Assalamu`alaikum...... Welcome to Wahana Education : "Smart - Creative - Exciting - Fun"

H O M E

Selasa, 27 September 2011

Tgs. Landasan Pendidikan (1)

Berikan pendapat anda tentang pernyataan dibawah ini, menurut bahasa anda sendiri :
1. Hakekat Manusia, Hakekat Pendidik, dan Hakekat Peserta didik ?
2. manusia sebagai animal educandum 
3. kebijakan pendidikan yang progresif ?

Nb :
Jawab langsung di bawah ini, sertakan ( Nama dan NIM ) paling lambat senin ( 3 Okt `11 )  jam : 12.00 wib

22 komentar:

  1. Nama : Siti Harianti
    Npm : 1002030221


    Berikan pendapat anda tentang pernyataan dibawah ini, menurut bahasa anda sendiri :

    1. Hakekat Manusia, Hakekat Pendidik, dan Hakekat Peserta didik ?

    Menurut saya : Hakekat Manusia adalah kajian dimensi keindividuan, kesosialan, kesusilaan, dan keberagaman serta cara pengembangannya.
    Hakekat Pendidikan adalah pengalaman belajar yang langsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup.
    Hakekat Peserta didik adalah orang-orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan seluruh potensi peseta didik.
    2. manusia sebagai animal educandum ?
    Menurut saya : anak atau orang yang belum dewasa atau belum memperoleh kedewasaan atau seseorang yang masih menjadi tanggung jawab seorang pendidik tertentu anak didik tersebut adalah anak yang memiliki sifat ketergantungan kepada pendidiknya itu, karena ia secara alami tidak berdaya ia sangat memerlukan bantuan pendidikannya untuk dapat menyelenggarakan dan melanjutkan hidupnya baik secara jasmani maupun secara rohani.
    3. kebijakan pendidikan yang progresif ?
    Menurut saya : kebijakannya tak mampu menyelesaikan problem.

    BalasHapus
  2. Nama : Ratna mutia
    NPM : 1003020225

    1.a.hakekat manusia adalah manusia ciptaan Tuhan YME yg memiliki sifat positif dan yang dapat mengarahkan dirinya ke jalan yang baik dan proses yang terjadi dalam kehidupannya terus berkembang (tidak pernah berhenti yang bersifat individual(perorangan.
    b.hakikat pendidikan,pada dasarnya pendidikan dicptakan agar anak2 bangsa pintar atau pandai dalam segala hal yang dia tekuni istilahnya tidak bodoh dan pendidikan dapat mengantarkan mereka ke jalan kesuksesan dan meraih apa yang mereka impikan(cita2nya).
    c.peserta didik adalah makhluk Allah yang mempunyai perbdaan antara yang satu dengan yang lain yg mmiliki kebutuhan yg berbeda pula baik itu kebutuhan pokok ataupun kebutuhan lainnya dan mereka memiliki keahlian yg berkembang secara sepadan.

    2.Manusia sebagai animal educandum yaitu sebuah istilah yang artinya makhluk atau lebih bagusnya kita bilang manusia yg harus kita ajari atau dididik karena semua orang di dunia ini yg baru di lahirkan oleh orangtuanya tidak mungkin kan langsung pintar makanya itulah perlu dididik agar nanti saat dewasa dia sudah mempunyai keahlian dan keahlian itu dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas2nya nanti jadi intinya manusia sebagai animal enducandum adalah makhluk yg berpendidikan.

    3.Kebijakan pendidikan yg progresif adalah pendidikan yang cenderung lebih mengajarkan ke arah sosial,misalkan proses seseorang menyelesaikan masalahnya dengan orang lain.

    BalasHapus
  3. Nama :Silfia Putri
    Nim :1002030231
    Prody :Biologi smtr 111



    1.Hakikat Manusia.

    *Hakikat manusia.

    Merupakan makluk yang diciptakan oleh sang pencipta yaiti Allah SWT.manusia di muka bumi ini saling ketergantungan antara satu sama lain,manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain,dalam hidup di muka bumi ini manusia harus mampu memenuhi kebutuhannya untuk bertahan hidup baik itu kebutuhan primer,sekunder bahkan tersier.dan manusia harus manpu bertanggung jawab baik untuk dirinya maupun untuk orang lain.

    *Hakikat Pendidik.

    Merupakan mediator/monitor dimana peserta didik bisa menonton/meniru,oleh karena itu seorang pendidik harus mampu mengelolo kelasnya dengan baik agar generasi yang dihahilkan lebih bermutu dan berbobot,tugas pendidik bukan hanya menyampaikan materi akan tetepi harus memiliki keterampilan atau keahlian,menjadi seorang pendidik memang sangat sulit ditengah-tengah peserta didik yanh beraneka ragam/bervariasi.

    *Peserta Didik.

    Merupakan komponen dalam proses belajar mengajar {pendidkan}tanpa peserta didik proses ini tidak akan berjalan,peserta didik masih sangat-sangat memerlukan bimbibingan/arahan dari orang lain baik dari guru maupun orang tua,tugas peserta didik menghormati pendidik dan belajar.


    2.Manusia Sebagai "Animal Edukendum"

    Merupakan makluk yang diciptakan Allah,manusia dilahirkan kemuka bumi ini seperti kertas putih yang belum tau apa-apa,oleh karena masih membutuhkan bimbingan dari orang lain agar bisa berkembang dengan baik agar kelak nanti dia mampu menyelesaikan tugasnya dangan sebaik mungkin,oleh karena itu peran orang tua maupun guru sangat berperan dalam mendidik anak didiknya.


    3.Kebijakan Pendidikan yang progresif.

    Maksudnya ditengah-tengah dunia global tanpa kita sadari bahwa adanya persaingan dalam jenjang pendidikan di seluruh dunia oleh karena itu,agar kita mampu bersaing dengan negara maju manusia harus mampu adanya masalah, bagaimana cara merumuskannya bahkan harus mampu menyelesaikan masalah tersebut.pendidik bukan hanya menghafal suatu materi akan tetapi harus betul-betul dipahami,begitu juga peserta didik harus bisa menerima dan selalu belajar,jika pendidi dan anak didik kompak insysAllah kita mampu bersaing ke Go internasiona,bukan hanya itu orang tua dan lingkungan masyarakat juga berperan dalam KEPENDIDIKAN.

    BalasHapus
  4. Nama:hajatul husna
    Npm:1002030215
    Prodi:biologi
    1 Hakikat manusia adalah induvidu yang di dalam nya selalu melibat kan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk di tempati.
    2 Hakikat pendidik adalah orang yang mendidik,pendidik dapat di artikan juga sebagai pemberiatau penyalur pengetahuan dan keterampilan
    3 Hakikat peserta didik makhluk sebai benda dalm proses perkembangan dan pertumbuhan menurut fitrahnya.peserta didik adalah orang yang belum dewasa dan memiliki sejumlah kemampuan yang masih perlu di kembangkan dan memerlukan bimbingan orang lain (guru) untuk membimbing dan mengembangkan kemampuan yang di milikinya
    4 Animal Educandum adalah manusia yang dapat dididik karena manusia di lahirkan kedunia ini blum ada apapun yang dapat di banggakan oleh sebab itu anak didik harus di didik oleh orang profesional,dan memiliki keterampilan di bidang nya.
    5 Pendidikan yang progresif yaitu yang beranggapan bahwa pendikan harus di dasarkan pada hakikat manusia sabagai mahluk sosial

    BalasHapus
  5. Nama : Dwi irfandi
    NPM : 1002030237
    Prody : biologi semester III

    1. Hakekat manusia: menurut saya manusia di lahirkan tanpa ilmu pengetahuan, dri kandungan menjadi seorang bayi lucu tumbuh besar mnjadi dewasa, tua dan kembali ke illahi.
    Dalam perjalanan tersebut lah kita banyak mengetahui hal yang banyak, belajar hingga hasil yang kita peroleh sesuai dengan apa yang kita ketahui.

    Hakekat pendidik: adalah orang yang mentransfer ilmu kepada peserta didik nya, pendidik bisa juga di sebut penerus budaya .

    Hakekat peserta didik: manusia yang sedanng dalam masa peningkatan ilmu, seorang peserta didik harus mampu mengikuti pelajaran yang di berikan pendidik, bertingkah sopan dan ulet untuk mencari informasi dunia pendidikan agar mempermudah jalannya proses belajar mengajar ...

    2. Manusia animaleducantum: M.J. Langeveld yang memandang manusia sebagai 'animal educandum' yang mengandung makna bahwa manusia merupakan mahkluk yang perlu atau harus dididik. Manusia merupakan makhluk yang perlu di didik, karena manusia pada saat dilahirkan kondisinya sangat tidak berdaya sama sekali. Seorang bayi yang baru dilahirkan, berada dalam kondisi yang sangat memerlukan bantuan, ia memiliki ketergantungan yang sangat besar. Padahal nanti kelak kemudian hari apabila ia telah dewasa akan mempunyai tugas yang besar yakni sebagai khalifah dimuka bumi. Kondisi seperti ini jelas sangat memerlukan bantuan dari orang yang ada disekitarnya. Bantuan yang diberikan itulah awal kegiatan pendidikan. Sesuai dengan tugas yang akan diembannya nanti dikemudian hari, dibalik ketidakberdayaan atau ketergantungan yang lebih dari binatang. Hanya kemampuan-kemampuan tersebut masih tersembunyi, masih merupakan potensi-potensi yang perlu dikembangkan. Disinilah perlunya pendidikan dalam rangka mengaktualisasikan potensi-potensi tersebut, sehingga menjadi kemampuan nyata. Dengan bekal berbagai potensi itulah manusia dipandang sebagai mahkluk yang dapat di didik. Bertolak dari pandangan tersebut, secara implicit terlihat pula bahwa tidak mungkin manusia dipandang sebagai mahkluk yang harus di didik, apabila manusia bukan mahkluk yang dapat di didik.

    3. Progresif yang artinya ke arah yang lebih baik saya setuju tetapi sesuaikan dengan kemampuan masyarakat, semua negara ingin rakyatnya pandai dengan cara memacu pendidikan, negara kita tingkat pendidikan di pedalaman pulau2 sangat lah rendah ilmu yang di dapat tidak sama dengan di daerah2 kota jika pemerintah memberlakukan cara atau peraturan dalam kegiatan belajar sama maka banyak peserta didik di pedalaman tidak bisa menyeimbanginya ...
    Cuma itu tanggapan dari dwi, maaf jika kata2 nya belepotan !!!!
    ^_^

    BalasHapus
  6. Cut Rennie Anggraini TB2 Okt 2011, 13.33.00

    NAMA : CUT RENNIE ANGGRAINI
    NPM : 1002030222
    PRODI : BIOLOGI

    • Hakikat manusia
    Manusia di ciptakan oleh Allah sebagai makhluk yang paling sempurna dari makhluk Tuhan yang lain. Makhluk yang dalam proses kehidupan nya menjadi berkembang dan terus berkembang selama hidup nya dan memiliki rasa tanggung jawab atas tingkah laku dan sosial nya..

    • Hakikat pendidik
    Pendidk dapat diartikan sebagai pemberi atau penyalur pengetahuan dan keterampilan, bukan hanya memberi kan materi dan soal2 belaka tetapi harus mempunyai keahlian dan keterampilan..

    • Hakikat peserta didik
    Makhluk sebagai benda dalam proses perkembangan dan pertumbuhan menurut fitrah nya.
    Pesrta didik harus banyak belajar dari orang tua,guru dan lingkungannya..


    • “ Animal Educandum “
    Manusia merupakan makhluk Allah yang perlu di didik karna tanpa didikan manusia tersebut akan menjadi yang tidak terdidik.Jadi lah manusia yang memiliki rasa tanggumg jawab terhadap diri nya dan Tuhan Nya..

    • Pendidikan Progresif
    Yaitu yang beranggapan bahwa pendidikan harus di dasarkan pada hakikat manusia sebagai makhluk sosial yang paling baik,Apabila berada dalam situasi kehidupan nyata dengan orang lain..

    BalasHapus
  7. nama:maghfirah
    nim:1002030227
    prodi:biologi
    hakekat manusia adalah sesuatu hal yang timbul dari diri kita sendiri (individual) atau perseorangan, mengakui adanya tuhan esa (satu),serta bisa membedakan mana yag baik dan mana yang buruk, mempuyai rasa kesosilaan berfikir bahwa tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain (solidaritas).
    hakekat pendidik adalah memberi ilmu pengetahuan, kemampuan, kecerdasan, keterampilan kepada seluluh siswa.
    hakekat peserta didik adalahmakhluk yang dalam proses pertumbuhan dan perkembangan menurut fitrahnya.
    manusia sebagai animal educandum adalah manusia sebagai mahkluk yang berpendidikaan, bermoral, berfikir, cerdas dan serta teliti, mampu mengembangkan seluruh ilmu pengetahuannya kepada siswa.
    kebijakan pendidikan yang progresif adalah "learning by doing" yang berarti belajar sambil melakukan, belajar dari pengalaman, merumuskan atau memecahkan suatu masalah dan komplik, serta mengevaluasi diri sendiri.

    BalasHapus
  8. Anonim mengatakan...

    NAMA : MURDANI
    NIP : 1002030232
    PRODY : BIOLOGY

    1. .
    a. Kalau menurut saya hakekat manusia merupakan makhluk yang memiliki tenaga dalam yang dapat menggerakan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan – kebutuhan baik yang merupakan kebutuhan kebutuhan jasmani dan rohani , namun hakekat manusia ini memiliki suatu individu yang didalamnya terdapat sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku Intelektual dan Rasional yang mampu mengarahkan dirinya ketujuan yang positif yang mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukkan nasib dirinya sendiri.
    b. Hakekat pendidik merupakan orang yang mendidik , kalau kita lihat dari segi fungsional pendidik itu merupakan sebagai sumber pemberi dan penyalur suatu informasi yang bersifat dengan pengetahuan dan ketrampilan , adapun tugas seorang pendidik yaitu :
    a. Membimbing peserta didik
    b. Menciptakan situasi yang damai
    c. Bertanggung jawab atas peserta didik
    d. Saling menghargai satu sama lain Dan sebagainya .
    c. Kalau menurut saya peserta didik itu merupakan salah satu kompenem yang terpenting dalam dunia pendidikan . Mungkin tanpa adanya anak didik proses pendidikan tidak akan terlaksana oleh karena itu pengetian anak didik perlu diketahuai dan dipahami secara mendalam oleh seluruh pihak. Sehngga dalam proses pendidikannya nanti tidak akan terjadi kemelencengan yang terlalu jauh dengan tujuan pendidikan yang direncanakan

    2. Kalau menurut saya Animal Enducadum ini memiliki makna bahwa manusia merupakan makhluk yang perlu di didik , karena manusia pada saat dilahirkan ke muka bumi ini dalam keadaan tidak berdaya sama sekali seperti seorang bayi yang baru dilahirkan , berada dalam kondisi yang sangat memerlukan bantuan , namun sang bayi tersebut memiliki ketergantunggan yang sangat besar . Padahal nanti kelak kemudian hari apabila ia telah dewasa akan mempunyai tugas yang besar yakni sebagai Khalifah di muka Bumi ini dan kondisi seperti ini sangat jelas memerlukan bantuan dari orang ada disekitarnya.
    3. Kebijakan pendidikan progresif ini berlandas pada progresivisme yang memiliki makna bahwa pendidikan harus didasarkan pada hakekat manusia sebagai makhluk sosial yang paling baik belajar apabila berada dalam situasi kehidupan nyata dengan orang lain. Aliran pendidikan ini percaya bahwa anak belajar memakai cara yang sama dengan ilmuwan , mengikuti proses yang mirip dengan model belajar yang diterapkan oleh John Dewey , namun model yang diterapkan oleh John Dewey yaitu :
    a. Menyadari adanya masalah
    b. Merumuskan masalah
    c. Mengajukkan hipotesis pemecahannya
    d. Mengevaluasi konsekuensi hipotesis bedasarkan pengalaman masa lalunya
    e. Menguji solusi yang paling mungkin

    Dengan pandangan demikian , guru perlu menyajikan bukan hanya bacaan dan hafalan saja, tetapi juga pengalaman dunia yang nyata dan aktivitas yang berpusat pada kehidupan peserta didik.

    BalasHapus
  9. Nama : Safrijal
    Npm : 1002030228
    Prody : biologi



    1.Hakikat Manusia.

    Hakikat manusia.

    Merupakan makluk yang diciptakan oleh sang pencipta yaiti Allah SWT.manusia di muka bumi ini saling ketergantungan antara satu sama lain,manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain,dalam hidup di muka bumi ini manusia harus mampu memenuhi kebutuhannya untuk bertahan hidup baik itu kebutuhan primer,sekunder bahkan tersier.dan manusia harus manpu bertanggung jawab baik untuk dirinya
    Hakekat pendidik
    merupakan orang yang mendidik , kalau kita lihat dari segi fungsional pendidik itu merupakan sebagai sumber pemberi dan penyalur suatu informasi yang bersifat dengan pengetahuan dan ketrampilan , adapun tugas seorang pendidik yaitu :
    a. Membimbing peserta didik
    b. Menciptakan situasi yang damai
    c. Bertanggung jawab atas peserta didik
    d. Saling menghargai satu sama lain Dan sebagainya .
    c. Kalau menurut saya peserta didik itu merupakan salah satu kompenem yang terpenting dalam dunia pendidikan .
    Hakekat peserta didik:
    Merupakan manusia yang sedanng dalam masa peningkatan ilmu, seorang peserta didik harus mampu mengikuti pelajaran yang di berikan pendidik, dan seorang didik harus bertingkah sopan dan ulet untuk mencari informasi dunia pendidikan agar mempermudah jalannya proses belajar mengajar baik dalam lingkungan maupun di sekolah .
    2. Manusia animaleducantum: M.J. Langeveld yang memandang manusia sebagai 'animal educandum' yang mengandung makna bahwa manusia merupakan mahkluk yang perlu atau harus dididik. Manusia merupakan makhluk yang perlu di didik, karena manusia pada saat dilahirkan kondisinya sangat tidak berdaya sama sekali. Seorang bayi yang baru dilahirkan, berada dalam kondisi yang sangat memerlukan bantuan, ia memiliki ketergantungan yang sangat besar.
    3. Menurut saya : Kebijakan pendidikan yang progresif ialah dengan kebijakan progresif akan melahirkan pendidikan yang responsif, kreatif, dan berwatak dalam memecahkan masalah. Namun Aliran pendidikan ini percaya bahwa anak belajar memakai cara yang sama dengan ilmuwan , mengikuti proses yang mirip dengan model belajar yang diterapkan oleh John Dewey , namun model yang diterapkan oleh John Dewey yaitu :
    a. Menyadari adanya masalah
    b. Merumuskan masalah
    c. Mengajukkan hipotesis pemecahannya
    d. Mengevaluasi konsekuensi hipotesis bedasarkan pengalaman masa lalunya
    e. Menguji solusi yang paling mungkin

    BalasHapus
  10. Nama :zahlul fakhri
    NPM :1002030230
    Prody :biologi semester III

    1. Hakekat manusia:
    a.Makhluk yang memiliki tenga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.

    b.Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial.

    c.yang mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya.

    d.Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang tidak pernah selesai (tuntas) selama hidupnya.

    e.Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati

    f.Suatu keberadaan yang berpotensi yang perwujudanya merupakan ketakterdugaan dengan potensi yang tak terbatas

    g.Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat.

    h.Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan turutama lingkungan sosial, bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusaannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial.

    Hakekat pendidik:

     Dikutip dari Abudin Nata, pengertian pendidik adalah orang yang mendidik.Pengertian ini memberikan kesan bahwa pendidik adalah orang yang melakukan kegiatan dalam bidang mendidik. Secara khusus pendidikan dalam persepektif pendidikan islam adalah orang-orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan seluruh potensi peseta didik. Kalau kita melihat secara fungsional kata pendidik dapat di artikan sebagai pemberi atau penyalur pengetahuan, keterampilan.

     Jika menjelaskan pendidik ini selalu dikaitkan dengan bidang tugas dan pekejaan, maka fareable yang melekat adalah lembaga pendidika. Dan ini juga menunjukkan bahwa akhirnya pendidik merupakan profesi atau keahlian tertentu yang melekat pada diri seseorang yang tugasnya adalah mendidik atau memberrikan pendidikan.
    Hakekat peserta didik:

    Adalah makhluk Allah yang terdiri dari aspek jasmani dan rohani yang belum tercaapi taraf kematangan, baik fisik, mental, intelektual, maupun psikologinya. Oleh karena itu, ia senantiasa memerlukan bantuan, bimbingan dan arahan pendidik agar dapat mengembangkan potensinya secara optimal dan membimbingnya menuju kedewasaan. Potensi dasar yang dimiliki peserta didik, kiranya tidak akan berkembang secara maksimal tanpa melalui proses pendidikan.

    2.manusia sebagai animal educantum:
    manusia sebagai 'animal educandum' yang mengandung makna bahwa manusia merupakan mahkluk yang perlu atau harus dididik. Manusia merupakan makhluk yang perlu di didik, karena manusia pada saat dilahirkan kondisinya sangat tidak berdaya sama sekali. Seorang bayi yang baru dilahirkan, berada dalam kondisi yang sangat memerlukan bantuan, ia memiliki ketergantungan yang sangat besar.

    3.Kebijakan pendidikan yang progresif ialah dengan kebijakan progresif akan melahirkan pendidikan yang responsif, kreatif, dan berwatak dalam memecahkan masalah.
    Dengan kebijakan ini pendidik dapat menepatkan manusia sebagai subjek utama yang mesti di muliakan.

    BalasHapus
  11. Nama : Lina susiana
    NIM : 1002030220
    Prodi: Biologi


    1.- Hakekat manusia: Pada dasar nya manusia adalah makhluk paling sempurna di banding kan dengan makhluk-makhluk ciptaan Allah SWT,kesempurnaan itu jelas terlihat dengan di berikan nya akal dan pikiran. Dan setiap apa yang di ciptakan oleh Allah SWT haruslah tunduk dan taat kepada aturan yang di tetapkan nya dan menghindari setiap larangan nya. Setiap manusia di muka bumi ini tidak dapat hidup sendiri dan selalu membutuhkan pertolongan manusia lain nya karna manusia adalah makhluk yang lemah.

    - Hakekat pendidik: Sebagai pemberi atau penyalur ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang di miliki nya untuk di terapkan terhadap anak didik nya, pendidik merupakan profesi atau keahlian tertentu yang melekat pada diri seseorang yang tugas nya adalah mendidik atau memberikan pendidikan. Dan dia mempunyai rasa tanggung jawab terhadap tugas-tugas nya sebagai seorang pendidik, seorang pendidik harus bisa mengembangkan dan menguasai bahan pengajaran dengan baik dan meningkatkan kemampuan peserta didik untuk menyimak pelajaran yang di berikan.

    - Hakekat peserta didik: Orang yang memerlukan bimbingan orang lain (pendidik) untuk membantu mengarahkan nya dan mengembangkan potensi yang di miliki nya serta membimbing nya menuju ke arah yang lebih baik dan kedewasaan. Dan mereka juga bertanggung jawab terhadap pendidikan untuk masa depan mereka sendiri, juga harus mampu mengembangkan potensi yang ada di diri mereka.

    2. Manusia sebagai animal educandum: Setiap manusia yang di lahirkan ke dunia ini memerlukan pendidikan atau bimbingan dari orang dewasa dan orang sekitar nya, karna manusia merupakan makhluk dengan kondisi yang tidak berdaya pada saat di lahirkan. Tapi mempunyai potensi unuk berubah, makanya sejak dari di lahirkan manusia itu sudah di bekali dengan pendidikan-pendidikan dasar, dan pendidikan tersebutlah yang nanti nya akan mereka emban di kemudian hari.

    3. kebijakan pendidikan yang progresif: Saat ini kebijakan pendidikan di indonesia lebih berpegang pada keputusan dari atasan, pendidikan yang semesti nya memanusia kan manusia malah tidak mampu menyelasai kan problem dalam dunia pendidikan. Dalam hal kebijakan pendidikan progresif sekarang ini justru kemunafikan nurani dan kemanusiaan seperti kasus-kasus yang kita lihat selama ini.

    BalasHapus
  12. Nama : Rina astuti
    NIM : 1002030233
    Prodi: Biologi

    1. - Hakekat manusia adalah : suatu proses yang mampu mendorong dir i nya sendiri untuk menjadi makhluk yang mampu mengarah kan diri nya sendiri dan mengaku adanya tuhan. Dan bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk, dan makhluk ciptaan tuhan tidak sanggup untuk hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.

    - Hakekat pendidik : Suatu ilmu pengetahuan atau kemampuan yang di lakukan oleh siswa.

    - Hakekat peserta didk : Manusia yang memiliki kebutuhan baik yang menyangkut kebutuhan jasmani maupun rohani.

    2. Manusia sebagai animal educandum : Manusia yang mampu melakukan setiap kegiatan pendidikan, sesuai dengan tugas yang akan di bebankan kepadanya dalam melakukan setiap kegiatan pendidikan.


    3. Hakikat pendidikan yang progresif : Hakikat manusia sebagai makhluk yang paling baik dalam setiap situasi yang nyata dengan orang lain, yang memiliki pendidikan yang mampu menyajikan bukan hanya dengan bacaan dan hafalan saja.

    BalasHapus
  13. nama : jamiah
    NPM : 1002030240

    1. hakikat manusia adalah maanusia adalah makhluk yg hidup dimuka bumi dan berkecimpungan dalm mendidik dlm hakikat memanuasiaka manusia.

    2. hakikat pendidik adalah individu yg mengajarkan / yg m'mberi informai kpd peserta pedidik.

    3. peserta didik adalah individu / makluk hdp yg hidp di bumi yg menerima proses pengajaran/ pegethuan dr pendidik.

    manusia sbgi animal educandum : manusia yg mampu setip kegiatan pendidikan.sesuai dng proses yg diberikan oleh pndidk.

    BalasHapus
  14. nama : yunita faznawati
    npm: 1002030239

    1. hakikat manusia adalah org yg berkcipungan dlm pndidikan dalm mngkaji hakikat manusi yg mrpakan makluk anatar jiwa dan raga tdk dpt dipshkan

    2. hakikat pendidik adlh org yg melkukan kegiatan dlm bidang mendidik

    3. hakikat peserta didik adlh org yg mlkukan dlm proses belajar dan mengjar, ank peserta didik yg berda dlm proses perkembangan dan pertumbuhan.

    3. kebijakan pendidikan yang progresif ?
    Menurut saya : kebijakannya tak mampu menyelesaikan problem.

    BalasHapus
  15. nama : nurafni
    npm : 1002030234


    1. - Hakekat manusia adalah : suatu proses yang mampu mendorong dir i nya sendiri untuk menjadi makhluk yang mampu mengarah kan diri nya sendiri dan mengaku adanya tuhan.

    - Hakekat pendidik : Suatu ilmu pengetahuan atau kemampuan yang di lakukan oleh siswa.

    - Hakekat peserta didk : Manusia yang memiliki kebutuhan baik yang menyangkut kebutuhan jasmani maupun rohani.

    3. Animal Educandum adalah Manusia merupakan makhluk Allah yang perlu di didik karna tanpa didikan manusia tersebut akan menjadi yang tidak terdidik.

    4. Pendidikan Progresif Yaitu yang beranggapan bahwa pendidikan harus di dasarkan pada hakikat manusia sebagai makhluk sosial.

    BalasHapus
  16. nama Ikramullah
    npm : 1002030219

    1.Hakikat Manusia.

    *Hakikat manusia.

    Merupakan makluk yang diciptakan oleh sang pencipta yaiti Allah SWT.manusia di muka bumi ini saling ketergantungan antara satu sama lain,manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain,dalam hidup di muka bumi ini manusia harus mampu memenuhi kebutuhannya untuk bertahan hidup baik itu kebutuhan primer,sekunder bahkan tersier.dan manusia harus manpu bertanggung jawab baik untuk dirinya maupun untuk orang lain.

    *Hakikat Pendidik.

    Merupakan mediator/monitor dimana peserta didik bisa menonton/meniru,oleh karena itu seorang pendidik harus mampu mengelolo kelasnya dengan baik agar generasi yang dihahilkan lebih bermutu dan berbobot,tugas pendidik bukan hanya menyampaikan materi akan tetepi harus memiliki keterampilan atau keahlian,menjadi seorang pendidik memang sangat sulit ditengah-tengah peserta didik yanh beraneka ragam/bervariasi.

    *Peserta Didik.

    Merupakan komponen dalam proses belajar mengajar {pendidkan}tanpa peserta didik proses ini tidak akan berjalan,peserta didik masih sangat-sangat memerlukan bimbibingan/arahan dari orang lain baik dari guru maupun orang tua,tugas peserta didik menghormati pendidik dan belajar.


    2.Manusia Sebagai "Animal Edukendum"

    Merupakan makluk yang diciptakan Allah,manusia dilahirkan kemuka bumi ini seperti kertas putih yang belum tau apa-apa,oleh karena masih membutuhkan bimbingan dari orang lain agar bisa berkembang dengan baik agar kelak nanti dia mampu menyelesaikan tugasnya dangan sebaik mungkin,oleh karena itu peran orang tua maupun guru sangat berperan dalam mendidik anak didiknya.


    3.Kebijakan Pendidikan yang progresif.

    Maksudnya ditengah-tengah dunia global tanpa kita sadari bahwa adanya persaingan dalam jenjang pendidikan di seluruh dunia oleh karena itu,agar kita mampu bersaing dengan negara maju manusia harus mampu adanya masalah, bagaimana cara merumuskannya bahkan harus mampu menyelesaikan masalah tersebut.pendidik bukan hanya menghafal suatu materi akan tetapi harus betul-betul dipahami,begitu juga peserta didik harus bisa menerima dan selalu belajar,jika pendidi dan anak didik kompak insysAllah kita mampu bersaing ke Go internasiona,bukan hanya itu orang tua dan lingkungan masyarakat juga berperan dalam KEPENDIDIKAN.

    BalasHapus
  17. Nama :Taufiq billah
    NPM :1002030223
    Prodi :biologi

    1. Hakikat manusia, sebelum berbicara lebih jauh tentang hakikat manusia, kita harus mengetahui apa itu hakikat. .hakikat adalah sesuatu yang mendasar. jadi pd darsarnya manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling lemah. tetapi manusia di anugrahi akal , dengan itulah manusia bisa menjadi kuat.maka dari itulah kita harus berpikir supaya kita tahu klo kita tu ada. orang yang tidak berpikir berarti dia tak ada, dan dia manusia yang paling lemah.

    2. hakikat pendidik, sebetulnya pendidik sama dengan peserta didik, karena keduanya manusia, cuma yang membedakan ilmu yang di miliki. dan ilmu tersebut di transfer kpd peserta didik, di saat proses itu pendidik dengan sendirinya menambah ilmu yang di berikan .

    3, hakikat peserta didik . seperti yang di atas cuma peserta didik lebih kepada sikap yang belum dewasa, makanya guru harus mengajri supaya bersikap dewasa. spt taufiq yang harus di ajari oleh ibuk.

    4. kebijakan pendidikan progresif. di dalam pendidikan harus ada kebijakan progresif tapi harus juga di ikuti oleh kehidupan nyata.

    5. manusia educandum.
    adlah manusia di lahirkan ke dunia tidak tahu apa-apa. makanya harus melalui proses belajar . dan belajar itu tidak mesti di ajari oleh guru . karena beljar banyak cara. dari alam. lingkungan . masyarakat.dan banyak laghi yang lain. begitulah menurut taufiq.

    BalasHapus
  18. Rizki Asrianda3 Okt 2011, 12.57.00

    NAMA : Rizki Asrianda
    NIM : 1002030216
    Prodi: Biologi
    Berikan pendapat anda tentang pernyataan dibawah ini, menurut bahasa anda sendiri :
    1. Hakekat Manusia, Hakekat Pendidik, dan Hakekat Peserta didik ?
    2. manusia sebagai animal educandum ?
    3. kebijakan pendidikan yang progresif ?
    Jawaban :
    1. Hakekat Manusia, Hakekat Pendidik, dan Hakekat Peserta didik
    .
    A. pengertian hakikat pendidik adalah orang yang mendidik.Pengertian ini memberikan kesan bahwa pendidik adalah orang yang melakukan kegiatan dalam bidang mendidik. Secara khusus pendidikan dalam persepektif pendidikan islam adalah orang-orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan seluruh potensi peseta didik. Kalau kita melihat secara fungsional kata pendidik dapat di artikan sebagai pemberi atau penyalur pengetahuan, keterampilan. mempunyai rasa tanggung jawab terhadap tugas-tugasnya sebagai seorang pendidik. tugas pendidik adalah menyempurnakan, membersihkan, serta membawa hati manusia untuk Taqarrub kepada Allah SWT.
    B. Hakekat peserta didik adalah : bei rtanggung jawab terhadap pendidikan sesuai dengan wawasan pendidikan seumur hidup. Memiliki potensi baik fisik maupun psikologi yang berbeda-beda sehingga masing-masing subjek didik merupakan insan yang unik memerlukan pembinaan individual serta perlakuan yang manusiawi, pada dasarnya merupakan insan yang aktif menghadapi lingkungan.
    C. Secara psikologis hakikat manusia adalah makhluk hidup. Di dalam diri manusia terdapat apa-apa yang terdapat di dalam makhluk hidup lainnya yang bersifat khsusus. Dia berkembang, bertambah besar, makan, istirahat, melahirkan dan berkembang biak, menjaga dan dapat membela dirinya, merasakan kekurangan dan membutuhkan yang lain sehingga berupaya untuk memenuhinya

    2. manusia sebagai 'animal educandum' yang mengandung makna bahwa manusia merupakan mahkluk yang perlu atau harus dididik. Manusia merupakan makhluk yang perlu di didik, karena manusia pada saat dilahirkan kondisinya sangat tidak berdaya sama sekali. Seorang bayi yang baru dilahirkan, berada dalam kondisi yang sangat memerlukan bantuan, ia memiliki ketergantungan yang sangat besar. Padahal nanti kelak kemudian hari apabila ia telah dewasa akan mempunyai tugas yang besar yakni sebagai khalifah dimuka bumi. Kondisi seperti ini jelas sangat memerlukan bantuan dari orang yang ada disekitarnya. Bantuan yang diberikan itulah awal kegiatan pendidikan. Sesuai dengan tugas yang akan diembannya nanti dikemudian hari, dibalik ketidakberdayaan atau ketergantungan yang lebih dari binatang. Hanya kemampuan-kemampuan tersebut masih tersembunyi, masih merupakan potensi-potensi yang perlu dikembangkan. Disinilah perlunya pendidikan dalam rangka mengaktualisasikan potensi-potensi tersebut, sehingga menjadi kemampuan nyata. Dengan bekal berbagai potensi itulah manusia dipandang sebagai mahkluk yang dapat di didik. Bertolak dari pandangan tersebut, secara implicit terlihat pula bahwa tidak mungkin manusia dipandang sebagai mahkluk yang harus di didik, apabila manusia bukan mahkluk yang dapat di didik.

    3. kebijakan pendidikan progresif mesti dikedepankan agar dapat memberikan solusi yang lebih manusiawi dan progresif. Kebijakan pendidikan sekarang yang mati rasa dengan mengabaikan nurani dan telah menjadikan manusia sekadar objek belaka mesti didobrak dengan kebijakan pendidikan progresif. Problem dunia pendidikan yang semakin beragam membutuhkan pendekatan kebijakan progresif yang tak dapat dipenuhi dengan cara memegang secara kaku kebijakan yang telah ada. Sebuah produk kebijakan sebagai sebuah teks mati tak akan dapat memenuhi kebutuhan riil itu, terlebih beberapa kebijakan pendidikan sekarang justru tak manusiawi, menafikan nurani, tidak tanggap dan gagal merespon problem secara cepat.

    BalasHapus
  19. nama:nurul akma
    nim:1002030226
    prodi:biologi
    1. hakekat manusia adalah suatu proses yang terjadi dalam kehidupan manusia yang di timbulkan dari diri kita sendiri atau pun individual (perorangan) dan sebagai mahkluk ciptaan tuhan yang maha esa, yang menjunjung tinggi setiap yang diperintahkandan menjauhi setiap larangan allah, dan mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, sebagai mahkluk ciptaan allah, kita sebagai insan manusia yang mempuyai rasa kesosilaan yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain,
    hakekat pendidik adalah suatu ilmu pengetahuan yang memberikan pengembangan,mencerdaskan dan menyalurkan ketrampilan-ketrampilan kepada siswa,agar kita sebagai manusia penerus bangsa ini tidak bodoh dan tidak dibodohkan oleh perkembangan zaman yang sudah sangat maju.
    peserta didik adalah proses yang terjadi dalam pertumbuhan dan perkembangan menurut fitrahnya,yang memiliki kebutuhan baik secara jasmani maupun secara rohani yang dapat dikembangkan dan berkembang secara dinamis.

    2. manusia sebagai animal educandum yaitu manusia sebagai makluk yang berpendidikan,mampu berfikir,mempunyai moral yang baik,cerdas mampu bertanggung jawab dalam setiap kondisi apapun dan mampu menyalurkan dan mengembangkan setiap ilmu yang didapatkan baik dari diri sendiri maupun umum(masyarakat).

    3. kebijakan pendidikan yang progresif adalah suatu proses pendidikan yang berdasarkan pada hakekat manusia sebagai makhluk sosial yang mampu belajar dalam situasi kehidupan yang nyata dan mampu mengikuti proses belajar yang baik mampu menyajikan setiap pengalaman yang ada dalam diri bukan hanya bacaan dan hafalan saja.

    BalasHapus
  20. nama:endang magdalena
    nim:1002030229
    prodi:biologi
    smester:3
    1. hakekat manusia adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu yang mampu mengarahkan dirinya sendiri, dan sebagai mahkluk ciptaan tuhan yang maha esa, tidak mampu untuk hidup sendiri yang membutuhkan khalayak ramai atau msarakat, dalam menjalankan hidupnya.
    hakekat pendidik adalah proses yang terjadi dala lingkungan manusia yang memotivasi setiap pendidik untuk bisa terampil, cerdas dan mampu menguasai setiap kondisi perubahabn jaman.
    peserta didik merupakan dunia manusia yang memiliki kebutuhan dalam perkembangan dan pertumbuhan baik yang menyangkut kebutuhan jasmani maupun rohani yang harus dipenuhi secara merata sama atau seimbang.
    2. manusia sebagai animal educandum yaitu manusia merupakan makluk ciptaan tuhan yang perlu untuk di didik karena manusia membutuhkan ilmu atau potensi-potensi agar mampu berkembang.
    3.kebijakan pendidikan yang progresif adalah pendidikan yang didasarkan pada hakekat manusia sebagai mahkluk sosial yang penting dalam belajar, dan apabila berada pada saat kondisi atau situasi yang nyata dengan orang lain atau masarakat, yang menyadari adanya masalah belajar, mengajukan pemecahannya dan mampu mencari solusi yang baik.

    BalasHapus
  21. nama:endang magdalena
    nim:1002030229
    prodi:biologi
    smester:3
    1. hakekat manusia adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu yang mampu mengarahkan dirinya sendiri, dan sebagai mahkluk ciptaan tuhan yang maha esa, tidak mampu untuk hidup sendiri yang membutuhkan khalayak ramai atau msarakat, dalam menjalankan hidupnya.
    hakekat pendidik adalah proses yang terjadi dala lingkungan manusia yang memotivasi setiap pendidik untuk bisa terampil, cerdas dan mampu menguasai setiap kondisi perubahabn jaman.
    peserta didik merupakan dunia manusia yang memiliki kebutuhan dalam perkembangan dan pertumbuhan baik yang menyangkut kebutuhan jasmani maupun rohani yang harus dipenuhi secara merata sama atau seimbang.
    2. manusia sebagai animal educandum yaitu manusia merupakan makluk ciptaan tuhan yang perlu untuk di didik karena manusia membutuhkan ilmu atau potensi-potensi agar mampu berkembang.
    3.kebijakan pendidikan yang progresif adalah pendidikan yang didasarkan pada hakekat manusia sebagai mahkluk sosial yang penting dalam belajar, dan apabila berada pada saat kondisi atau situasi yang nyata dengan orang lain atau masarakat, yang menyadari adanya masalah belajar, mengajukan pemecahannya dan mampu mencari solusi yang baik.

    BalasHapus
  22. Nama: munawir
    NPM :1002030223
    Prody :biologi smester III



    1. Hakikat Manusia adalah Manusia dilahirkan tidak berdaya karena tidak dilengkapi fikiran yang sempurna dalam menghadapi lingkungan, maka setiap manusia harus beradaptasi dengan cara belajar ilmu pengetahuan supaya siap menghadapi kehidupan di masa akan datang.

    Hakekat pendidikan adalah orang yang mendidik, kalau kita lihat secara fungsional pendidikan dapat diartikan sebagai pemberi atau penyalur pengetahuan dan keterampilan.

    Hakekat peserta didik adalah Merupakan komponen dalam proses belajar mengajar {pendidkan}tanpa peserta didik proses ini tidak akan berjalan,peserta didik masih sangat-sangat memerlukan bimbibingan/arahan dari orang lain baik dari guru maupun orang tua,tugas peserta didik menghormati pendidik dan belajar.


    2. Manusia merupakan makhluk Allah yang perlu di didik karna tanpa didikan manusia tersebut akan menjadi yang tidak terdidik.Jadi lah manusia yang memiliki rasa tanggumg jawab terhadap diri nya dan Tuhan Nya..



    3. Yaitu yang beranggapan bahwa pendidikan harus di dasarkan pada hakikat manusia sebagai makhluk sosial yang paling baik,Apabila berada dalam situasi kehidupan nyata dengan orang lain..

    BalasHapus