Assalamu`alaikum...... Welcome to Wahana Education : "Smart - Creative - Exciting - Fun"

H O M E

Kamis, 06 November 2014

Tugas Perencanaan Pembelajaran

Berikan Komentar Anda tentang Pertanyaan dibawah ini ;

  1. Apa yang membedakan Pembelajaran dengan Pengajaran ?
  2. Apa yang Anda ketahui tentang pembelajaran Kooperatif dan pembelajaran terpadu ?
  3. Ada berapa Tipe pembelajaran kooperatif, sertakan materi apa yang cocok di gunakan untuk tiap tipe tersebut pada pembelajaran IPS ?
  4. Bagaimana tanggapan anda tentang kurikulum 2013 ?
Jawablah dengan bahasa anda sendiri .........
Jawaban langsung pada kolom komentar, jangan lupa menyertakan Nama & NIM
Paling lambat sebelun ujian kuis 

24 komentar:

  1. Contoh
    Nim :
    Nama :

    Jawaban
    1.
    2.
    3.
    4.

    BalasHapus
    Balasan
    1. JAWABAN TUGAS
      NAMA : OCTAVIANI .L
      NPM : 1202070136
      1. Menurut saya ; “ pembelajaran adalah kegiatan antara pendidik dengan peserta didik yang tujuannya untuk mencapai proses penyampaian materi serta terget-terget dalam pembelajaran itu sendiri, baik dalam penyampain ilmu pengetahuan, sikap, serta keterampilan peserta didik.
      Pengajaran merupakan metode atau cara yang di gunakan dalam proses pendidikan untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam pendidikan.
      Atau bahasa sederhananya ;
      Pembelajaran : interaksi antara guru dengan peserta didik.
      Pengajaran : pekerjaan yang dilakukan oleh pengajar.

      2. Menurut saya ; “ pembelajaran koorperatif merupakan ciri pembelajaran berkelompok yang terdiri dari siswa yang heterogen tujuannya agar siswa mempunyai keterampilan dalam menyelesaikan tugas secara berkelompok. Pembelajaran koorperatif ini menganut banyak model atau tipe pembelajaran yang di pakai di sesuaikan dengan kebutuhan pada saat penyampain materi.
      Pembelajaran terpadu merupakan pembelajaran yang dipadukan dari konsep, materi, mata pelajaran, bahkan sikap dan perilaku terkait yang dijadikan suatu tema, dan tema-tema tersebut tidak dipilih-pilih antar bidang studi.

      3. Menurut yang saya browsing di internet, banyak tipe pembelajaran koorperatif, materi yang dapat di pelajari mis; tentang potensi dan pembagian SDA. Di sini saya akan membahas 2 model pembelajaran yang saya mengerti dan pahami ;
      STAD (Student Teams Achievement Division)
      Pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini siswa dikelompokkan ke dalam kelompok kecil yang disebut tim. Kemudian seluruh kelas diberikan presentasi materi pelajaran. Siswa kemudian diberikan tes. Nilai-nilai individu digabungkan menjadi nilai tim. Pada model pembelajaran kooperatif tipe ini walaupun siswa dites secara individual, siswa tetap dipacu untuk bekerja sama untuk meningkatkan kinerja dan prestasi timnya.
      JIGSAW
      Tujuan diciptakannya tipe model pembelajaran kooperatif Jigsaw ini adalah untuk meningkatkan rasa tanggungjawab siswa terhadap belajarnya sendiri dan juga belajar anggota kelompoknya yang lain. Mereka diminta mempelajari materi yang akan menjadi tanggungjawabnya, karena selain untuk dirinya, ia juga harus mengajarkan materi itu kepada anggota kelompoknya yang lain. Pada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ini ketergantungan antara siswa sangat tinggi. Setiap siswa dalam model pembelajaran kooperatif ini adalah anggota dari dua kelompok, yaitu (1) kelompok asal (home group) dan (2) kelompok ahli (expert group). Kelompok asal dibentuk dengan anggota yang heterogen. Di kelompok asal ini mereka akan membagi tugas untuk mempelajari suatu topik. Setelah semua anggota kelompok asal memperoleh tugas masing-masing, mereka akan meninggalkan kelompok asal untuk membentuk kelompok ahli. Kelompok ahli adalah kelompok yang terbentuk dari anggota-anggota kelompok yang mempunyai tugas mempelajari sebuah topik yang sama (berdasarkan kesepakatan mereka di kelompok asal). Setelah mempelajari topik tersebut di kelompok ahli, mereka akan kembali ke kelompok asal mereka masing-masing dan saling mengajarkan topik yang menjadi tanggungjawab mereka ke anggota kelompok lainnya secara bergantian.

      4. Pendapat saya “ kurikulum 2013 ini sudah banyak hal positif di dalam nya yang bisa kita ambil, misalnya dari penilaian karakteristik, serta interaksi orang tua yang pada kurikulum sebelumnya tidak ada. Pada kurikulum ini siswa di tuntut untuk lebih aktif dalam mencari isi materi yang sub nya telah di berikan oleh guru, tugas guru di sini adalah sebagai fasilitator dan membimbing saya dalam memecah kan permasalahan yang ada. Guru harus lebih aktif dalam mempersiapkan media yang akan di pakai untuk suatu materi. Jika kerjasama ini terjalin dengan sinkron maka hasil yang di peroleh akan lebih maksimal.
      Di samping itu juga pasti ada kekurangan atau kelemahan yang harus kita perhatikan dan perbaiki bersama guna memperbaiki kualitas di negeri kita ini.

      MUDAH-MUDAHAN JAWABAN INI BERKENAN,KARENA SAYA JUGA MASIH DALAM BELAJAR, THANK’S.....

      Hapus
  2. Nim :1202070123
    Nama : IRMANIDA

    Jawaban
    1.Pembelajran adalah komunikasi 2 arah, megajar di lakukan oleh pihak guru sebagai pendidik, sedagkan belajar di lakukan oleh peserta didik atau murid
    2.Pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yg megutamakan krjsama diantara siswa untk mencapai satu tujuan, pembelajaran terpadu adalah pembelajaran yg di padukan dari berbagai macam konsep materi, buku, matapelajaran, serta tingkah laku di jadikan atau d gabungkan sehigga menjadi satu tema.
    3.Tipe2 pembelajaran , tipe jigsaw, materi yg digunakn materi pelajajaran dalam teks, tipe STAD, materinya model pembelajaran dimana peserta didik belajar & bekerja sama dalam memecahkan satu masalah, tipe investigasi kelompok, materi yang di gunakan model pembelajaran bermula dari perspektif filosofis terhadap konsep belajar. Tipe pndekatan struktural.
    4.Taggapin tentang kurikulum 2013. Ad juga kendalanya yaitu. Guru masih belum memahami tentang pelaksanaan kurikulum 2013, tuntutan orangtua yang selalu pada materi sehigga bayak tuk & sd memsksa dsri pada materi pembelajaran, siswa di beri beban kelulusan un, namun tentang kurikulum 2013 tidak boleh ada ragu jugs , tapi kits harus terus maju, pantang mundur untuk melaksanakan kurikulum 2013 ini, kita semua sebagai pendidik harus yakin setiap perubahan pasti ada nilai positf miskipun ada jg nogatifnya.


    BalasHapus
  3. Nama : Septian Darindra
    NPM : 1202070140
    1. Pembelajaran yaitu proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Pengajaran yaitu sesuatu aktivitas yang dilakukan bersama oleh pendidik dan para peserta didik.
    2. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pembelajaran kelompok dengan gagasan untuk saling memotivasi antara anggotanya untuk saling membantu agar tercapainya suatu tujuan pembelajaran yang maksimal.
    Pembelajaran terpadu merupakan suatu model pembelajaran yang mencoba menyajikan bahan-bahan pelajaran secara terpadu, yaitu dengan menyatukan, menghubungkan, atau mengaitkan bahan pelajaran yang mencangkup dalam satu panduan sehingga tidak ada yang berdiri sendiri atau terpisah-pisah.
    3. Tipe-tipe pembelajaran kooperatif yaitu :
    1. Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dn materinya lingkungan hidup dan cara pelestariannya.
    2. Pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Together) dan materinya komponen-komponen peta.
    3. Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan materinya pembuatan peta secara manual.
    4. Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization atau Team Accelerated Instruction) dan materinya kondisi geografis Indonesia.
    5. Model Pembelajaran Kooperatif: Think-Pair-Share dan materinya tentang pengelompokan flora dan fauna menurut zona pembagiannya
    6. Model Pembelajaran Kooperatif : Picture and Picture dan materinya pembagian zaman pra aksara.
    7. Model Pembelajaran Kooperatif : Problem Posing dan materinya tindakan ekonomi, motif ekonomi dan prinsip ekonomi.
    8. Model Pembelajaran Kooperatif : Team game Tournament (TGT) dan materinya keanekaragaman bentuk muka bumi dilautan.
    9. Model Pembelajaran Kooperatif : Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan materinya macam-macam kebutuhan manusia.
    10. Model Pembelajaran Kooperatif : Learning Cycle (Daur Belajar) dan materinya lingkungan hidup dan pelestariannya.
    11. Model Pembelajaran Kooperatif : Cooperative Script (CS) dan materinya manusia sebagai makhluk social dan makhluk ekonomi.
    12. Model pembelajaran kooperatif make a match (mencari pasangan) dan materinya peristiwa sekitar proklamasi.
    13. Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pengelompokan flora dam fauna di Indonesia.
    14. Model pembelajaran kooperatif PBL (Problem Base Learning) dan materinya Negara maju dan Negara berkembang.
    15. Model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray ( dua tinggal-dua tamu) dan materinya lingkungan hidup dan pelestariannya.
    16. Model pembelajaran kooperatif inside Outside Circle (IOC) dan materinya kondisi fisik wilyah dan penduduka indonesia.
    17. Model pembelajaran kooperatif Snowball throwing dan materinya kondisi fisik wilyah dan penduduka indonesia.

    4. yang saya tau tentang Kurikulum 2013 itu yaitu memiliki tiga aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek sikap dan perilaku. kurikulum 2013 juga memiliki sisi positif lainnya yaitu pada sisi paradigma karena mengandunng mata pelajaran menjadi lebih maknawi dalam kehidupan sehari-hari dengan model pembelajaran tematik integratif dan pendekatan saintifik dan juga dalam kurikulum 2013 proses pembelajaran murid aktif, guru sebagai fasilitator maupun motivator, semua aspek kehidupan bisa menjadi sumber pembelajaran, serta melahirkan manusia pembelajar, Meski demikian, kurikulum 2013 juga memiliki sisi negatif seperti proses pembelajaran lebih leluasa tapi ada penambahan jam pelajaran. Kurikulum 2013 cocok untuk sekolah yang sudah maju dan gurunya punya semangat belajar tinggi, masyarakat yang sudah terdidik, muridnya memiliki kemampuan dan fasilitas setara, serta infrastruktur telekomunikasi dan transportasi sudah merata sehingga tidak menghambat proses pembelajarannya.

    BalasHapus
  4. Nama : NAZIRATUL AULIA
    NPM : 1202070148

    Jawaban ini adalah berdasarkan pemahaman konsep yang saya miliki melalui rujukan dari media internet dan beberapa buku referensi lainnya.
    saya menjawab soal-soal ini dengan bahasa saya sendiri.


    1. Pengajaran adalah sebuah kegiatan atau rancangan yang dilakukan oleh guru sebelum menyampaikan pentransferan ilmu kepada peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pengajaran juga diartikan sebagai interaksi belajar dan mengajar yang terjadi secara spontan dan langsung. Pengajaran berlangsung sebagai suatu proses yang saling mempengaruhi antara guru dan siswa, dalam proses pembelajaran, yang lebih berperan aktif adalah guru atau pendidiknya.
    Sedangkan pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
    yang menjadi pembeda antara pengajaran dan pembelajaran adalah pada peran subjeknya. pada proses pengajaran, yang berperan aktif adalah guru. sedangkan pada proses pembelajaran yang berperan adalah guru dan peserta didiknya.

    2. pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang lebih mengutamakan interaksi sosial siswa dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran.
    Pembelajaran terpadu adalah model pembelajaran yang materi belajarnya berkaitan, baik dalam satu disiplin ilmu maupun antar disiplin ilmu dengan kehidupan dan kebutuhan nyata para siswa, sehingga proses belajar anak menjadi sesuatu yang bermakna dan menyenangkan anak.

    3. Menurut saya, materi pelajaran Ips yang cocok digunakan pada model pembelajaran kooperatif :
    1. tipe jigsaw, materi yang cocok :
    letak wilayah dan pengaruh bagi keadaan alam indonesia
    2. tipe STAD, materi yang cocok : keanekaragaman flora dan fauna di indonesia
    3. tipe investigasi kelompok, materi yang cocok: keadaan iklim indonesia
    4. tipe pendekatan struktural, materi yang cocok : dinamika interaksi manusia dengan lingkungan.

    4. Kurikulum 2013 sering disebut juga dengan kurikulum berbasis karakter. Kurikulum ini merupakan kurikulum baru yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kurikulum 2013 sendiri merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pada pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, dimana siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam proses berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun dan sikap disiplin yang tinggi. Kurikulum ini secara resmi menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang sudah diterapkan sejak 2006 lalu.
    kurikulum 2013 memilki 3 aspek penilaian, yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
    namun yang membedakan kurikum ini dengan kurikulum sebelumnya adalah kurikulum 2013 ini, penilaian siswa lebih ditekankan pada kompetensi spiritual / ketuhanan. selanjutnya aspek afektif, kemudian kognitif, dan yang terakhir adalah psikomotor. disini jelas, bahwa kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis karakter. maka aspek sikap spiritual dan afektif lebih diutamakan daripada aspek kognitif.

    demikian soal-soal tersebut saya jawab sesuai kemampuan saya. saya ucapkan terima kasih kepada dosen pengampu saya, Ibu Rahma, M.Pd.

    BalasHapus
  5. Nama : Jalaliati
    NPM :1202070125
    1) Pembelajaran ialah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik atau murid.
    Pengajaran merupakan interaksi mengajar dan belajar. Pengajaran berlangsung sebagai suatu proses saling pengaruh mempengaruhi dalam bentuk hubungan interaksi antara guru dan siswa. Guru bertindak sebagai pengajar, sedangkan siswa berperan sebagai yang melakukan perbuatan belajar. Guru dan siswa menunjukkan keaktifan yang seimbang sekalipunn peranannya berbeda namun terkait satu dengan yang lainnya.
    Perbedaan Pembelajaran dan Pengajaran
    a. Fokus usaha pada guru adalah pengajaran (teaching) berfokus mengajar(i) atau transfer kompetensi.
    Pembelajaran (intructional) adalah bagian dari mengajar dan untuk mendidik dengan karakter yang khas atau memandu atau membimbing siswa dalam satu kompetensi tertentu yang ditentukan dalam KTSP, yang menjadi pusat dalam pembelajaran adalah guru, sedangkan siswa adalah sebagai bawahan atau dianggap siswa tidak mengetahui apa-apa (komunikasi satu arah).
    b. Fokus hasil pengajaran siswa mampu mendapatkan suatu potensi dari RPP yang digariskan menurut kurikulum, fokusnya siswa biasa belajar mau, terampil dan membangkitkan kemauan belajar.

    2) Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok. Setiap siswa yang ada dalam kelompok mempunyai tingkat kemampuan yang berbeda-beda (tinggi, sedang, rendah). Model pembelajaran kooperatif mengutamakan kerja sama dalam menyelesaikan permasalahan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran .
    Pengertian Pendekatan Integratif atau terpadu adalah rancangan kebijaksanaan pengajaran bahasa dengan menyajikan bahan-bahan pelajaran secara terpadu, yaitu dengan menyatukan, menghubungkan, atau mengaitkan bahan pelajaran sehingga tidak ada yang berdiri sendiri atau terpisah-pisah.Pembelajaran terpadu adalah upaya memadukan berbagai materi belajar yang berkaitan, baik dalam satu displin ilmu maupun antar disiplin ilmu dengan kehidupan dan kebutuhan nyata para siswa, sehingga proses belajar anak menjadi sesuatu yang bermakna dan menyenangkan anak.
    3) Ada 4 tipe pembelajaran kooperatif yaitu tipe Jigsow, tipe STAD,tipe Investigasi kelompok, dan tipe pendekatan struktural.
    Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

    4) Menurut saya kurikulum 2013 membuat siswa lebih aktif,kreatif dan inovatif karena siswa yang mengamati dan mengerjakan sedangkan guru hanya menjadi pemantauan dan motivator saja yang hanya bertugas untuk mengarahkan,jadi kurikulum ini lebih sempurna dari pada kurikulum-kurikulum sebelumnya.




    BalasHapus
  6. Nama : Muhammad Iqbal
    Npm : 1202070132
    Jawaban
    1. Pembelajaran adalah upaya yang dilakukan dengan sengaja untuk mendapatkan suatu ilmu yang dilakukan dengan perencanaan , pelaksanaan dan penyesuaian . contohnya seseorang yang mengikuti les pada suatu lembaga pendidikan
    Pengajaran adalah strategi yang dilakukan untuk menyampaikan informasi kepada peserta didik sehingga peserta didik mengetahui apa yang di sampaikan oleh pendidik .
    Perbedaan pembelajaran dengan pengajaran
    PEMBELAJARAN
    a. Dilaksanakan oleh mereka yang membuat orang belajar
    b. Tujuannya agar terjadi belajar pada diri siswa atau si belajar
    c. Merupakan cara untuk mengembangkan rencana yang terorganisir unsuk keperluan belajar
    d. Kegiatan belajar dapat berlangsung dengan atau tanpa adanya pengajar seperti guru, dosen , dsb

    PENGAJARAN
    a. Dilaksanakan oleh mereka yang berprofesi sebagai pengajar seperti guru, dosen , dsb
    b. Tujuannya untuk menyampaikan informasi kepada si belajar atau siswa
    c. Merupakan salah satu penerapan strategi pembelajaran
    d. Kegiatan belajar berlangsung bila ada pengajar seperti guru, dosen , dsb.

    2. Pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang mengutamakan kerja sama di antara siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran
    Pembelajaran terpadu adalah model pembelajaran yang materi belajarnya ada kaitannya antara satu materi dengan materi yang lain, contohnya IPS TERPADU

    3.a.Tipe jingsaw materi yang cocok digunakan adalah tata surya
    b. Tipe stad materi yang cocok di gunakan adalah pengembangan wilayah Indonesia
    c. Tipe investigasi kelompok materi yang cocok digunakan adalah materi tentang sensus penduduk
    d. Tipe investigasi structural materi yang cocok digunakan adalah materi tentang pendekatan geografi
    e. Tipe TAI materi yang cocok di gunakan adalah materi tentang penyebab angka kelahiran yang meningkat

    4. Menurut pendapat saya, saya sangat setuju dengan kurikulum 2013, karena kurikulum itu harus di sesuaikan dengan perkembangan zaman, yang dimana pada zaman sekarang moral yang di miliki oleh para peserta didik sangat memprihatinkan ,dengan di buat kurikulum 2013 dengan visi mengubah pola pikir peserta didik untuk lebih baik lagi saya sangat mendukung karena pada kurikulum 2013 siswa lebih banyak berperan pada proses belajar yang dimana guru hanya menjadi fasilitator , dengan demikian akan membuat siswa lebih aktif dalam belajar sehingga membuat siswa sibuk memikirkan belajar dari pada tawuran. Akan tetapi pada pelaksanaanya pemerintah belum siap untuk menjalankan kurikulum 2013 karena guru belum sepenuhnya mendapatkan sosialisasi tentang kurikulum 2013……..

    DEMIKIAN Lah jawaban saya yang saya jawab sesuai dengan akal pikiran saya tanpa ada paksaan dari pihak manapun…….













    BalasHapus
  7. Nama : rasyidin
    NPM : 1202070137
    1. A.Pembelajaran adalah proses interaksi antara guru dengan siswanya dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar/ pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik(siswa) agar dapat menguasai materi yang telah diajarkan oleh pendindik.
    b.Pengajaran yaitu sesuatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan bersama oleh pendidik dan para peserta didik untuk mencerna materi .

    2. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pembelajaran kelompok dengan gagasan untuk saling memotivasi antara anggotanya untuk saling membantu agar tercapainya suatu tujuan pembelajaran yang maksimal.
    Pembelajaran terpadu merupakan suatu model pembelajaran yang mencoba menyajikan bahan-bahan pelajaran secara terpadu, yaitu dengan menyatukan, menghubungkan, atau mengaitkan bahan pelajaran yang mencangkup dalam satu panduan sehingga tidak ada yang berdiri sendiri atau terpisah-pisah.

    3. sesuai dengan yang saya dapatkan di internet tipe-tipe pembelajaran kooperatif sangat bnyak antara lain sebagai berikut :
    1. Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dn materinya lingkungan hidup dan cara pelestariannya.
    2. Pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Together) dan materinya komponen-komponen peta.
    3. Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan materinya pembuatan peta secara manual.
    4. Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization atau Team Accelerated Instruction) dan materinya kondisi geografis Indonesia.
    5. Model Pembelajaran Kooperatif: Think-Pair-Share dan materinya tentang pengelompokan flora dan fauna menurut zona pembagiannya
    6. Model Pembelajaran Kooperatif : Picture and Picture dan materinya pembagian zaman pra aksara.
    7. Model Pembelajaran Kooperatif : Problem Posing dan materinya tindakan ekonomi, motif ekonomi dan prinsip ekonomi.
    8. Model Pembelajaran Kooperatif : Team game Tournament (TGT) dan materinya keanekaragaman bentuk muka bumi dilautan.
    9. Model Pembelajaran Kooperatif : Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan materinya macam-macam kebutuhan manusia.
    10. Model Pembelajaran Kooperatif : Learning Cycle (Daur Belajar) dan materinya lingkungan hidup dan pelestariannya.
    11. Model Pembelajaran Kooperatif : Cooperative Script (CS) dan materinya manusia sebagai makhluk social dan makhluk ekonomi.
    12. Model pembelajaran kooperatif make a match (mencari pasangan) dan materinya peristiwa sekitar proklamasi.
    13. Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pengelompokan flora dam fauna di Indonesia.
    14. Model pembelajaran kooperatif PBL (Problem Base Learning) dan materinya Negara maju dan Negara berkembang.
    15. Model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray ( dua tinggal-dua tamu) dan materinya lingkungan hidup dan pelestariannya.
    16. Model pembelajaran kooperatif inside Outside Circle (IOC) dan materinya kondisi fisik wilyah dan penduduka indonesia.
    17. Model pembelajaran kooperatif Snowball throwing dan materinya kondisi fisik wilyah dan penduduka indonesia.

    4. Sesuai dengan yang saya baca di internet kurikulum 2013 merupakan kurikulum pengganti kurikulum tingkat kesatuan pendidikanyang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun.dan kurikulum 2013 memiliki beberapa aspek, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek sikap dan perilaku. kurikulum 2013 memiliki kekurangan dan kelebihan.
    Kelebihannya yaitu pada sisi paradigma karena mengandunng mata pelajaran menjadi lebih maknawi dalam kehidupan sehari-hari dengan model pembelajaran tematik integratif dan pendekatan saintifik dan juga dalam kurikulum 2013 proses pembelajaran murid aktif, guru sebagai fasilitator maupun motivator, semua aspek kehidupan bisa menjadi sumber pembelajaran, serta melahirkan manusia pembelajar.
    Kelemahannya pada proses pembelajaran lebih leluasa tapi ada penambahan jam pelajaran. Kurikulum 2013 tidak sesuai diterapkan di sekolah sekolah pedalaman atau fasilitasntanya kurang memadai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oooowww meunan nyoeee jawaban...

      Hapus
  8. Nama :dhahiriati
    Npm :1202070120

    1).pembelajaran merupakan cara untuk mengembangkan rencana yang terorganisir untuk keperluan belajar,kegiatan belajar dapat berlangsung dengan atau tanpa adanya pengajar seperti guru,dosen dsb
    Pengajaran merupakan salah satu penerapan strategi pembelajaran,kegiatan belajar ini dilaksanakan oleh mereka yang berpopesi sebagai pengajar seperti guru,dosen dsb.

    2).pembelajaran kooperatif merupakan istilah umum untuk sekumpulan strategi pengajaran yang dirancang untuk mendidik kerja sama kelompok dan interaksi antarsiswa. Tujuan pembelajaran kooperatif setidak-tidaknya meliputi tiga tujuan pembelajaran, yaitu hasil belajar akademik, penerimaan terhadap keragaman, dan pengembangan keterampilan sosial.
    Pembelajaran terpadu adalah pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa bidang studi untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada anak. Dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran terpadu,anak akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari itu melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan
    konsep lain yang sudah mereka pahami.

    3).tipe pembelajaran kooperatif
    1. Pembelajaran Kooperatif Jigsaw.materinya:cuaca dan iklim
    2. Pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Together).materinya:kemiskinan
    3. Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions).materinya: persebaran flrora dan fauna
    4. Pembelajaran Kooperatif Tipe investigati kelompok.materinya:peta,atlas,globe
    4).tanggapan saya tentang K13:sistem pembelajaran nya sangat bagus untuk diterapkan karna dapat menciptakan siswa yang lebih aktif,mandiri,dan dapat memecahkan masalah pembelajran sendiri.Karna proses pembelajarannya memberikan kesempatan bagi siswa agar dapat mengembangkan segala potensi yang mereka miliki menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dilihat dari aspek sikap (afektif), pengetahuan (kognitif), dan keterampilan (psikomotor) .
    Dan di kurikulum ini peran guru hanyalah sebagai motivator


    BalasHapus
  9. NAMA : MINA ELFIRA
    NPM : 1202070139

    1. Pembelajaran ialah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik atau murid. Pengajaran merupakan interaksi mengajar dan belajar. Pengajaran berlangsung sebagai suatu proses saling pengaruh mempengaruhi dalam bentuk hubungan interaksi antara guru dan siswa. Guru bertindak sebagai pengajar, sedangkan siswa berperan sebagai yang melakukan perbuatan belajar. Guru dan siswa menunjukkan keaktifan yang seimbang sekalipunn peranannya berbeda namun terkait satu dengan yang lainnya.
    2. pembelajaran komperatif merupakan istilah umum untuk sekumpulan strategi pengajaran yang dirancang untuk mendidik kerja sama kelompok dan interaksi antarsiswa.Tujuan pembelajaran kooperatif setidak-tidaknya meliputi tiga tujuan pembelajaran, yaitu hasil belajar akademik, penerimaan terhadap keragaman, dan pengembangan keterampilan sosial.Pembelajaran terpadu merupakan pembelajaran yang dipadukan dari konsep, materi, mata pelajaran, bahkan sikap dan perilaku terkait yang dijadikan suatu tema, dan tema-tema tersebut tidak dipilih-pilih antar bidang studi.
    3.tipe – tipe pembelajaran kompeatif
    1. Pembelajaran Kooperatif Jigsaw,materi yg cocok dinamika penduduk.
    2. Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Materi yang cocok Persebaran flora dan fauna
    3. Tipe investigasi kelompok .Materi yang cocok sumber klimatologi.
    4. Tipe pendekatan structural.Materi yang cocok hubungan manusia dengan lingkungan.

    4.Menurut saya kurikulum 2013 sangat bagus,karena di kurikulum ini menekankan siswa/I yang berperan lebih aktif dibandingkan guru.

    BalasHapus
  10. aNama :ratna novasari
    Npm :1202070138

    1).pembelajaran merupkan proses belajar mengajar antara guru dan murid yang sling berinteraksi
    Pengajaran merupakanproses guru menyampaikan imformasi kepada murid.
    2).pembelajaran kooperatif adalah suatu gambaran kerjasama antara individu yang satu dengan lainnya dalam suatu ikatan tertentu. Ikatan–ikatan tersebut yang menyebabkan antara satu dengan yang lainnya merasa berada dalam satu tempat dengan tujuan–tujuan yang secara bersama–sama diharapkan oleh setiap orang yang berada dalam ikatan itu. Pemikiran tersebut hanya merupakan suatu gambaran sederhana apa yang tersirat tentang kooperatif.
    Pembelajaran terpadu adalah rancangan kebijaksanaan pengajaran bahasa dengan menyajikan bahan-bahan pelajaran secara terpadu, yaitu dengan menyatukan, menghubungkan, atau mengaitkan bahan pelajaran sehingga tidak ada yang berdiri sendiri atau terpisah-pisah.
    3).tipe pembelajaran kooperatif
    1. Pembelajaran Kooperatif Jigsaw.
    2. Pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Together
    3. Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions).
    4. Pembelajaran Kooperatif Tipe investigati kelompok
    4).tanggapan saya :merupakan kurikulum yang berbasis karakter disini murid lebih berperan aktif.dan guru sebagi motivator atau fasilitator.memiliki 3 aspek penilaian yaitu sikap,pengetahuan ,dan keterampilan.

    BalasHapus
  11. Nama : M.Iqbal Alamsyah
    Npm : 1202070126

    1. Perbedaan Pembelajaran dan Pengajaran
    Pembelajaran adalah bagian dari mengajar dan untuk mendidik dengan karakter yang khas memandu atau membimbing siswa dalam satu kompetensi tertentu yang ditentukan dalam kurikulum, yang menjadi pusat dalam pembelajaran adalah guru, sedangkan siswa adalah sebagai bawahan atau dianggap siswa tidak mengetahui apa-apa (komunikasi satu arah).

    pengajaran ialah siswa mampu mendapatkan suatu potensi dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang ditentukan menurut kurikulum, fokusnya ialah siswa agar mau belajar , terampil , dan membangkitkan kemauan belajar.

    2. Pembelajaran kooperatif ialah merujuk kepada kaedah pengajaran yang memerlukan murid dari berbagai kebolehan berkerjasama dalam kumpulan kecil untuk mencapai satu tujuan yang sama.

    Pembelajaran terpadu ialah memadukan antar materi pelajaran dengan semua aspek perkembangan anak, kebutuhan dan minat anak, serta kebutuhan dan tuntutan lingkungan sosial keluarga.

    3. 1. Pembelajaran Kooperatif Jigsaw.
    Mengerjakan tugas dalam bentuk kelompok contohnya : Interpretasi Peta Tentang Bentuk dan Pola Muka Bumi.
    2. Pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Together).
    3. Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions).
    4. Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization atau Team Accelerated Instruction).
    5. Model Pembelajaran Kooperatif: Think-Pair-Share.
    6. Model Pembelajaran Kooperatif : Picture and Picture.
    Menggunakan media gambar contohnya : proses terjadinya terbentuknya bumi.
    7. Model Pembelajaran Kooperatif : Problem Posing.
    Membentuk pertanyaan sendiri.
    8. Model Pembelajaran Kooperatif : Problem Solving.
    Memecahkan masalah atau menyelesaikan masalah contohnya : proses terjadinya letusan gunung berapi.
    9. Model Pembelajaran Kooperatif : Team Games Tournament (TGT).
    10. Model Pembelajaran Kooperatif : Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).
    11. Model Pembelajaran Kooperatif : Learning Cycle (Daur Belajar).
    12. Model Pembelajaran Kooperatif : Cooperative Script (CS).
    13. Model pembelajaran kooperatif make a match (mencari pasangan).
    14. Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation.
    15. Model pembelajaran kooperatif PBL (Problem Base Learning).
    16. Model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray ( dua tinggal-dua tamu).
    17. Model pembelajaran kooperatif inside Outside Circle (IOC).
    18. Model pembelajaran kooperatif Snowball throwing.

    4. Menurut saya ada kelebihan dan kekurangannya
    kelebihannya dgn adanya globalisasi pendidikan indonesia harus mengikuti perkembangan zaman, dengan mengembangkan kurikulum sehingga mencetak anak bangsa yang mampu bersaing di tingkat internasional secara global. kekuranggannya, perubahan kurikulum ini terlalu mendadak, bagaimana tidak baru saja beberapa tahun lalu megganti kurikulum, sekarang mau diganti lagi. dan dalam perubahan kurikulum ini selain membuat bingung guru dan siswa yang mana metode dan materi belajarakan banyak berubah, pemerintah harus mengeluarkan dana cukup banyak untuk mencetak buku sesuai kurikulum baru.

    BalasHapus
  12. Nama : Syafriadi
    Npm : 1202070142

    1. Perbedaan Pembelajaran dan Pengajaran
    Pembelajaran adalah bagian dari mengajar dan untuk mendidik dengan karakter yang khas memandu atau membimbing siswa dalam satu kompetensi tertentu yang ditentukan dalam kurikulum, yang menjadi pusat dalam pembelajaran adalah guru, sedangkan siswa adalah sebagai bawahan atau dianggap siswa tidak mengetahui apa-apa (komunikasi satu arah).

    pengajaran ialah siswa mampu mendapatkan suatu potensi dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang ditentukan menurut kurikulum, fokusnya ialah siswa agar mau belajar , terampil , dan membangkitkan kemauan belajar.

    2. Pembelajaran kooperatif ialah merujuk kepada kaedah pengajaran yang memerlukan murid dari berbagai kebolehan berkerjasama dalam kumpulan kecil untuk mencapai satu tujuan yang sama.

    Pembelajaran terpadu ialah memadukan antar materi pelajaran dengan semua aspek perkembangan anak, kebutuhan dan minat anak, serta kebutuhan dan tuntutan lingkungan sosial keluarga.

    3. 1. Pembelajaran Kooperatif Jigsaw.
    Mengerjakan tugas dalam bentuk kelompok contohnya : Interpretasi Peta Tentang Bentuk dan Pola Muka Bumi.
    2. Pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Together).
    3. Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions).
    4. Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization atau Team Accelerated Instruction).
    5. Model Pembelajaran Kooperatif: Think-Pair-Share.
    6. Model Pembelajaran Kooperatif : Picture and Picture.
    Menggunakan media gambar contohnya : proses terjadinya terbentuknya bumi.
    7. Model Pembelajaran Kooperatif : Problem Posing.
    Membentuk pertanyaan sendiri.
    8. Model Pembelajaran Kooperatif : Problem Solving.
    Memecahkan masalah atau menyelesaikan masalah contohnya : proses terjadinya letusan gunung berapi.
    9. Model Pembelajaran Kooperatif : Team Games Tournament (TGT).
    10. Model Pembelajaran Kooperatif : Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).
    11. Model Pembelajaran Kooperatif : Learning Cycle (Daur Belajar).
    12. Model Pembelajaran Kooperatif : Cooperative Script (CS).
    13. Model pembelajaran kooperatif make a match (mencari pasangan).
    14. Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation.
    15. Model pembelajaran kooperatif PBL (Problem Base Learning).
    16. Model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray ( dua tinggal-dua tamu).
    17. Model pembelajaran kooperatif inside Outside Circle (IOC).
    18. Model pembelajaran kooperatif Snowball throwing.

    4. Menurut saya Kurikulum yang baru ini bagus, untuk membentuk kreativitas anak dan melatih keberanian mereka. Penilaian juga dilihat dari sikap, perilaku, dan keaktivan di kelas. Jadi guru harus mengamati murid-muridnya.

    BalasHapus
  13. Nama : T.FAZIL MUTASAR
    NPM : 1202070143

    Jawaban ini adalah berdasarkan pemahaman konsep yang saya miliki melalui rujukan dari media internet dan beberapa buku referensi lainnya.
    saya menjawab soal-soal ini dengan bahasa saya sendiri.


    1. Pengajaran adalah sebuah kegiatan atau rancangan yang dilakukan oleh guru sebelum menyampaikan pentransferan ilmu kepada peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pengajaran juga diartikan sebagai interaksi belajar dan mengajar yang terjadi secara spontan dan langsung. Pengajaran berlangsung sebagai suatu proses yang saling mempengaruhi antara guru dan siswa, dalam proses pembelajaran, yang lebih berperan aktif adalah guru atau pendidiknya.
    Sedangkan pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
    yang menjadi pembeda antara pengajaran dan pembelajaran adalah pada peran subjeknya. pada proses pengajaran, yang berperan aktif adalah guru. sedangkan pada proses pembelajaran yang berperan adalah guru dan peserta didiknya.

    2. pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang lebih mengutamakan interaksi sosial siswa dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran.
    Pembelajaran terpadu adalah model pembelajaran yang materi belajarnya berkaitan, baik dalam satu disiplin ilmu maupun antar disiplin ilmu dengan kehidupan dan kebutuhan nyata para siswa, sehingga proses belajar anak menjadi sesuatu yang bermakna dan menyenangkan anak.

    3. Menurut saya, materi pelajaran Ips yang cocok digunakan pada model pembelajaran kooperatif :
    1. tipe jigsaw, materi yang cocok :
    letak wilayah dan pengaruh bagi keadaan alam indonesia
    2. tipe STAD, materi yang cocok : keanekaragaman flora dan fauna di indonesia
    3. tipe investigasi kelompok, materi yang cocok: keadaan iklim indonesia
    4. tipe pendekatan struktural, materi yang cocok : dinamika interaksi manusia dengan lingkungan.

    4. Kurikulum 2013 sering disebut juga dengan kurikulum berbasis karakter. Kurikulum ini merupakan kurikulum baru yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kurikulum 2013 sendiri merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pada pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, dimana siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam proses berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun dan sikap disiplin yang tinggi. Kurikulum ini secara resmi menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang sudah diterapkan sejak 2006 lalu.
    kurikulum 2013 memilki 3 aspek penilaian, yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
    namun yang membedakan kurikum ini dengan kurikulum sebelumnya adalah kurikulum 2013 ini, penilaian siswa lebih ditekankan pada kompetensi spiritual / ketuhanan. selanjutnya aspek afektif, kemudian kognitif, dan yang terakhir adalah psikomotor. disini jelas, bahwa kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis karakter. maka aspek sikap spiritual dan afektif lebih diutamakan daripada aspek kognitif.

    BalasHapus
  14. Nama : YUNI ERIANTI
    Npm : 1202070145
    Jawaban
    1. Pembelajaran adalah upaya yang dilakukan dengan sengaja untuk mendapatkan suatu ilmu yang dilakukan dengan perencanaan , pelaksanaan dan penyesuaian . contohnya seseorang yang mengikuti les pada suatu lembaga pendidikan
    Pengajaran adalah strategi yang dilakukan untuk menyampaikan informasi kepada peserta didik sehingga peserta didik mengetahui apa yang di sampaikan oleh pendidik .
    Perbedaan pembelajaran dengan pengajaran
    PEMBELAJARAN
    a. Dilaksanakan oleh mereka yang membuat orang belajar
    b. Tujuannya agar terjadi belajar pada diri siswa atau si belajar
    c. Merupakan cara untuk mengembangkan rencana yang terorganisir unsuk keperluan belajar
    d. Kegiatan belajar dapat berlangsung dengan atau tanpa adanya pengajar seperti guru, dosen , dsb

    PENGAJARAN
    a. Dilaksanakan oleh mereka yang berprofesi sebagai pengajar seperti guru, dosen , dsb
    b. Tujuannya untuk menyampaikan informasi kepada si belajar atau siswa
    c. Merupakan salah satu penerapan strategi pembelajaran
    d. Kegiatan belajar berlangsung bila ada pengajar seperti guru, dosen , dsb.

    2. Pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang mengutamakan kerja sama di antara siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran
    Pembelajaran terpadu adalah model pembelajaran yang materi belajarnya ada kaitannya antara satu materi dengan materi yang lain, contohnya IPS TERPADU

    3.a.Tipe jingsaw materi yang cocok digunakan adalah tata surya
    b. Tipe stad materi yang cocok di gunakan adalah pengembangan wilayah Indonesia
    c. Tipe investigasi kelompok materi yang cocok digunakan adalah materi tentang sensus penduduk
    d. Tipe investigasi structural materi yang cocok digunakan adalah materi tentang pendekatan geografi
    e. Tipe TAI materi yang cocok di gunakan adalah materi tentang penyebab angka kelahiran yang meningkat

    4. Menurut pendapat saya, saya sangat setuju dengan kurikulum 2013, karena kurikulum itu harus di sesuaikan dengan perkembangan zaman, yang dimana pada zaman sekarang moral yang di miliki oleh para peserta didik sangat memprihatinkan ,dengan di buat kurikulum 2013 dengan visi mengubah pola pikir peserta didik untuk lebih baik lagi saya sangat mendukung karena pada kurikulum 2013 siswa lebih banyak berperan pada proses belajar yang dimana guru hanya menjadi fasilitator , dengan demikian akan membuat siswa lebih aktif dalam belajar sehingga membuat siswa sibuk memikirkan belajar dari pada tawuran. Akan tetapi pada pelaksanaanya pemerintah belum siap untuk menjalankan kurikulum 2013 karena guru belum sepenuhnya mendapatkan sosialisasi tentang kurikulum 2013……..

    BalasHapus
  15. NAMA : SAFRIANI DEVI
    NPM : 1202070139

    1. Pembelajaran merupakan proses yang diselenggarakan pendidik yang menimbulkan interaksi belajar mengajar dengan peserta didik untuk memperoleh dan memproses pengetahuan,keterampilan,dan sikap. Sedangkan pengajaran merupakan kegiatan mengajar dilakukan oleh guru untuk menyampaikan pengetahuan kepada siswa.Dalam konsep ini,guru bertindak dan berperan aktif bahkan sangat menonjol dan bersifat menentukan segalanya.

    2. Pembelajaran kooperatif yaitu model pembelajaran yang menempatkan siswa dalamkelompok – kelompok kecil yang aggotanya bersifat heterogen .Terdiri dengan prestasi tinggi ,sedang,dan rendah.
    Pembelajaran terpadu suatu proses pembelajaran mengutamakan pemberian pengalaman langsung dan pemisahan antar bidang study tidak terlihat jelas.
    3. Tipe – tipe pembelajaran kooperatif yaitu :
    1. Tipe pembelajaran jigsaw materinya sumber daya manusia.
    2.Student Teams Achievement Division (STAD) materinya dinamika penduduk.
    3.Investigasi Kelompok materinya pengideraan jauh.

    4.Pendekatan Struktural materinya keanekaragaman bentuk muka bumi.


    4 Menurut saya kurikulum 2013 bagu,karena dengan adanya kurikulum 2013 siswa dapat memainkan peran yang sangat penting dalam mewujudkan generasi yang handal,kreatif,inovatif,dan menjadi pribadi yang tanggung jawab.Oleh karena itu kurikulum harus disusun dan disempurnakan sesuai dengan perkembangan zaman.

    BalasHapus
  16. Nama : Indah Pratiwi
    NPM : 1202070124

    jawaban :
    1 . a. menurut saya pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan pemberdayaan potensi peserta didik menjadi kompentensi untuk membuat belajar secara aktif yang menekankan pada penyediaan sumber belajar.
    b.Pengajaran merupakan metode atau cara yang di gunakan dalam proses pendidikan untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam pendidikan.

    2. pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang lebih mengutamakan interaksi sosial siswa dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran.
    Pembelajaran terpadu adalah model pembelajaran yang materi belajarnya berkaitan, baik dalam satu disiplin ilmu maupun antar disiplin ilmu dengan kehidupan dan kebutuhan nyata para siswa, sehingga proses belajar anak menjadi sesuatu yang bermakna dan menyenangkan anak.

    3 . sesuai dengan yang saya dapatkan di internet tipe-tipe pembelajaran kooperatif sangat bnyak antara lain sebagai berikut :
    a). Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dn materinya lingkungan hidup dan cara pelestariannya.
    b). Pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Together) dan materinya komponen-komponen peta.
    c). Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan materinya pembuatan peta secara manual.
    d). Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization atau Team Accelerated Instruction) dan materinya kondisi geografis Indonesia.
    e). Model Pembelajaran Kooperatif: Think-Pair-Share dan materinya tentang pengelompokan flora dan fauna menurut zona pembagiannya
    f). Model Pembelajaran Kooperatif : Picture and Picture dan materinya pembagian zaman pra aksara.
    g). Model Pembelajaran Kooperatif : Problem Posing dan materinya tindakan ekonomi, motif ekonomi dan prinsip ekonomi.
    h). Model Pembelajaran Kooperatif : Team game Tournament (TGT) dan materinya keanekaragaman bentuk muka bumi dilautan.
    i). Model Pembelajaran Kooperatif : Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan materinya macam-macam kebutuhan manusia.
    j). Model Pembelajaran Kooperatif : Learning Cycle (Daur Belajar) dan materinya lingkungan hidup dan pelestariannya.
    k). Model Pembelajaran Kooperatif : Cooperative Script (CS) dan materinya manusia sebagai makhluk social dan makhluk ekonomi.
    l). Model pembelajaran kooperatif make a match (mencari pasangan) dan materinya peristiwa sekitar proklamasi.
    m). Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pengelompokan flora dam fauna di Indonesia.
    n). Model pembelajaran kooperatif PBL (Problem Base Learning) dan materinya Negara maju dan Negara berkembang.

    4 . kurikulum 2013 memiliki 3 aspek penialain yaitu aspek pengetahuan, aspe keterampilan, aspek sikap dan perilaku. kurikulum ini memiliki dampak positif pada sisi paradigma karna mengandung Mapel menjadi lebih bermakna dalam kehidupan sehari-hari dengan model pembelajaran tematik integratif dan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 proses pembelajaran murid aktif, guru sebgai fasilitator dan motivator semua aspek kehidupan bisa menjadi sumber belajar. di sisi negatifnya seperti proses pembelajaran menjadi leluasa tetapi ada penambahan waktu pelajaran.

    BalasHapus
  17. Nama : Maryati
    NPM : 1202070127
    1. Perbedaan Pengajaran dengan pembelajaran yaitu :
    Pengajaran adalah proses rancangan yang dilakukan untuk pencapaian target dalam interaksi belajar mengajar. Pengajaran dapat diartikan sebagai interaksi belajar dan mengajar y secara langsung antara peserta didik dengan pendidik karena disini keduanya sangat berperan penting, dengan hilangnya salah satu peran pendidik atau peserta didik maka itu akan tidak berjalan dengan yang dirancang.
    pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
    yang menjadi pembeda antara pengajaran dan pembelajaran adalah pada peran subjeknya. pada proses pengajaran, yang berperan aktif adalah guru. sedangkan pada proses pembelajaran yang berperan adalah guru dan peserta didiknya.

    2. pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang lebih terarahkan kepada kelompok guna untuk mencapai tujuan pembelajaran.
    Pembelajaran terpadu adalah proses pembelajaran yang sudah dipadu dengan materi belajarnya, baik dalam satu disiplin ilmu maupun antar disiplin ilmu dengan kehidupan peserta didik sehingga anak dapat lebih mudah memahaminya.

    3. Menurut pendapat saya, materi yang cocok digunakan pada model pembelajaran kooperatif :
    a) tipe jigsaw, materi yang cocok yaitu : letak wilayah alam Indonesia
    b) tipe STAD, materi yang cocok yaitu : keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia.
    c) tipe investigasi kelompok, materi yang cocok yaitu : keadaan iklim Indonesia.
    d) tipe pendekatan struktural, materi yang cocok yaitu : hubungan interaksi manusia dengan lingkungan.
    4. Menurut saya kurikulum 2013 yaitu kurikulum yang berbasis karakter dimana yang lebih berperan aktif yaitu spiritualnya kemudian baru disusuli oleh afektif, kognitif dan psikomotoriknya.
    Kurikulum 2013 ini mempunyai tiga aspek penilaian yaitu : afektif, kognitif dan psikomotorik. Tujuan pembaharuan kurikulum ini yaitu guna untuk mencerdaskan anak bangsa Indonesia menurut perkembangan zaman eraglobalisasi sekarang ini. Dengan terlahirnya kurikulum ini semoga proses pembelajaran menjadi sesuai dengan target pendidik dan dapat dinikmati oleh peserta didik.

    Demikianlah yang dapat saya jawab, yang pasti banyak kurangnya mohon dimaklumi karena saya masih dalam proses belajar. Semoga dapat diterima saya ucapkan terimakasih. Wassalam.

    Dosen pengasuh : Rahma, M. pd

    BalasHapus
  18. Sri Agustina Wati
    1202070141

    1. Menurut saya ; “ pembelajaran adalah kegiatan antara pendidik dengan peserta didik yang tujuannya untuk mencapai proses penyampaian materi serta terget-terget dalam pembelajaran itu sendiri, baik dalam penyampain ilmu pengetahuan, sikap, serta keterampilan peserta didik.
    Pengajaran merupakan metode atau cara yang di gunakan dalam proses pendidikan untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam pendidikan.
    Atau bahasa sederhananya ;
    Pembelajaran : interaksi antara guru dengan peserta didik.
    Pengajaran : pekerjaan yang dilakukan oleh pengajar.

    2. Menurut saya ; “ pembelajaran koorperatif merupakan ciri pembelajaran berkelompok yang terdiri dari siswa yang heterogen tujuannya agar siswa mempunyai keterampilan dalam menyelesaikan tugas secara berkelompok. Pembelajaran koorperatif ini menganut banyak model atau tipe pembelajaran yang di pakai di sesuaikan dengan kebutuhan pada saat penyampain materi.
    Pembelajaran terpadu merupakan pembelajaran yang dipadukan dari konsep, materi, mata pelajaran, bahkan sikap dan perilaku terkait yang dijadikan suatu tema, dan tema-tema tersebut tidak dipilih-pilih antar bidang studi.

    3.Tipe2 pembelajaran , tipe jigsaw, materi yg digunakn materi pelajajaran dalam teks, tipe STAD, materinya model pembelajaran dimana peserta didik belajar & bekerja sama dalam memecahkan satu masalah, tipe investigasi kelompok, materi yang di gunakan model pembelajaran bermula dari perspektif filosofis terhadap konsep belajar. Tipe pndekatan struktural.

    4. didalam kurikulum 2013 jenjang anak Sd saja sudah memiliki bobot pengetahuan sebanyak 20% dan 80%, keterampilan anak didik meningkat. Sikap dan perilaku juga dinilai oleh guru , ini sangat membantu anak didik untuk menambah keyakinan belajar dan berkarya

    BalasHapus
  19. Nama :evi safrina
    Npm :1202070122

    1).pembelajaran merupakan suatu proses untuk perubahan perserta didik untuk pengetahuan,keterampilan,dan sikap yang baik untuk mendapai tujuan belajar. Pembelajaran jugameruopakan suatu proses pendidikan dengan mengikuti tiori-tiori yang di berikan. Sedangkan pengajaran merupakankegiatan dalam suatu proses mengajar yang dilakukan oleh guru untuk memberikan ilmu kepada pesaerta didik nya, guru sanagat berperan aktif karena keberhasialan anak didik sangat bergantuk pada guru.

    ”2).pembelajaran kooperatif merupakan istilah umum untuk sekumpulan strategi pengajaran yang dirancang untuk mendidik kerja sama kelompok dan interaksi antarsiswa. Tujuan pembelajaran kooperatif setidak-tidaknya meliputi tiga tujuan pembelajaran, yaitu hasil belajar akademik, penerimaan terhadap keragaman, dan pengembangan keterampilan sosial.
    Pembelajaran terpadu adalah pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa bidang studi untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada anak. Dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran terpadu,anak akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari itu melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan
    konsep lain yang sudah mereka pahami.

    3).tipe pembelajaran kooperatif
    1. Pembelajaran Kooperatif Jigsaw.materinya:cuaca dan iklim
    2. Pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Together).materinya:kemiskinan
    3. Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions).materinya: persebaran flrora dan fauna
    4. Pembelajaran Kooperatif Tipe investigati kelompok.materinya:peta,atlas,globe
    4).menurut saya, kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang dapat membuat siswa aktif dalam memecahkan masalah karena dalam kurikulum ini siswa di suruh untuk berpikir aktif atau kritis tentang yang telah diperlihatkan oleh guru tanpa dijelaskan terlebih dahulu.



    BalasHapus
  20. YUSNIAR
    1202070146
    Perbedaan Pengajaran dengan pembelajaran yaitu :
    Pengajaran adalah proses rancangan yang dilakukan untuk pencapaian target dalam interaksi belajar mengajar. Pengajaran dapat diartikan sebagai interaksi belajar dan mengajar y secara langsung antara peserta didik dengan pendidik karena disini keduanya sangat berperan penting, dengan hilangnya salah satu peran pendidik atau peserta didik maka itu akan tidak berjalan dengan yang dirancang.
    pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
    yang menjadi pembeda antara pengajaran dan pembelajaran adalah pada peran subjeknya. pada proses pengajaran, yang berperan aktif adalah guru. sedangkan pada proses pembelajaran yang berperan adalah guru dan peserta didiknya.

    2. pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang lebih terarahkan kepada kelompok guna untuk mencapai tujuan pembelajaran.
    Pembelajaran terpadu adalah proses pembelajaran yang sudah dipadu dengan materi belajarnya, baik dalam satu disiplin ilmu maupun antar disiplin ilmu dengan kehidupan peserta didik sehingga anak dapat lebih mudah memahaminya.

    3. Menurut pendapat saya, materi yang cocok digunakan pada model pembelajaran kooperatif :
    a) tipe jigsaw, materi yang cocok yaitu : letak wilayah alam Indonesia
    b) tipe STAD, materi yang cocok yaitu : keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia.
    c) tipe investigasi kelompok, materi yang cocok yaitu : keadaan iklim Indonesia.
    d) tipe pendekatan struktural, materi yang cocok yaitu : hubungan interaksi manusia dengan lingkungan.
    4. Menurut saya kurikulum 2013 yaitu kurikulum yang berbasis karakter dimana yang lebih berperan aktif yaitu spiritualnya kemudian baru disusuli oleh afektif, kognitif dan psikomotoriknya.
    Kurikulum 2013 ini mempunyai tiga aspek penilaian yaitu : afektif, kognitif dan psikomotorik. Tujuan pembaharuan kurikulum ini yaitu guna untuk mencerdaskan anak bangsa Indonesia menurut perkembangan zaman eraglobalisasi sekarang ini. Dengan terlahirnya kurikulum ini semoga proses pembelajaran menjadi sesuai dengan target pendidik dan dapat dinikmati oleh peserta didik.

    Demikianlah yang dapat saya jawab, yang pasti banyak kurangnya mohon dimaklumi karena saya masih dalam proses belajar. Semoga dapat diterima saya ucapkan terimakasih. Wassalam.

    Dosen pengasuh : Rahma, M. pd

    Balas

    BalasHapus
  21. Nama : EDI AMIN
    NPM :1202070156

    Jawaban :

    1. Pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara siswa dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan seorang guru agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada siswa. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu siswa agar dapat belajar dengan baik. Pembelajaran adalah usaha sadar dari guru untuk membuat siswa belajar, yaitu terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa yang belajar.
    Pengajaran adalah mengajar atau mengajarkan atau mentransfer ilmu. Dengan demikian pengajaran diartikan sama dengan perbuatan belajar (oleh siswa) dan Mengajar (oleh guru). Kegiatan belajar mengajar adalah satu kesatuan dari dua kegiatan yang searah. Kegiatan belajar adalah kegiatan primer, sedangkan mengajar adalah kegiatan sekunder yang dimaksudkan agar terjadi kegiatan secara optimal.
    2. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok saling bekerja sama. Setiap siswa yang ada dalam kelompok mempunyai tingkat kemampuan yang berbeda-beda (tinggi, sedang dan rendah) dan jika memungkinkan anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku yang berbeda serta memperhatikan kesetaraan gender.
    Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan pemaduan itu siswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa atau dapat memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung yang menghubungkan antar konsep dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran.
    3. Materi pelajaran Ips yang cocok digunakan pada model pembelajaran kooperatif sebagai berikut :
    a. Tipe jigsaw, materi cocok untuk mengkaji tentang letak wilayah dan pengaruh bagi keadaan alam.
    b. Tipe STAD, materi cocok untuk mengkaji keanekaragaman tumbuhan dan hewan dan bentang alam di indonesia.
    c. Tipe investigasi kelompok, materi cocok untuk masalah kejadian fenomena-fenomena alam dan keadaan iklim indonesia.
    d. Tipe pendekatan struktural, materi cocok mengkaji tentang dinamika interaksi manusia dengan lingkungan didalam kehidupan sehari.
    4. Sepengetahuan saya, tentang Kurikulum 2013 di sisi positifnya yaitu:
    a. Mata pelajaran menjadi lebih maknawi dalam kehidupan sehari-hari dengan model pembelajaran tematik integratif dan pendekatan saintifik.
    b. Proses pembelajaran murid aktif, guru sebagai fasilitator maupun motivator, semua aspek kehidupan bisa menjadi sumber pembelajaran, serta melahirkan manusia pembelajar.
    c. adalah yaitu memiliki tiga aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek sikap dan perilaku.
    Disisi negatifnya adalah :
    a. Didalam proses pembelajaran ada penambahan jam mengajar.
    b. Ketidaksiapan guru karena terkesan mendadak, tematik lebih cocok diterapkan di kelas dasar, tidak memperhatikan konteks sosiologis keindonesiaan.

    BalasHapus
  22. JAWABAN TUGAS
    NAMA : TISAPURA
    NPM : 1202070144
    1. Menurut saya ; “ pembelajaran adalah kegiatan antara pendidik dengan peserta didik yang tujuannya untuk mencapai proses penyampaian materi serta terget-terget dalam pembelajaran itu sendiri, baik dalam penyampain ilmu pengetahuan, sikap, serta keterampilan peserta didik.
    Pengajaran merupakan metode atau cara yang di gunakan dalam proses pendidikan untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam pendidikan.
    Atau bahasa sederhananya ;
    Pembelajaran : interaksi antara guru dengan peserta didik.
    Pengajaran : pekerjaan yang dilakukan oleh pengajar.

    2. Menurut saya ; “ pembelajaran koorperatif merupakan ciri pembelajaran berkelompok yang terdiri dari siswa yang heterogen tujuannya agar siswa mempunyai keterampilan dalam menyelesaikan tugas secara berkelompok. Pembelajaran koorperatif ini menganut banyak model atau tipe pembelajaran yang di pakai di sesuaikan dengan kebutuhan pada saat penyampain materi.
    Pembelajaran terpadu merupakan pembelajaran yang dipadukan dari konsep, materi, mata pelajaran, bahkan sikap dan perilaku terkait yang dijadikan suatu tema, dan tema-tema tersebut tidak dipilih-pilih antar bidang studi.

    3. Menurut yang saya browsing di internet, banyak tipe pembelajaran koorperatif, materi yang dapat di pelajari mis; tentang potensi dan pembagian SDA. Di sini saya akan membahas 2 model pembelajaran yang saya mengerti dan pahami ;
    STAD (Student Teams Achievement Division)
    Pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini siswa dikelompokkan ke dalam kelompok kecil yang disebut tim. Kemudian seluruh kelas diberikan presentasi materi pelajaran. Siswa kemudian diberikan tes. Nilai-nilai individu digabungkan menjadi nilai tim. Pada model pembelajaran kooperatif tipe ini walaupun siswa dites secara individual, siswa tetap dipacu untuk bekerja sama untuk meningkatkan kinerja dan prestasi timnya.
    JIGSAW
    Tujuan diciptakannya tipe model pembelajaran kooperatif Jigsaw ini adalah untuk meningkatkan rasa tanggungjawab siswa terhadap belajarnya sendiri dan juga belajar anggota kelompoknya yang lain. Mereka diminta mempelajari materi yang akan menjadi tanggungjawabnya, karena selain untuk dirinya, ia juga harus mengajarkan materi itu kepada anggota kelompoknya yang lain. Pada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ini ketergantungan antara siswa sangat tinggi. Setiap siswa dalam model pembelajaran kooperatif ini adalah anggota dari dua kelompok, yaitu (1) kelompok asal (home group) dan (2) kelompok ahli (expert group). Kelompok asal dibentuk dengan anggota yang heterogen. Di kelompok asal ini mereka akan membagi tugas untuk mempelajari suatu topik. Setelah semua anggota kelompok asal memperoleh tugas masing-masing, mereka akan meninggalkan kelompok asal untuk membentuk kelompok ahli. Kelompok ahli adalah kelompok yang terbentuk dari anggota-anggota kelompok yang mempunyai tugas mempelajari sebuah topik yang sama (berdasarkan kesepakatan mereka di kelompok asal). Setelah mempelajari topik tersebut di kelompok ahli, mereka akan kembali ke kelompok asal mereka masing-masing dan saling mengajarkan topik yang menjadi tanggungjawab mereka ke anggota kelompok lainnya secara bergantian.

    4. Pendapat saya “ kurikulum 2013 ini sudah banyak hal positif di dalam nya yang bisa kita ambil, misalnya dari penilaian karakteristik, serta interaksi orang tua yang pada kurikulum sebelumnya tidak ada. Pada kurikulum ini siswa di tuntut untuk lebih aktif dalam mencari isi materi yang sub nya telah di berikan oleh guru, tugas guru di sini adalah sebagai fasilitator dan membimbing saya dalam memecah kan permasalahan yang ada. Guru harus lebih aktif dalam mempersiapkan media yang akan di pakai untuk suatu materi. Jika kerjasama ini terjalin dengan sinkron maka hasil yang di peroleh akan lebih maksimal.
    Di samping itu juga pasti ada kekurangan atau kelemahan yang harus kita perhatikan dan perbaiki bersama guna memperbaiki kualitas di negeri kita ini.

    BalasHapus