajarnya kepada siswa yang berprestasi, sehingga siswa akan lebih semangat belajarnya untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik kedepannya.
    F. Mengadakan Perlombaan
    dengan adanya perlombaan, maka aka nada persaingan diantara siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya untuk lebih baik, dan untuk mendapatkan hadiah dari perlombaan tersebut.
    G. Menggunakan Metode Yang Bervariasi
    pendidik harus menggunakan metode yang bervariasi dalam belajar, itu akan membuat siswa tidak bosan ketika proses belajar berlangsung. Dan sering-sering melibatkan siswa dalam proses belajarnya.
    H. Belajar Sambil Bermain
    belajar yang monoton akan membuat siswa jenuh dan bosan, apabila dalam belajar siswa dapat bermain dan terlibat langsung, maka siswa akan termotivasi semangat belajarnya.
    I .Mengetahui Hasil
    dengan mengetahui hasil belajar kepada siswa bisa dijadikan motivasi kepada siswa, sehingga siswa akan terdorong untuk belajar lebih giat.
    J .Memberi Perhatian Kepada Siswa
    pendidik harus member kepada siswa tanpa harus membedakan, sehingga siswa akan merasa diperhatiin yang akan berdampak baik terhadap belajarnya.

    3. Rancangan Pembelajaran Menurut Saya Yaitu,
    Pertama-tama pendidik harus memperhatikan kecerdasan potensial masing-masing peserta didik. Setelah mengetahui kecerdasannya selanjutnya pendidik :
    • Membangunkan kecerdasan tersebut dengan menggunakan metode membaca kepada siswa, dengan membaca anak akan mengaktifkan indra dan menghidupkan kerja otaknya, karena metode membaca sangat membantu membangunkan kecerdasan pada anak.
    • Setelah itu pendidik harus memperkuat kecerdasan pada anak, dengan menggunakan metode menulis dengan cara member latihan-latihan atau soal-soal. Dengan begitu anak akan memperkuat kemampuannya dalam membangun kecerdasan
    • Selanjutnya pendidik mengajarkan kepada anak yaitu untuk mengembangkan pelajaran yang sudah diterimanya, dengan mendengarkan penjelasan dari guru.
    • Setelah itu mentransfer kecerdasan, dimana usaha untuk memanfaatkan berbagai cara untuk memahami realita – realita kehidupan ketika berada di lingkungan nyata. Disana anak akan menggunakan metode yang terlibat langsung dalam proses belajarnya. Ketika pemahaman dan kematangan anak terhadap sesuatu sudah kuat ia akan mempraktekannya langsung kelingkungan social tempat ia berinteraksi.

    BalasHapus
  4. Nama : Asmaul Husna
    Nim : 1002090387
    Prodi : PGSD, Unit A

    1. Menurut saya,
    Makna belajar itu suatu kewajiban atau hakikat manusia dari dia lahir samapai dia tua untuk mencari ilmu yang tidak dia ketahui menjadi tahu. Dari belajar mengenal huruf, angka dan lain-lain. Belajar suatu hal yang sangat penting bagi manusia, dengan belajar manusia bisa menjadi pintar dan memiliki wawasan luas.

    2.Caranya yaitu:
    1. Memberi hadiah berupa permen atau coklat pada siswa disaat siswa bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
    2. Memberi pujian pada saat siswa bisa menjawab pertanyaan.
    Mengadakan penelitian tentang alam atau belajar diluar kelas, sehingga siswa ingin tahu dan terus belajar
    3. Mengadakan juara umum disertai hadiah berupa piala atau yang lainnya. Dengan begitu siswa giat untuk belajar.
    4.Membuat permainan dan bercerita pada saat proses belajar mengajar berlangsung, sehingga siswa tidak bosan dan ingin terus mengikuti pelajaran
    5.Guru harus menghargai jawaban dan pertanyaan dari siswanya disertai pujian. Dengan begitu siswa akan terus bertanya dan menjawab pertanyaan
    6.Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya, sehingga siswa akan belajar dan mencari yang tidak dia pahami untuk ditanyakan dan akan selalu untuk mengutarakan ide-idenya.
    7.Membuat perlombaan antar siswa, dengan begitu siswa akan serius belajar dan akan terus belajar untuk mengikuti perlombaan yang akan diadakan untuk mendapatkan juara.
    8.Memberi latihan dan memberi tugas-tugas. Degan begitu siswa akan mencari jawaban untuk menyelesaikan tugasnya dengan cara belajar.
    9. Mengadakan penelitian tentang alam atau belajar diluar kelas, sehingga siswa ingin tahu dan terus belajar.
    10.Pada saat guru menyuruh siswanya untuk menyelesaikan soal dipapan tulis guru harus mengatakan kepada siswa “ayo selesaikan soalnya kamu pasti bisa” dan guru bertepuk tangan ketika dia sudah menyelesaikan soalnya. Dengan begitu siswa pasti akan terdorong atau termotivasi dan berani untuk menyelesaikan soal-soal didepan.

    3. Kecerdasan ganda yang saya ketahui adalah kecerdasan berfikir yang dimiliki setiap anak yang didalamnya mempunyai Sembilan kecerdasan :
    Untuk membangun atau memicu kecerdasan anak bisa kita lakukan dengan cara mengadakan perlombaan-perlombaan seperti perlombaan pada seni music, puisi, matematika, menggambar dan lain-lain. Dengan diadakan perlombaan tersebut kita telah membangun atau memicu kecerdasan yang dimiliki anak.
    Untuk mengembangkan kecerdasan ganda bukan hanya dengan membangun atau memicu kecerdasannya saja. Kita juga harus memperkuat kecerdasannya dengan cara selalu melatih si anak dalam bentuk apa saja untuk dapat memperkuat kecerdasan yang telah dimliki anak.
    Dan disertai kita sebagai guru untuk mengajar dan mentransfer pada anak. Kita dapat mengajarkan dalam bentuk salah satunya kecerdasan bermain music, kita sebagai guru harus mengajarkan bagaimana cara bermain music yang benar. Dan kita mentrasfer macam-macam bentuk kecerdasan pada anak, dengan adanya guru mengajarkan dan mentranfer pada anak sianak yang cerdas dia akan dengan mudah mengerti dan menerima rangsangan-rangsangan yang diberikan oleh guru.
    Denga adanya strategi ini, kecerdasan anak akan berkembang dengan sempurna. Oleh sebab itu guru harus menerapkan strategi ini dalam pembelajaran

    BalasHapus
  5. Nama : Mentari
    Nim : 1002090363
    Prodi : PGSD, Unit A

    1.Menurut saya,
    Makna belajar adalah untuk meningkatkan mutu belajar dan kecerdasan otak. Belajar juga untuk kita lebih pandai agar tidak dibodoh-bodohin oleh orang lain. Dengan kita belajar apa yang belum kita ketahui menjadi tahu. Belajar bisa memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan.

    2.Dengan cara,

    a.Memberikan hadiah sebuah permen bagi anak yang mau mengerjakan soal didepan
    b.Memberikan suatu pujian bagi anak yang bisa menjawab soal
    c.Menceritakan suatu kisah atau dongeng yang didalamnya berisi suatu semangat dan pelajaran yang bermutu.
    d.Bernyanyi didepan kelas supaya anak-anak tidak bosan
    e.Belajar diluar dengan alam terbuka
    f.Terjun atau praktek langsung dalam satu pelajaran ( contoh pelajaran biologi menanam tumbuh-tumbuhan)
    g.Mendengarkan pelajaran pada anak lewat tipe recorder
    h.Belajar dengan menggunakan permainan
    i.Bercanda tawa dengan siswa
    j.Menggunakan penerapan hukuman

    3.Jika saya merancang suatu pembelajaran, saya akan merancang suatu suasana yang santai tapi serius. Dengan belajar sambil bermain seperti membuat permainan teka-teki silang. Siswa tersebut akan berfikir dan memicu kecerdasan otak anak tersebut. Siswa tersebut akan memikirkan dan mengisi kotak-kotak yang kosong. Dengan adanya suatu rancangan pembelajaran ini anak tidak cepat bosan dengan pembelajaran tersebut.

    BalasHapus
  6. Nama : Ida Wahyuni
    Nim 1002090354
    Prodi : PGSD, Unit A

    1.Menurut saya,
    Belajar yaitu untuk mengetahui informasi-informasi dan mengetahui ilmu-ilmu yang belum kita pelajari atau kita ketahui untuk mendapatkan sesuatu kita harus belajar.

    2.Caranya yaitu:
    a.Dengan cara memuji siswa
    b.Menghargai setiap jawaban dan pertanyaan siswa
    c.Mendukung siswa dengan cara member hadiah-hadiah
    d.Menjadi teman sekaligus orang tua bagi siswa
    e.Selalu memperlihatkan keceriaan pada anak agar semangat belajar
    f.Mendengar setiap keluhan siswa yang suka bercerita masalah-masalah seharinya
    g.Besikap ramah pada semua siswa
    h.Bersikap adil atau tidak memilih derajat orang tuanya
    i.Memuji siswa dengan penuh ketulusan
    j.Selalu Tanya inpian dan harapan siswa setelah dewasa biar semangat belajarnya bertambah

    3.Menurut saya kecerdasan ganda adalah kecerdasa otak siswa dalam berfikir atau menerima soal-soal yang telah diberikan oleh guru dan selalu bisa menjawabnya dengan benar, tetapi seorang guru tidak boleh menyuruh siswa sesuatu hal yang terlalu rumit apalagi anak usia 5-7 tahun, karena bisa merusak daya piker si anak

    BalasHapus
  7. Nama : Khairil
    Nim : 1002090391
    Prodi : PGSD Unit A

    1)Makna belajar menurut saya, yaitu proses dimana suatu perilaku muncul atau berubah karena adanya respons terhadap sesuatu situasi dari apa yang ia pelajari. Perubahan prilaku tersebut relatif dikaitkan dengan pengalaman. Karena seseorang cenderung belajar untuk menjadi lebh baik dari pengalaman masa lalu.

    2)Memotivasi semangat belajar siswa, menurut saya dapat dilakukan dengan cara:
    1.Berusaha agar siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran.
    2.Menggunakan media belajar yang efektif.
    3.Memberikan gambaran kepada siswa akan pentingnya belajar.
    4.Memberikan hadiah kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan.
    5.Mengulang-ngulang materi pelajaran.
    6.Memberi pujian atau aplose atas jawaban siswa.
    7.Menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan di dalam kelas.
    8.Menerapkan hukuman, agar siswa lebih disiplin.
    9.Melakukan evaluasi terhadap hasil belajar.
    10.Mengulang-ngulang materi pelajaran.

    3)Rancangan pembelajaran yang saya terapkan menurut teori kecerdasan ganda, yaitu:
    Berusaha mengenali minat dan bakat siswa, dengan cara melakukan observasi kelas. jika sudah terdeteksi bakat siswa maka akan lebih mudah menentukan bahan ajar kepada siswa, karena semua siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Agar kemampuan yang dimiliki siswa tidak mudah hilang maka saya akan mengulang-ulang materi dan saya akan memberikan beberapa tugas agar siswa tetap mengulang pelajaran di rumah.

    BalasHapus
  8. Nama : Rika Yulianda
    Nim : 1002090523
    Prodi : PGSD Unit A

    1)Makna belajar menurut saya, yaitu perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan. Perubahan tersebut tidak dapat terlepas dari pengalaman individu itu sendiri. Karena pengalaman merupakan guru yang paling berharga dalam kehidupan seseorang.


    2)Memotivasi semangat belajar siswa, menurut saya dapat dilakukan dengan cara:
    1.Menerapkan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan.
    2.Memberikan nasehat kepada siswa akan pentingnya belajar.
    3.Menggunakan media belajar yang memadai.
    4.Menggunakan metode inquiry pada proses pembelajaran.
    5.Memberikan hadiah.
    6.Berusaha agar siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
    7.Memberikan pujian atas jawaban siswa.
    8.Menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan di dalam kelas.
    9.Memberikan angka atas seluruh tindakan siswa.
    10.Memberikan tugas atau ulangan.

    3)Rancangan pembelajaran berdasarkan teori tersebut, yaitu:
    Disaat hendak mengajar sebaiknya kenali dulu kecerdasan yang terdapat pada anak, metode mengajarnya harus disesuaikan dengan pendekatan kecerdasan tersebut, karena belum tentu semua anak memiliki kemampuan yang sama dalam memecahkan suatu masalah. Dalam mengevaluasi kemajuan siswa, guru perlu menggunakan berbagai model yang cocok dengan intelegensi ganda, bukan hanya dengan paper and test.

    BalasHapus
  9. Nama : Yusnidar
    Nim : 1002090352
    Prodi : PGSD, Unit A

    1.Makna belajar menurut saya yaitu belajar segala sesuatu yang belum kita ketahui untuk menjadi tahu, belajar bisa kita dapatkan, kita lakukan dilingkungan dan disekolah, supaya kita mendapat menambah ilmu pengetahuan dan kita dalam belajar harus benar-benar berniat mempelajar ilmu supaya mendapat tujuan yang kita inginkan.

    2.Motivasi semangat belajar siswa

    1.Guru harus bersikap rahma terhadap pendidiknya tersebut

    2.Memberi hadiah bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan dari guru, dengan begitu siswa semangat untuk belajar

    3.Harus banyak memperlihatkan keceriaan belajar supaya siswa minat belajar

    4.Harus banyak cerita pada peserta didik tentang orang-orang yang sudah sukses, dengan begitu membuat murid semangat belajar

    5.Guru bersikap adil dan tidak memilih disaat belajar

    6.Guru bersikap baik kepada sang peserta didik semua

    7.Mendengar keluhan dari siswa yang ingin bercerita kepada guru

    8.Guru harus menghargai tugas-tugas yang sudaah dibuat oleh siswa, walaupun itu salah

    9.Guru harus menghargai pertanyaan siswa walaupun pertanyaan itu salah

    10.Guru Tanya-tanya tentang
    kehidupan siswa kalau siswa itu mempunyai cita-cita apa.

    3.Menurut saya strategi yang akan saya rancang dalam proses pembelajaran yaitu mentransfer ilmu kepada siswa agar siswa dapat meningkatkan kecerdasan mereka, dan juga membangunkan semangat belajar mereka dengan bermacam-macam cara seperti menggunakan metode diskusi, siswa dapat berinteraksi dengan siswa yang lain, dengan begitu mereka dapat mengeluarkan pendapat mereka masing-masing.

    BalasHapus
  10. NAMA : IDAWATI (1002090399)
    PRODY : PGSD UNIT A

    1.Makna Belajar
    Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon.Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Stimulus adalah apa saja yang diberikan guru kepada pelajar, sedangkan respon berupa reaksi atau tanggapan pelajar terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut. Tetapi dalam hal lain belajar tidaklah hanya interaksi antara stimulus dan respon tetapi belajar juga adalah segala sesuatu yang apabila kita mengetahuinya itu bisa menjadi ilmu bagi kita untuk lebih maju,seperti halnya orang yang banyak menggunakan pengalaman sebagai guru yang dapat memberikan ilmu terbaru baginya,hal tersebut juga disebut belajar karena adanya perubahan dan penyesuaian perilaku.
    2. Strategi Memotifasi semangat belajar siswa
    1. mengGunakan metode yang beragam
    2. Jadikan siswa aktif
    3.membuat tugas yang menantang namun realistis.
    4. Ciptakan suasana kelas yang aman
    5. memberi tugas secara proporsional
    6. Berikan petunjuk pada siswa agar sukses dalam belajar
    7. Hargai kesuksesan siswa
    8. memberi hadiah untuk motivasi
    9. Hindari penggunaan ancaman
    10. Hindarilah komentar buruk
    3. membangunkan/memicu kecerdasan :
    Kecerdasan adalah suatu kemampuan untuk memecahkan masalah menghasilkan sesuatu yang dibutuhkan didalam kehidupan. Seseorang dikatakan cerdas bila ia dapat memecahkan masalah yang dihadapi dalam hidupnya dan mampu menghasilkan sesuatu yang berharga berguna bagi dirinya dan umat manusia. Kecerdasan yang paling menonjol akan mengontrol kecerdasan-kecerdasan lainnya dalam memecahkan masalah. kecerdasan manusia misalnya dalam hal:Bahasa,matematik,ruang,geraktubuh,ilmu social,naturalis,spiritual,dan agama.Pada dasarnya semua orang memilki semua macam kecerdasan di atas, namun tentu saja tidak semuanya berkembang atau dikembangkan pada tingkatan yang sama,karena teterbatasan kemampuan yang di miliki oleh setiap orang, sehingga tidak dapat digunakan secara efektif.Tidak ada manusia yang sangat cerdas dan tidak ada manusia yang sangat bodoh,tetapi tidak cerdas untuk seluruh aspek yang ada pada dirinya. Yang ada adalah ada manusia yang memilki kecerdasan tinggi pada salah satu kecerdasan yang dimilikinya.

    BalasHapus
  11. Nama : Muhammad isa
    N P M : 1002090400

    1.Makna belajar
    Belajar adalah untuk mengetahui sesuatu yang belum kita ketahui. Setiap orang belajar. Anak-anak, mahasiswa, bahkan orang tua tak terkecuali. Setiap manusia belajar dengan caranya sendiri. Ada yang belajar dengan cara menghadiri perkuliahan, ada yang banyak membaca buku apa saja, serta ada yang belajar dari cerita dan pengalaman hidup orang. Belajar merupakan tradisi umat manusia.
    Sebagai seorang mahasiswa, apa yang terbayang di benak ketika mendengar kata belajar? Mungkin jawabannya bisa berbeda-beda. Tergantung cara pandang kita terhadap belajar itu sendiri. Sebagian membayangkan duduk dan mendengarkan ucapan dosen sambil mengantuk. Tugas-tugas yang bertumpuk. Ancaman mendapat nilai rendah atau malah di-DO.Setidaknya ada beberapa hal yang disepakati. Pertama belajar bukanlah pekerjaan yang meyenangkan. Kedua belajar Anda lakukan seringkali karena terpaksa. Apakah terpaksa lulus, atau terpaksa supaya dapat ijazah.

    2.Cara saya memotivasi semangat belajar siswa yaitu dengan cara:
    1)Memberi angka
    2)Hadiah
    3)Saingan atau kompetensi
    4)Ego-Involvement
    5)Memberi ulangan
    6)Mengetahui hasil
    7)Pujian
    8)Hukuman
    9)Minat
    10)Hasrat untuk belajar

    3.Rancangan pembelajaran dengan topik kecerdasan ganda, yaitu:
    Dengan cara meningkat kan :
    1)Mengadakan evaluasi diri
    2)Menetapkan tujuan atau cita-cita
    3)Membangun kebiasaan cerdas
    4)Membangun sikap keterbukaan-etis
    5)Sikap belajar positif terhadap apapun yang kita alami
    6)Membangun sikap rendah hati

    BalasHapus
  12. Raudhatul Falah29 Mei 2011, 12.56.00

    Nama:raudhatul falah
    Nim:1002090367
    Prodi:PGSD(UNIT A)

    1.Menurut saya makna belajar,untuk menambah wawasan ,dan untuk memperoleh /mendapatkan ilmu.dan juga belajar untuk perubahan tingkah laku seseorang,dan juga untuk menemukan sesuatu tentang hidup.dimana kita beranjak dari ketahuan menjadi tahu untuk menuju kepintaran .dan juga agar tingkah laku kita menjadi lebih baik dari sebelumnya.atau usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan yang baru secara keseluruhan dari pengalaman sendiri dalam interaksi dengan lingkungan .dan juga untuk memperoleh berbagai kecakapan keterampilan.
    2.10 motivasi
    1.memberi hadiah
    2.memberian pujian
    3.menjelaskan tujuan belajar kepeserta didik.
    4.membentuk kebiasaan belajar yang baik.
    5.menggunakan metode yang bervariasi.
    6.menggunakan media yang baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran
    .7.membantu kesulitan belajaran anak didik secara individual maupun kelompok.
    8.saingan,unyuk meningkatkan prestasi belajarnya berusaha memperbaiki hasil prestasi yang telah dicapai sebelumnya.
    9.membangkit dorongan kepada anak didik untuk belajar
    10.hukuman,hukuman ini diberikan dengan harapan aagar siswa tersebut mau berubah diri dan berusaha memacu motivasi siswa.

    3.setiap manusia memiliki kecerdasan masing-masing anak .untuk membangun kecerdasan yang ada pada diri kita/guru dengan cara membuat suatu yes dalam belajar mengajar,bisa itu tes membaca maupun menulis.dengan adanya tes tersebut kita bisa membangun /memicu kecerdasan yang ada pada anak.
    Dan juga kita harus memperkuat kecerdasan yang sudah dimiliki oleh anak dengan cara memberikan latihan-latihan ,dengan begitu kecersdasan yang telah dimiliki oleh anaktersebut menjadi lebih kuat kemampuan berfikirnya.
    Membangun dan memperkuat kecerdasan anak harus disertai dengan pengajaran dan guru mentranfer materi kepada anak didik dalam proses belajar mengajar.

    BalasHapus
  13. Widya Meirista29 Mei 2011, 17.34.00

    Nama : Widya Meirista
    Nim : 1002090392
    Prodi : PGSD, Unit A

    1.Menurut saya,
    Belajar adalah proses dimana hal yang sebelumnya kita tidak tahu, kemudian menjadi tahu.
    Belajar dapat dilakukan ditiga tingkat pendidikan, yaitu;
    a.Pendidikan formal
    Kegiatan belajar yang dilakukan secara terstruktur dan terorganisir seperti sekolah-sekolah atau perguruan tinggi.
    b.Pendidikan informal
    Proses belajarnya didalam keluarga jadi orang tualah yang menjadi panduan kita dalam proses belajar tersebut.
    c.Pendidikan nonformal
    Belajar yang dilakukan diluar jam pelajaran sekolah untuk menambah ilmu biasanya dengan mengikuti les private, mengaji ( belajar dalam ilmu agama), dan kegiatan ektrakulikuler lainnya.

    2.Menurut saya ada 10 cara memotivasi semangat belajar siswa
    a.Member pujian
    Dalam proses belajar, kija siswa mau mencoba menjawab pertanyaan yang kita lemparkan, maka berilah pujian atas jawaban yang sudah dilontarkan baik itu salah maupun benar agar ia senang.
    b.Memvariasikan metode belajar
    Sebagai seorang guru, jangan menggunakan metode yang itu – itu saja, karena siswa pasti akan bosan dan hasilnya tidak mau belajar lagi sebab timbul rasa malasnya. Maka carilah metode yang sesuai dengan materi dan variasikan metodenya agar menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan.
    c.Memberi latihan atau soal-soal
    Dengan cara ini siswa akan mengerti apa yang sudah kita ajarkan, karena setiap pembelajaran yang benar dan bagus harus ada exersicenya agar lebih terlihat mana siswa yang sudah paham atau tidak.
    d.Buatlah perlombaan atau cerdas cermat yang sederhana
    Apabila kita melaksanakan cara ini, maka siswa akan aktif dan suasana belajar jadi lebih hidup dan tertantang.
    e.Memberi hadiah kecil
    Setelah melakukan kegiatan perlombaan atau cerdas cermat yang sederhana maka berilah hadiah kepada siswa yang menang dan kalah. Agar siswa-siswi tidak kecewa dan menghargai atas usahanya.
    f.Membuat juara umum
    Tiap semester berikan juara kepada siswa yang menonjol di kelas, dengan demikian siswa yang lain akan termotivasi.
    g.Gunakan fasilitas sumber belajar yang memadai.
    h.Membuat pendekatan kepada siswa.
    i.Penerapan hukuman.
    j.Melakukan pembelajaran di luar kelas.


    3.Rancangan pembelajaran dari topik pembahasan tersebut.
    Dalam stratgi mengembangkan kecerdasan ganda meliputi:
    - Membangun atau memicu kecerdasan
    Untuk membangun atau memicu kecerdasan ini perlu cara-cara yang efektif. Guru memberikan stimulasi=stimulasi pada siswa, mengulang-ulang materi yang telah disampaikanagar mendapatkan respon-respon positif dari siswa.
    - Memperkuat kecerdasan
    Guru memberikan evaluasi atau latihan-latihan supaya siswa mengulang kembali materi yang diberi.
    - Mentransfer kecerdasan
    Mengajarkan kepada siswa akan pentingnya berbagi terhadap sesame teman berupa ilmu yang dimiliki oleh siswa, agar ilmunya menjadi lebih berkah.

    BalasHapus
  14. Nama : Agus Safrizal
    Nim : 1002090409
    Prodi : PGSD Unit A



    1. Belajar menurut saya merupakan suatu proses perubahan perilaku dari individu tersebut melalui kegiatan pembelajaran yang ia lakukan. Perubahan dapat terjadi berdasarkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Dan belajar juga mempunyai tujuan dalam kehidupan pribadi tersebut.

    2. Cara saya memotivasi siswa agar semangat belajar:

    1. Memberikan arahan kepada siswa akan makna belajar yang sesungguhnya.
    2. Menggunakan metode yang variatif.
    3. Menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa.
    4.Melakukan pembelajaran dilingkungan sekolah.
    5. Memberikan respon positif terhadap tanggapan dari siswa, berupa pujian dan hadiah.
    6. Mengadakan kompetisi atau persaingan di kelas.
    7.Menghubungkan kegiatan pembelajaran dengan minat yang dimiliki siswa.
    8.Pemberian hukuman.
    9.Memberikan tugas harian. Agar siswa lebih memahami apa yang di jelaskan oleh guru.
    10. Melakukan evaluasi pembelajaran.


    3. Rancangan pembelajaran berdasarkan topik tersebut:

    1.Dengan adanya variasi kemampuan yang dimilki oleh siswa, maka guru harus pintar mengolah bahasa agar semua siswa dapat mengerti apa yang dijelaskan oleh guru. Selain itu guru juga harus memperhatikan penampilan agar siswa-siswa semngat dalam belajar. tidak ada salahnya bila guru melakukan pendekatan kepada siswa-siswanya agar lebih mengetahui potensi-potensi yang dimiliki oleh siswa tersebut.
    2. Untuk memperkuat kecerdasan yang dimiliki oleh siswa maka guru tidak hanya menjelaskan tetapi juga memberikan latihan-latihan dan tugas agar siswa mau mengulang kembali apa yang disampaikan oleh gurunya.
    3. Tidak lupa pula agar tidak ilmu yang dimiliki oleh siswa tidak mudah hilang dari ingatan siswa, cobalah memberi arahan pada siswa agar mau saling berbagi ilmu dengan sesame teman yang belum mengerti.

    BalasHapus
  15. Nama : Suraini
    Nim : 1002090413
    Prodi : PGSD Unit A



    1. Makna belajar menurut saya, yaitu suatu proses yang dilakukan oleh individu dari yang tidak tahu menjadi tahu. Dan lebih menuju kepada tingkat kedewasaan dalam berfikir berdasarkan pengalaman yang ia miliki. Berarti disini terjadi perubahan tingkah laku dalam diri individu tersebut.

    2. Cara memotivasi siswa agar semangat belajar dapat dilakukan dengan:
    1. Mengaitkan tujuan belajar dengan tujuan siswa sebagai pelajar.
    2. Memberi kebebasan kepada siswa untuk memperluas materi keiatan belajar.
    3. Membandingkan siswa dengan tokoh-tokoh yang populer.
    4. Memberi penilaian terhadap setiap tugas siswa dan memberikan komentar secara lisan maupun tulisan.
    5. Memanfaatkan fasilitas atau media semaksimal mungkin dalam kegiatan pembelajaran.
    6. Sebaiknya menggunakan variasi metode dalam mengajar.
    7. Sesekali melakukan kegiatan belajar mengajar di luar kelas.
    8. Memberikan penghargaaan atas pekerjaan siswa.
    9. Menggalakkan kompetisi atau persaingan.
    10. Mengevaluasi hasil belajar siswa.

    3. Rancangan pembelajaran berdasarkan topik tersebut:

    • Harus kita ketahui bahwa setiap individu memiliki kemampuan yang berbeda terlebih jika kita menilai dari segi IQ individu tersebut. Namun, setiap orang berdasarkan faktanya ia ternyata memiliki Sembilan kecerdasan. Nah, kecerdasan yang dobel ini sering disebut dengan multiple intellegensi.
    • Sebagai guru harus mampu untuk menguasai materi dengan baik agar siswa mempunyai wawasan yang baik dan mudah memahami penjelasan dari gurunya. Dalam membangun kecerdasan yang dimiliki siswa guru harus menggunakan media yang memadai agar proses mengajar dapat berjalan lancar.
    • Agar siswa tidak mudah lupa dengan penjelasan yang telah diberikan. Ada baiknya guru sering memberikan tugas atau latihan agar dapat memperkuat kecrdasan siswa tersebut.

    BalasHapus
  16. nama : siti mauliza
    nim : 1002090371
    prodi : pgsd unit A

    1. menurut saya : makna belajar sangat berpengaruh terhadap kehidupan. karena dengan adanya belajar kita dapat menghargai satu sama lain. dan dengan kita secara baik kita dapat bergaul dengan masyarakat, lingkunga, keluarga, dan di sekolah. belajar bukan hanya di sekolah tetapi belajar di luar sekolah pun sangat penting. tanpa belajar pergaulan tata krama pun tidak ada dalam jiwa individual.

    2. a. menjelaskan tujuan belajar ke peserta didik yang akan di capai kepada siswa.
    b. memberi hadiah untuk siswa agar peseta didik mempunyai semangat belajar.
    c. memberi saiangan terhadap peserta didik supaya di antara siswanya untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
    d. memberi pujian yang sepantasnya untuk siswa yang berprestasi untuk di berikan penghargaan.
    e. memberi hukuman kepada siswa yang berbuat salah saat proses belajar.
    f. memberi semangat atau dorongan kepada peserta didik.
    g. membuat bentuk atau membuat suatu kebiasaan belajar yang baik.
    h. membantu kesulitan belajar yang di alami peserta didik dengan cara membuat suatu kelompok.
    i. menggunakan metode yang bervariasi.
    j. menggunakan media yang baik dan sesuai tujuan pembelajaran.

    3. dalam, keluarga memiliki pengaruh penting dalam membentuk kepribadaian anak. dan keluargalah peletak dasar perasaan aman terhadap anak. jadi penbelajaran yang di gunakan terutama tentang emosi anak. karena dengan kita memahami keadaan dan kondisi anak maka seorang pendidik harus mengerti dan memahami sifat peserta didik tersebut. dan pendidik harus mempunyai sifat yang baik dan mudah dekat dengan peserta didik.

    BalasHapus
  17. nama : ayu wandira
    nim : 1002090356
    prodi : pgsd unit A

    1.Makna belajar
    Belajar adalah untuk mengetahui sesuatu yang belum kita ketahui. Setiap orang belajar. Anak-anak, mahasiswa, bahkan orang tua tak terkecuali. Setiap manusia belajar dengan caranya sendiri. Ada yang belajar dengan cara menghadiri perkuliahan, ada yang banyak membaca buku apa saja, serta ada yang belajar dari cerita dan pengalaman hidup orang. Belajar merupakan tradisi umat manusia.
    Sebagai seorang mahasiswa, apa yang terbayang di benak ketika mendengar kata belajar? Mungkin jawabannya bisa berbeda-beda. Tergantung cara pandang kita terhadap belajar itu sendiri. Sebagian membayangkan duduk dan mendengarkan ucapan dosen sambil mengantuk. Tugas-tugas yang bertumpuk. Ancaman mendapat nilai rendah atau malah di-DO.Setidaknya ada beberapa hal yang disepakati. Pertama belajar bukanlah pekerjaan yang meyenangkan. Kedua belajar Anda lakukan seringkali karena terpaksa. Apakah terpaksa lulus, atau terpaksa supaya dapat ijazah.

    2.Cara saya memotivasi semangat belajar siswa yaitu dengan cara:
    1)Memberi angka
    2)Hadiah
    3)Saingan atau kompetensi
    4)Ego-Involvement
    5)Memberi ulangan
    6)Mengetahui hasil
    7)Pujian
    8)Hukuman
    9)Minat
    10)Hasrat untuk belajar

    3. dalam, keluarga memiliki pengaruh penting dalam membentuk kepribadaian anak. dan keluargalah peletak dasar perasaan aman terhadap anak. jadi penbelajaran yang di gunakan terutama tentang emosi anak. karena dengan kita memahami keadaan dan kondisi anak maka seorang pendidik harus mengerti dan memahami sifat peserta didik tersebut. dan pendidik harus mempunyai sifat yang baik dan mudah dekat dengan peserta didik.

    BalasHapus
  18. nama : abdurrahman
    nim : 1002090355
    prodi : pgsd unit A

    1. makna balajr menurut saya ialah ingin mengetahui apa yang belum kita ketahui, atau ilmu - ilmu pengetahuan yang berguna untuk kita semua karena belajar atau menuntut ilmu hanya wajib bagi kita. seperti kata pepatah tuntut lah ilmu mulai dari ayunan sampai keliang lahat. tanpa belajar hidup ini akan terasa payah.sebaliknya kemampuan akan perkaya pengetahuan.

    2.Caranya yaitu:
    a.Dengan cara memuji siswa
    b.Menghargai setiap jawaban dan pertanyaan siswa
    c.Mendukung siswa dengan cara member hadiah-hadiah
    d.Menjadi teman sekaligus orang tua bagi siswa
    e.Selalu memperlihatkan keceriaan pada anak agar semangat belajar
    f.Mendengar setiap keluhan siswa yang suka bercerita masalah-masalah seharinya
    g.Besikap ramah pada semua siswa
    h.Bersikap adil atau tidak memilih derajat orang tuanya
    i.Memuji siswa dengan penuh ketulusan
    j.Selalu Tanya inpian dan harapan siswa setelah dewasa biar semangat belajarnya bertambah

    3.Menurut saya kecerdasan ganda adalah kecerdasa otak siswa dalam berfikir atau menerima soal-soal yang telah diberikan oleh guru dan selalu bisa menjawabnya dengan benar, tetapi seorang guru tidak boleh menyuruh siswa sesuatu hal yang terlalu rumit apalagi anak usia 5-7 tahun, karena bisa merusak daya piker si anak

    BalasHapus
  19. Emira Laura Putri30 Mei 2011, 12.06.00

    Nama : Emira Laura Putri
    Nim : 1002090408
    Prodi : PGSD, unit A

    1.Menurut saya,
    Belajar adalah proses menambah wawasan atau ilmu yang belum kita ketahui menjadi tahu yang akan berdampak pada perubahan tingkah laku kita menjadi lebih baik lagi, sehingga dengan belajar kita akan menjadi pintar.

    2.Caranya yaitu:
    1.Menghargai hasil belajar siswa dengan memberi hadiah atau pujian.

    2.Memvariasikan metode pembelajaran agar lebih menyenangkan dalam proses belajar mengajar.

    3.Ciptakan suasana belajar sambil bermain untuk memacu motivasi siswa dalam belajar.

    4.Memperhatikan siswa tanpa harus membedakanya dengan siswa yang lain.

    5.Memberikan latihan-latihan untuk melihat kemampuan siswa.

    6.Mengadakan perlombaan sehingga siswa akan aktif dalam pembelajaran.

    7.Melakukan proses belajar mengajar diluar kelas dengan tujuan agar siswa lebih nyaman dan santai.

    8.Menggunakan media atau fasilitas belajar yang memadai.

    9.Melakukan evaluasi terhadap siswa setelah memberikan latihan.

    10.Menjadi teman bagi siswa, sehingga siswa lebih terbuka dengan gurunya.

    3.Menurut saya,
    Strategi dasar mengembangkan kecerdasan ganda pada anak yang meliputi;
    -Membangunkan/memicu kecerdesan dengan cara mengaktifkan pola pikir siswa sehingga dalam proses belajar siswa akan lebih semangat dalam menerima materi yang diajarkan oleh guru.
    -Memperkuat kecerdasan dengan cara memberi latihan-latihan kepada siswa dan mengevaluasi hasil latihannya agar terlihat sejauh mana tingkat kemampuan siswa tersebut.
    -Mengajarkan dan mentransfer kecerdasan yaitu dengan cara melibatkan siswa kedalam proses sosialisasinya dilingkungan, sehingga siswa akan menerapkan ilmu yang dia peroleh tersebut.

    BalasHapus
  20. nama : reza faisal
    nim : 1002090374
    prodi : pgsd unit A

    1. menurut saya : makna belajar sangat berpengaruh terhadap kehidupan. karena dengan adanya belajar kita dapat menghargai satu sama lain. dan dengan kita secara baik kita dapat bergaul dengan masyarakat, lingkunga, keluarga, dan di sekolah. belajar bukan hanya di sekolah tetapi belajar di luar sekolah pun sangat penting. tanpa belajar pergaulan tata krama pun tidak ada dalam jiwa individual.

    2. a. menjelaskan tujuan belajar ke peserta didik yang akan di capai kepada siswa.
    b. memberi hadiah untuk siswa agar peseta didik mempunyai semangat belajar.
    c. memberi saiangan terhadap peserta didik supaya di antara siswanya untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
    d. memberi pujian yang sepantasnya untuk siswa yang berprestasi untuk di berikan penghargaan.
    e. memberi hukuman kepada siswa yang berbuat salah saat proses belajar.
    f. memberi semangat atau dorongan kepada peserta didik.
    g. membuat bentuk atau membuat suatu kebiasaan belajar yang baik.
    h. membantu kesulitan belajar yang di alami peserta didik dengan cara membuat suatu kelompok.
    i. menggunakan metode yang bervariasi.
    j. menggunakan media yang baik dan sesuai tujuan pembelajaran.

    3. dalam, keluarga memiliki pengaruh penting dalam membentuk kepribadaian anak. dan keluargalah peletak dasar perasaan aman terhadap anak. jadi penbelajaran yang di gunakan terutama tentang emosi anak. karena dengan kita memahami keadaan dan kondisi anak maka seorang pendidik harus mengerti dan memahami sifat peserta didik tersebut. dan pendidik harus mempunyai sifat yang baik dan mudah dekat dengan peserta didik.

    BalasHapus
  21. Nama : M.saidi darma
    M P M : 1002090394
    1.Makna belajar menurut saya adalah sesuatu proses yang tidak tao menjadi tahu dan memperoleh berbagai kecakapan, keterampillan dan sikap dan berbagai tindakan yang dialami siswa.

    2.Cara memotivasi semangat siswa :
    1)Bergaul dengan orang yang giat belajar
    2)Carilah memotivasi untuk bisa membantunya untuk meraih prestasi
    3)Memberi hadiah bagi mereka yang berpartisipasi
    4)Memberikan pujian kepada siswa yang bisa menyelesaikan soal dengan baik
    5)Menceritakan tentang sejarah masa lalu
    6)Menceritakan pengalaman kepada siswa
    7)Siswa harus berinteraksi dengan lingkungan sekolah
    8)Melakukan sesuatu percobaan
    9)Belajar kelompok ( diskusi )
    10)Menerangkan pelajaran sambil bercerita
    11)Memberikan tugas kepada siswa

    3.Dalam keluarga memiliki pengaruh penting dalam membentuk kepribadian anak dan keluargalah terletak dasar perasaan aman pada anak karena dengan kita memahami keadaaan dan kondisi anak maka seseorang pendidik harus mengatasi dan memahami sifat peserta didik tersebut

    BalasHapus
  22. Nama : Rusydiana
    Nim : 1002090381
    Prody : PGSD UNIT A

    1.Apakah makna belajar menurut anda?

    Menurut saya belajar adalah kegiatan pengisian atau pengembangan kemampuan kognitif dengan fakta sebanyak-banyaknya yang dapat merubah pola hidup seseorang atau perubahan tingkah lakunya,Perubahan kemampuan yang dimaksud tersebut didapatkan karena suatu upaya yang aktif melalui latihan dan pengalaman,seseorang baru dikatakan berhasil dalam belajar apabila dia mampu melakukan hal yang terbaik bagi dirinya maupun orang lain dan mampu menyesuaikan diri dengan kehidupan di sekelilingnya.

    2.cara saya memotivasi semangat belajar siswa
    1.membimbing siswa dengan sebaik-baiknya
    2.memberikan perhatian kepada siswa
    3.mengajar dengan dengan penuh tanggung jawab
    4.memberikan tugas
    5memberikan pujian pada setiap pekerjaan siswa
    6.membuat suasana kelas yang aman dan tentram
    7.mencipkan permainan dalam belajar agar siswa tidak bosan
    8.memperlihatkan hal baru (monitor) kepada siswa
    9.membuat diskusi kelompok
    10.menyuruh siswa untuk presentasi (berexperiman)

    3.Strategi dasar mengembangkan kecerdasan ganda memperkuat kecerdasan:

    Memperkuat ingatan berarti Memperkuat kecerdasan bukanlah menghafal sesuatu yang asing. Tetapi dengan menghafal kita akan melatih ingatan dan membuat otak berkembang. Otak kiri dan otak kanan harus sama-sama di seimbangkan bila kita mempunyai pengingatan yang kuat. Kekuatan mengingat dengan otomatis akan membuat seseorang cerdas dalam segala hal.

    BalasHapus
  23. Nama : Darma susilo
    Nim : 1002090351
    Prody : PGSD UNIT A

    1.Apakah makna belajar menurut anda?

    Menurut saya bahwa belajar adalah suatu perubahan di dalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai individu yang memiliki kecakapan, sikap, kebiasaan kepribadian. Belajar juga suatu proses adaptasi (penyesuaian tingkah laku) yang berlangsung secara progresif . Belajar adalah suatu aktivitas diri yang menghasilkan perubahan individu si pembelajar secara sadar.Perubahan kemampuan yang dihasilkan dari kegiatan belajar tersebut meliputi aspek kognitif (pengetahuan), affektif (sikap) dan psikomotor(psikomotor).

    2.cara saya memotivasi semangat belajar siswa adalah :

    1.membuat siswa dekat dengan gurunya
    2.memberikan motifasi yang tinggi bagi siswa
    3.memberikan tugas yang relafif
    4.memberikan pujian dan penghargaan
    5.memberikan nilai yang sesuai dengan pekerjaan siswa
    6.menampilkan mediator kepada siswa agar siswa tidak bigung
    7.memberikan materi yang membuat siswa semangat dalam belajar
    8.membuat suasana kelas yang aman
    9.jangan memarahi siswa saat dia salah dalam menjawab soal
    10.sering melakukan cerdas cermat

    3.Strategi dasar mengembangkan kecerdasan ganda mangajarkan dan mentransfer kecerdasan.

    Mengajar dilihat sebagai proses pemindahan pengetahuan dari seseorang (guru) kepada orang lain (siswa), dan jika pengetahuan tidak berhasil ditransferkan masalahnya cenderung dilihat sebagai kesalahan siswa. Pengajaran merupakan proses pembentukan siswa pada bentuk-bentuk yang ditentukan. Di sini siswa diajar keterampilan-keterampilan dan cara-cara bertingkah laku yang dianggap bermanfaat bagi mereka. Minat dan motif siswa hanya dianggap penting sepanjang membantu proses pembentukan pengajaran.

    BalasHapus