Assalamu`alaikum...... Welcome to Wahana Education : "Smart - Creative - Exciting - Fun"

H O M E

Senin, 05 Desember 2011

Tgs. Landasan Pendidikan (2)

Menurut Pendapat anda :
  1. Apa permasalahan pendidikan Indonesia saat ini ! apa solusi atau saran yang anda berikan selaku insan yang terlibat langsung dalam dunia pendidikan
  2. Mengapa pendidikan di suatu negara harus berlandaskan hukum dan landaskan filsafat
  3. Apa definisi dari Imitasi; Sugesti; Identifikasi; dan Simpati
  4. Apa landasan psikologi berpengaruh pada proses belajar mengajar (PBM)

Tugas Paling Lambat selesai 
Tanggal 12 Des 2011 Jam 17.00 WIB


Jawaban yang sama tidak akan DINILAI

26 komentar:

  1. nama : maghfirah
    nim : 1002030227
    prody : biologi
    b.study : landasan pendidikan

    1. masalah pendidikan di indonesia sangat menyedihkan alasannya karena indonesia mempuyai ilmu sedikit dan tidak sanggup untuk bersaing dengan negara lain, dan indonesia berada pada urutan terakhir dalam pendidikan dengan negara lain, masalahnya yaitu kurangnya sarana dan prasarana, mahalnya biaya pendidikan, keprofesionalan guru sangat rendah, dan porensi siswa yang rendah akibat malas belajar...
    solusinya yaitu bagaimana caranya agar indonesia bisa menjadi lebih baik dari pada negara lain tentang pendidikan, bermutu dan berkualitas sehingga berwibawa untuk indonesia itu sendiri...

    2. karena dengan adanya landasan hukun dan landasan filsafat manusia bisa memenuhi peraturan, acuan, petunjuk, pedoman yang di adakan melalui hukum pemerintah untuk di laksanakan dalam kehidupan bernegara...
    filsafat mempelajari sesuatu hal yang di mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki, maksudnya pemikiran manusia secara mendalam dan di sempurnakan secara lebih sempurna lagi dari sebelumnya itu, atau filsafat ilmu kebijaksanaan...
    3. imitasi yaitu meniru orang lain mulai dari sikaf, tingkah laku, gaya dan cara berfikir, penampilan, keterampilan, dan serta kemampuan...
    segesti yaitu mempengaruhi seseorang atas suatu pandangan, pemahaman, sikaf dan keadaan tidak berfikir rasional, berwibawa, dihormati dan dikagumi...
    simpati yaitu ketertarikan seseorang kepada orang lainyang seolah olah merasakan perasaan orang lain...
    identifikasi yaitu ingin jadi seperti orang lain baik disengaja maupun di sengaja...
    4. spikologi yaitu ilmu jiwa, yang berarti mempelajari tentang prilaku individu dalam berinteraksi dengan lingkungan...

    BalasHapus
  2. endang magdalena6 Des 2011, 14.08.00

    nama : endang magdalena
    nim : 1002030229
    prody : biologi
    b.study : landasan pendidikan

    1. kualitas pendidikan di idonesia saat ini sandatlah memperhatikan, indonesia memiliki daya saing yang rendah, kualitas pendidikan di indonesiapun saat ini sangat menurun, itu di karenakan rendahnya sarana fisik, rendahnya sarana berkualitas buruk, rendahnya kesejahteraan umum, rendanya prestasi siswa dan mahalnya biaya pendidikan, solusinya di indonesia harus meningkatkan mutu belajaragar pendidikan di indonesia tidak menurun dan mutu pendidikan di indonesia bis meningkat. saran kita sebagai penerus bangsa harus belajar dengan baik agar kita bisa meningkatkan pendidikan di indonesia untuk lebih maju.
    2. landasan hukum di dalam negara tidak ada orang bisa bersikaf seenaknya, dan berbuat sesuka hatinya, sedangkan landasan hukum itu adalah pedoman atau peraturan-peraturan yang di buat oleh suatu negara dan di pakai oleh semua pihak sedangkan landasan pilsafat yaitu pedoman seseorang dalam mempelajari sesuatu penomene kehidupan manusia sampai tuntas dan ke akar akarnya.
    3. imtasi adalah meniru orang lain mulai dari sikap, prilaku, gaya, cara berfikir, penampilan, kterampilan, dan kemampuan.
    sugesti adalahn mempengaruhi seseorang atas suatu pandangan, pemahaman sikaf dalam keadaan tidak berfikir raional, beribawa dan sopan,
    simpati adalah ketertarikan seseorang kepada orang lain yang seolah olah merasakan apa yang di rasakan orang lain itu,
    identifikasi adalah ingin menjadi seperti orang lain baik yang di sengaja maupun tidak disengaja.
    4. dalam belajar mengajar landasan fsikologis sangat berpengaruh karena landasan fsik0ologi mempelajari tentang prilaku individu dalam berinteraksi seksama lingkungan.......

    BalasHapus
  3. Nama :Silfia putri
    Nip :1002030231
    prodi :Biologi



    1)Sulit sekali untuk membahas permasalahan yang ada di negara indonesia,ditengah-tengah persaingan yang semakin meningkat.salah satunya guru yang tidak profesional dalam menjalankan kewajibannya sebagai peserta didik,kurangnya sarana dan prasarana yang sangat berpengaruh terhadap terlaksananya sistem pendidikan di indonesia.sebab baik tidaknya generasi tergantung pada guru.

    solusi

    1.melakukan peninjauan terhadap guru agar lebih bertanggung jawab terhadap profesinya sbg guru.
    2.tingkatkan sistim perekonomian di indonesia agar pengangguran berkurang.
    3.basmi koruptor yg slalu bebes diluarsana.hari gini...masih ngomong korupsi...Capeee..deh.dll


    2) Sebelumnya,kita harus tau duluapa arti dari landasan hukum,ialah pedoman/peraturan dalam suatu negara yg telah disepakati oleh semua pihak yang sudah di cantum dalam UUD 1945.karna kalau tidak ada landasan hukum suatu negara masyarakat akan sewenang-wenang dalam melakukan semua kegiatan apa saja,tanpa memikirkan apa yang akan terjadi,
    contoh: dalam dunia pendidikan.
    Yang telah di jabarkan dalam UUD1945 No.20 tahun 2003.tentang pendidikan,yang intinya menjelaskanmengembangkan kemampuandan membentuk watak peradaban bangsa agar beriman kepada Tuhan yang maha Esa.begitu juga dengan landasan filsafat karena tampa adanya pengetahuan atau petunjuk dalam menghadapi fenomena dalam kehidupan yang sudah di susun dalam konsep yang dikupas sampai ke akar2 nya.



    3)IMITASI : meniru / mencontoh sikap seseorang,prilaku,keterampilan,gaya hidup orang lain untuk ditiru.

    *SIMPATI : menyukai/ merasa kagum terhadap orang lain yang se akan-akan kita mengerti perasaan orang tersebut.

    *SUGESTI :mempengaruhi seseorang atas sesuatu permasalahan tampa berfikif rasional.baik berupa pandangan,bahkan permohonan.

    *IDENTIFIKASI : meniru sesuatu/seseorang yang mendalam,sampai sama orang lain,baik di sengaja ataupun tidak.



    4)Sebelumnya,kita harus tau dulu,apa arti dari psiskologi itu sendiri,Psiskologi ialah ilmu yang mempelajari tentang prilaku seseorang individu dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
    Otomatis sangat berpengaruh.karna tujuan dari belajar mengajar yaitu untuk membentuk prilaku /watak peserta didik dalam pergaulan dengan lingkungan yang baik baik dalam sistem pendidikan agar mempermudah kita dalam mewujudkan cita2 bangsa indonesia.

    BalasHapus
  4. nama : nurul akma
    nim :1002030226
    prodi:biologi
    b.studi:landasan pendidikan

    1.pada saat ini permasalahan pendidikan saat ini adalah kurangnya kualitas pendidikan yang memprihatinkan,apalagi yang kit tau semakin hari mutu pendidikan semakin menurun.
    khususnya diindonesia memiliki daya saing yang sangat rendah dibandingkan dinegara-negara yang lain.ini dikarenakan rendahkan sarana fisik yang kita dapatkan,rendahnya sarana kualitas buruk,rendahnya kesejahteraan umum prestasi siswa,mahalnya biaya pendidikan.
    karena beberapa faktor inilah indonesia semakin hari semakin memprihatinkan dalam mutu pendidikan saat ini.
    solusi:-tingkatkan mutu proses belajar mengajar didndonesia,agar indonesia tidak jauh ketinggalan dengan negara-negara yang lain.
    -mendidik para guru agar lebih terampil dalam mengajar.
    -memberi beasiswa bagi siswa yang kurang mampu.
    saran:seharusnya pemerintah lebih lebih memperhatikan lagi mutu pendidikan diindonesia.


    2.jika tidak ada landasan hukum didalam suatu negara,maka manusia akan bersikap sewenang-wenang,tidak memperdulikan orang lain,yang penting hidupnya senang.
    sedangkan yang kita tawu landasan hukum itu sendiri adalah pedoman atau peraturan-peraturan yang dibuat oleh suatu negara yang telah disepakati semua pihak.
    sedangkan landasan filsafat adalah petunjuk atau pedoman seseorang dalam mempelajari suatu fenomena kehidupan sampai keakar-akarnya.

    3.-imitasi:meniru orang lain mulai dari sikap,prilaku,gaya cara berfikir,penampilan,ketrampilan,dan kemampuan.
    -sugesti:mempengaruhi seseorang atas suatu pandangan,pemahaman sikap dalam keadaan tidak berfikir rasional,beribawa,dihormati dan dikagumi.
    -simpati:ketertarikan seseorang kepada orang lain yang seolah-olah merasakan perasaan orang lain.
    -identifikasi:ingin jadi seperti orang lain,baik disengaja maupn tidak disengaja.

    4.spikologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan,prilaku individu dalam beriteraksi dengan lingkungannya.
    *sangat berpengaruh itu disebabkan karena tujuan kita mempelajari spikologi itu untuk membentuk prilaku,karakter peserta didik kita agar menjadi manusia yang berguna bagi agama,diri sendiri,nusa dan bangsa yang kaya akan mutu pendidikan.

    BalasHapus
  5. Nama : Zakiaton
    Npm : 1002030218
    Prodi & Semester : Biologi & III

    1.Menurut saya permasalahan pendidikan di Indonesia saat ini yaitu kurangnya sarana dan prasana pendidikan yang mendukung, di tambah lagi minimnya guru yang berprestasi.

    Solusinya ialah dengan meningkatkan sarana pendukung seperti menghidupkan pustaka keliling,meningkatkan mutu guru yang berprestasi dan yang paling utama yaitu dukungan pemerintah untuk mengalakkan pendidikan 12 tahun.

    2.Menurut saya mengapa pendidikan di suatu negara harus berlandaskan hukum dan landasankan filsafat karena setiap negara memiliki landasan hukum masing-masing dan memiliki mutu pendidikan yang berbeda-beda.

    3.Definisi dari Imitasi; Sugesti; Identifikasi; dan Simpati ialah sbb :
    •Imitasi yaitu meniru karakter orang lain.
    •Sugesti yaitu mempengaruhi jalan fikir seseorang.
    •Identifikasi adalah membuat karakter yang mendalam sehingga ingin menjadi sama dengan pihak lain baik secara disengaja maupun tanpa disengaja.
    •Simpati adalah ketertarikan seseorang kepada orang lain yang seolah-olah merasakan perasaan orang lain.

    4.Apa landasan psikologi berpengaruh pada proses belajar mengajar (PBM) dalam proses belajar mengajar landasan fsikologis sangat berpengaruh karena landasan fsik0logi sangat menentukan kenyamanan dalam beajar.

    BalasHapus
  6. Nama : Nurleni
    Npm : 1002030238
    prodi : biologi


    1 .menurut saya,pada saat ini permasalahan pendidikan saat ini adalah kurangnya kualitas pendidikan yang memprihatinkan, apalagi yang kita tau semakin hari mutu pendidikan semakin menurun.
    khususnya diindonesia memiliki daya saing yang sangat rendah dibandingkan dinegarasnegara yang lain. Karena sarana dan prasarana tidak mendukung di Negara kita, fisik yang kita dapatkan,rendahnya sarana kualitas buruk,.
    sarena sebenar nya faktor inilah indonesia semakin hari semakin memprihatinkan dalam mutu pendidikan saat ini
    solusi :tingkatkan mutu proses belajar mengajar didndonesia,agar indonesia tidak jauh ketinggalan dengan negara-negara yang lain.
    saran :seharusnya pemerintah lebih memperhatikan lagi mutu pendidikan diindonesia.


    2.karena tanpa adanya landasan hukum dalam suatu Negara masyarakat akan sewenang-wenang,tidak memperdulikan orangg hidupnya senang,
    sedangkan yang kita tau landasan hukum itu sendiri adalah pedoman atau peraturan-peraturan yang dibuat oleh suatu negara yang telah disepakati semua pihak.
    sedangkan landasan filsafat adalah petunjuk atau pedoman seseorang dalam mempelajari suatu ( fenomena dalam kehidupan).

    3.-imitasi: meniru orang lain mulai dari sikap ,prilaku ,gaya cara berfikir,penampilan,ketrampilan,dan kemampuan.
    -sugesti: mempengaruhi seseorang atas suatu pandangan,pemahaman sikap dalam keadaantidak berfikir rasional,beribawa,dihormati dan dikagumi.
    -simpati: ketertarikan seseorang kepada orang lain, seolah-olah merasakan perasaan orang lain.
    -identifikasi: imitasi yang mendalam sebagai ingin menjadi sama dengan pihak lain yang secara sengaja maupun tidak.

    4. spikologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan,prilaku individu dalam beriteraksi dengan lingkungannya.
    -sangat berpengaruh itu disebabkan karena tujuan kita belajar dan mengaji yaitu untuk membentuk watak atau prilaku seseorang dalam pergaulan baik dalam system kependidikan maupun cara- cara kita berinteraksi yang baik dengan lingkugan agar mempermudahan kita dalam menjadikan generasi baru lebih berahlak mulia .

    BalasHapus
  7. Nama :Yunita Faznawaty
    Npm :1002030239
    Prodi :Biologi

    1.Menurut pandangan saya,
    Kondisi dunia pendidikan di Indonesia sangat memprihatinkan bagi kita semua selaku pemerhati bangsa.
    Tentu sangat tragis ketika pemerintah telah mengalokasikan APBN sebanyak 20% bagi perkembangan dunia pendidikan,namun masih banyak sekali kita jumpai ketimpangan -ketimpangan dari alokasi anggaran tersebut.
    Hal ini tampak pada rendahnya kesejahteraan Guru,rendahnya prestasi siswa,infratruktur minim,dan masih mahalnya biaya pendidikan sehingga posisi kualitas pendidikan Inonesia berada pada digit 111 dari 177 negara.
    SOLUSI: aspek -aspek fundamental pendidikan di Indonesia harus segera di selesaikan dan lebih tersistem dengan baik dan tepat.

    2. Menurut pemikiran saya;
    Ketika kita menjalankan suatu institusi apapun itu bentuknya,aspek fundamental utama yang harus di lakukan ialah mencari landasan hukum dan filsafat, yang mana aspek inilah yang mampu memberikan tolak ukur dan acuan dasar yang terstandarisasi bagi institusi terkait.
    Dengan aspek ini,institusi lebih terprogram dan memiliki kekuatan kompetitif.

    3.Imitasi yaitu proses sosial atau tindakan seseorang untuk meniru orang lain, baik sikap penampilan, gaya hidupnya, bahkan apa-apa yang dimilikinya.

    Indentifikasi adalah upaya yang dilakukan oleh seorang individu untuk menjadi sama (identik) dengan individu lain yang ditirunya.

    Sugesti adalah rangsangan, pengaruh, stimulus yang diberikan sesorang individu kepada individu lain sehingga orang yang diberi sugesti menuruti atau melaksanakan tanpa berpikir kritis dan rasional.

    Simpati adalah proses kejiwaan , dimana seorang individu merasa tertarik kepada seseorang atau kelompok orang, karena sikapnya, penampilannya, wibawanya atau perbuatannya yang sedemikian rupa.

    4.Menurut pemikiran saya:
    Psikologi sangat berpengaruh sekali pada proses belajar mengajar(PBM), hal ini di karenakan:
    Psikologi merupakan suatu pola pemikiran seseorang baik itu kognitif dan motorik seseorang,yang mana ketika seseorang berada pada kondisi Psikologi yang prima dan dapat berfikir secara rasional,maka kegiatan Proses Belajar Mengajar akan menjadi lebih efektif dan efisien. Nanmun ketika individu seseorang berad pada tingkat Psikologi Irrasional,maka kegiatan Proses Belajar Mengajar menjadi sedikit terganggu.

    BalasHapus
  8. NAMA:HAJATUL HUSNA
    PRODI:BIOLOGI
    NPM:1002030215
    1 kurang optimal sistem pelakasanaan pendidikan,sulitnya menyediakan guru ber kopetensi dan mempunyai skiil yg tinggi,kurang sadar nya masayrakat terhadap pentingnya pendidikan untuk generasi mendatang
    Solusi nya:sebaiknya kita sebagai calon guru mempersiapkan dengan baik bagaimana menjadi guru yg memiliki skiil yg tinggi dan juga memberi gambaran terhadap masyarakan kita agar menilai bahwa pendidikan itu penting,
    2,karena dengan adanya landasan hukum dan filsafah pendidikan akan lebih maju karena kita dan ketahui bahwa hukum adalah peraturan pemerintah yang harus kita patuhi dan kita taati seperti UU.NO 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan di indonesia”pendidikan nasional berfungsi i mengembangkan kemampuan dan membetuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalm rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yg beriman dan taqwa kpda ALLAH yang MAHA ESA.bra ahklah mulia,sehat,berilmu,cakap,kreatif,mandiri,dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab
    Sedangkan filsafah adalah pandangan hidup seseorang yang merupakan konseb yang mendasar

    b.simpati(ketertarikan pada sesuatu)
    c.sugesti(cara mempegaruhi seseorang)an,
    d.identifigasi(memeriksa mencari tau sesuatu yang ingin di ketahui)
    4,terlebih dahulu apapsikolosi itu sendiri,psikologi adlh ilmu yang mengenai mental,pemikir dan tingkah laku,dengan begitu definisi psikologi sangat berpegaruh terhadap proses belajar mengajar (PMN) karena apabila proses belajar mengajar tidak ada mental dan skiil yang cukup maka proses belajar mengajar akan terbengkalai dan jalan di tempat,maka apabila ada sejumlah guru yg skiil nya kurang maka pendidikan indonesia akan jalan di tempat atau sebalik nya maka pendidikan akan maju,

    BalasHapus
  9. Nama : Ratna Mutia
    Prody : Biologi
    Npm : 1002030225
    Semester III

    1. Pendidikan Indonesia saat ini masih sangat kurang, masih sangat perlu perhatian dari segi manapun, dan masih jauh tertinggal dari negara luar, seperti masih banyak anak-anak bangsa yang tidak mau bersekolah oleh karena itulah kita harus lebih memerhatikannya karenaitu adalah salah satu penyebab mundurnya pendidikan di Indonesia, maka solusinya adalah dengan cara masing-masing individu bahwa pendidikan itu sangat penting bagi masa depannya. Jika dari segi pemerintah cobalah memperhatikan pendidikan kita terlebih di daerah- daerah terpencil.

    2. Pendidikan emang harus berlandaskan hukum, karena jika tidak begit pendidikan tidak akan berjalan dengan lancar dan teratur sesuai dengan peraturan-peraturan yang ada, semua orang dapat melakukan tindakan yang melanggar hukum terlalu banyak, jika berlandaskan filsafat memang harus menurut hukum yang berlaku, karena seseorang harus memecahkan persoalan-persoalan dengan tuntas caranya yaitu dengan cara pemikiran filsafat.

    3. Imitasi adalah meniru dari orang lain dari segala hal
    Simpati adalah perasaan kasihan terhadap sesamanya
    Sugesti adalah mempengaruhi seseorang dengan perintah apapun yang kita suruh, diman orang tersebut berada di luar kesadaran (fikirannya)
    Indentifikasi adalah memastikan masalah yang ada.

    4. Psikologi sangat penting bagi pendidikan kita karena psikologi adalah ilmu kejiwaan yang berarti ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan anak, dengan ilmu psikologi kita dapat mengerti bagaiman keadaan siswa tersebut.

    BalasHapus
  10. Nama : Dewi yani
    Npm : 1002030235
    Prodi&smstr : Biologi&III


    1. Menurut saya permasalahan pendidikan di Indonesia saat ini sangat berstandar kopetensi,karena dari pemerintahan sudah banyak membangun sekolah-sekolah bahkan sampai dan kepolosok-pelosok mulai dari paud sampai keperguruan tinggi saat ini cukup berkembang di Indonesia.

    Solusinya : - Guru-guru yang kurang profesional(meninjau)

    2.Karena terbentuknya pendidikan di suatu negara di dasari oleh hukum-hukum yang telah di terapkan dalam suatu negara.Dan hukum landasan filsafat merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan kinerja guru dan mutu pendidikan di suatu negara.Tanpa adanya hukum landasan filsafat pendidikan tidak dapat di tegakkan dalam suatu negara karena hukum landasan filsafat dan pendidikan merupakan dua unsur yang saling mendukung.

    3.-imitasi : proses sosial atau tindakan dalam meniru orang lain,baik itu sikap maupun prilaku seseorang.

    -simpati : rasa kasih atau setuju kepada seseorang dan kesudian hati kepada orang lain.

    -sugesti : anjuran atau perintah maupun saran yang dapat menggerakkan hati seseorang.

    -identifikasi : upaya yang dilakukan oleh seorang individu untuk menjadi sama dengan individu lain yang di tirunya.

    4.kalau menurut saya sangat berpengaruh karena spikologi itu mengenai prilaku,mental serta pemikiran yang menyelidikan terhadap organisme atau individu dalam segala ragam dan kerumitannya ketika mereaksi arus dalam perubahan alam sekitar serta peistiwa-peristiwa kemasyarakatan yang mengubah lingkungan.Jadi tanpa spikolog tersebut proses belajar mengajarpun takkan berjalan dengan lancar,dikarnakan belajar mengajar itu adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang fundamental dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

    BalasHapus
  11. Riski Asrianda9 Des 2011, 15.31.00

    Nama : Rizki Asrianda
    Prody : Biologi
    Npm : 1002030216
    Semester III
    1. – Kurang peduli dari pemerintah daerah,
    - Sarana dan prasarana sekolah yang tidak memadai
    - Rumah sekolah yang tidak layak di pakai
    - Kurang peduli dengan guru honorer
    - Masih banyak anak bangsa indonesia yang belum punya seragam sekolah
    - Masih sangat banyak kekurangan masalah pendidikan di indonesia tidakj dapat kita hitung satu persatu.

    2. Karena tanpa adnya landasan hukum negara ini tidak bejalan seperti sekarang, dan masyarakat pun bisa semena-menadalam bertindak kriminal, apalagi tanpa adnya aturan- aturan yang sudah di sepakati.
    Contoh :
    Dalam pendidikan sekarang tanpa ada hukum apa jadinya anak didik bangsa ini.
    Sedangkan landasan filsafat : renungan atau petunjuk seorang dalam sesuatu hal yang mempelajari fenomena0-fenomena kehidupan seseorang yang bisa di serapkan dalam konsepnya.
    3. Imitasi adalah : prilaku orang lain yang kita tiru-tiru dalam tingkah lakunya atau dari segala hal
    Simpati adalah :rasa menarik kita terhadap seseorang yang kita kagumkan
    Sugesti adalah membawa kita kedalam alam bawah sadar kita(mengosongkan fikiran kita)
    Identifikasi : mencari tau tentang identitas atau informasi seseorang.

    4. Kita harus tau dulu psikologi itu adalah ilmu yang mempelajari tentang sikap atau prilaku seseorang, baik terserat maupun tersurat.
    a. Apalalagi dalam pendidikan sekarang sangat berpengaruh dalam kita mengajar kita harus tau dulu watak seseorang anak dalam pergaulan ataupun cara dia berinteraksi dengan lingkungannya.

    BalasHapus
  12. Nama : Lina susiana
    NPM : 1002030220
    Prodi : Biologi


    1. Permasalahan adalah : kurang nya perhatian pemerintah kita akan dunia pendidikan, kualitas siswa masih rendah, kurang nya pengajar yang profesional, mahal nya biaya pendidikan sehingga tidak terjangkau oleh masyarakat miskin, rendah nya kualitas SDM, dan sistem pendidikan yang kita gunakan, kurang nya sarana dan prasarana, kesejahteraan guru masih kurang.
    Solusinya : agar pemerintah lebih memperhatikan tentang dunia pendidikan dan menyelesaikan masalah pendidikan dengan langkah atau tindakan yang sifat nya yang menyeluruh dan merata.

    2. Karna semua peraturan yang dibuat oleh pemerintah telah ada hukum nya semua, dan kita sebagai warga yang baik harus mentaati hukum yang telah dibuat dan jika tidak berlandaskan hukum negara ini tidak ada berjalan dengan lancar dan begitu pun juga dalam dunia pendidikan yang telah ditetapkan dalam UUD 1945.
    Berlandaskan filsafat : landasan yang berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan itu sendiri yang berusaha menelaah atau mengupas masalah-masalah pokok yang terkandung dalam dunia pendidikan.

    3. ¬- imitasi adalah mencontoh atau suka mengikuti gaya hidup seseorang tentang apa yang dilakukan nya.
    - sugesti adalah mengajak seseorang atau individu untuk mengikuti pemikiran nya.
    - simpati adalah kagum akan kepribadian seseorang.
    - identifikasi adalah mengikuti gaya atau karakter seseorang yang di sukai.
    4. sangat berpengaruh karena psikologi itu sendiri mempelajari prilaku manusia dan jiwa
    seseorang. Bagaimana jika seorang pendidik tidak berbekal landasan psikologi di diri nya
    sendiri dia tidak akan bisa memahami atau mengerti karakter atau sifat dari anak didik nya
    sendiri, jika saat proses belajar mengajar anak didik nya dalam keadaan bermasalah, peran
    pendidik harus bisa memberi pengaruh atau pendapat untuk membantu memecah kan
    masalah dari anak didik tersebut.

    BalasHapus
  13. Nama : Rina Astuti
    Prody : Biologi
    Npm : 1002030233
    Semester III
    1. Pendidikan di Indonesia saat ini sangat tidak mendukung apalagi kita lihat sekarang banyak guru yang tidak profesional dan juga belum meratanya pendidikan di daerah-daerah kita. Banyak maslah yang kita hadapi sebagai warga indonesia yang terlibat.
    2. Kita harus tau dlu apa itu landasan, landasan itu adlah acuan, petunjuk, dan pedoman.
    Tanpa adnya hukum sesuatu negara itu tidak akan maju, masyarakat juga akan seenaknya melakukan apasaja, karena tidak ada rasa takut tanpa adnya hukum,maka hukum itu sangat penting dalam suatu negara.
    Filsafat adlah petunjuk seseorang dalam melakukan sesuatu hal.
    3. Imitasi adalah sikap seseorang dalam meniru sesuatu hal yang baik dari prilaku, gaya hidup maupun cara berfikirnya sesorang.
    Simpati adlah meniru orang lain, seolah-olah merasakan perasaan orang lain misalnya :
    Ap yang orang lain buat dia juga membuatnya.
    Sugesti adalah mempengaruhi seseorang atas suatu pandangan permohonan sikap dalam keadaan tidak berfikir rasional.
    Identifikasi adalah ; imitasi yang mendalam sehingga ingin menjadi dengan pihak lain secara sengaja maupun tidak.
    4. Sangat berpengaruh karena psikologi itu ilmu yang mempelajari tentang prilaku dalam berinteraksi dengan lingkungan. Tanpa ada prilaku bagaimana caranya melakukan belajar mengajar bisa belajar dengan baik

    BalasHapus
  14. Cut renni anggraini TB9 Des 2011, 16.01.00

    Nama : Cut renni anggraini TB
    NPM : 1002030222
    prodi : Biologi


    1. permasalahan nya adalah indonesia belum bisa mewujudkan bangsa yang baik bagi masyarakat nya, baik itu bagi segi fasilitas, saran dan prasarana, dan tenaga kerja (guru)juga belum merata nya pendidikan di daerah-daerah terpencil.
    solusinya : seharus nya pemerintah lebih memperhatikan kebutuhan dari apa yang di perlukan oleh pendidikan di indonesia.
    saran nya : samaratakan pendidikan di indonesia, pehatikan pendidikan anak kurang mampu, sering-sering melakukan peninjauan kelapangan.

    2. karna tanpa berlandaskan hukum pendidikan tidak bisa berjalan seperti yang telah ditetapkan dalam UUD 1945. Dan landasan hukum adalah peraturan di suatu negara yang terdapat dalam UUD RI.
    filsafat adalah pemikiran seseorang tentang apa yang sedang di pikirkan nya.

    3.- imitasi adalah meniru gaya hidup orang lain, mulai dari sifat nya, sikapnya sampai dengan cara berpikirnya.
    - simpati adalah rasa iba terhadap seseorang yang mengalami masalah.
    - sugesti adalah ucapan yang dapat mempengaruh seseorang (hipnotis).
    -identifikasi adalah mendalami identitas seseorang.

    4. sangat berpengaruh, karena psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa atau watak seseorang, jadi kalau seorang guru tidak mempunyai lndasan psikologi bagaiman ia bisa mengajari anak didik nya atau bagaimana ia bisa megetahui psikologi dari anak didik nya tersebut. Jadi sebagai seorang tenaga didik harus mempunyai landasan psikologi agar anak didik nya menjadi generasi yang dapat berguna bagi bangsa dan dapat membanggakan bangsa indonesia di kanca internasional.

    BalasHapus
  15. Nama : Nur afni
    Npm : 1002030234
    Prodi : biologi


    1.Pemasalahan pendidikan yang ada di indonesia saat ini adalah : dari segi faktor ekonomi, disini dijelaskan bahwa, sulitnya mendapatkan pendidikan, karena keterbatasan ekonomi sehingga masyarakat tindak mampu melanjutkan pendidikan.
    Jadi menurut pemikiran saya disini : untuk kedepan pemerintah bisa lebih memikirkan tentang pendidikan, serta memberikan pendidikan yang layak bagi seluruh rakyat indonesia. Contohya, dari segi biaya diringankan, fasilitas sekolah yang memadai, serta kualitas buku yang dipelajari.

    2.Pendidikan di suatu negara harus dilandaskan hukum dan landasan filsafat karena untuk dapat mengatur sistem pembelajaran agar tidak merugikan serta dapat tertata menurut jenjang pendidikan. Dan pendidikan yang diberikan harus yang standar kepada manusia (standarisasi pendidikan).

    3.Imitasi adalah : meniru, dan disini bisa dicontohkan dari segi pakaian maupun prilaku seseorang.

    Sugesti adalah : saran yang dapat mempengaruhi jiwa seseorang, dan terlaksana bagi orang yang dipengaruhi tersebut.

    Identifikasi adalah: melihat suatu pokok masalah lebih rinci (lebih mendalami).

    Simpatik adalah : sifat kagum kita melihat sesorang dengan prilaku (memberikan daya tarik ke seseorang)

    4.Landasan psikologi jelas sangat berpengaruh bagi pendidikan atau proses belajar mengajar, karna pada saat berlangsungnya proses belajar mengajar dibutuhkan ketenangan jiwa, dan jika jiwa kita tidak normal, maka kita tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar. Contoh pada saat aceh mengalami konflik, pada saat itu tidak ada ketenangan jiwa bagi anak-anak yang ada di aceh untuk mengikuti proses belajar mengajar, yang ada di benak mereka hanya trauma dan rasa takut akan situasi yang tidak aman.

    BalasHapus
  16. NAMA : FITRIANI
    NPM :1002030236
    PRODI : BIOLOGI
    SEMESTER : III

    1. kalau kita kita melihat sepintas pendidikan ndi indonesia itu jauh menurun,khususnya kita melihat di aceh sajalebih parah lebih rusak apalagi dengan kemajuan teknologi canggih sekarang ini sehingga pelajar tersebut lupa kan kewajibannya sebagai pelajar,banyak yang mengatakan bahwa kurang nya pendidikan di indonesia itu disebabkan kurangnya sarana dan prasarana, akan tetapi menurut saya sarana dan prasarana tersebut cukup. tapi cara memakainya yang salah, fokusnya indonesia lebih ketinggalan ketimbang negara lain.

    Solusi dari Permasalahan-permasalahan tersebut

    Untuk mengatasi masalah-masalah di atas, secara garis besar ada dua solusi yaitu :

    Pertama :
    solusi sistemik, yakni solusi dengan mengubah sistem-sistem sosial yang berkaitan dengan sistem pendidikan. Seperti diketahui sistem pendidikan sangat berkaitan dengan sistem ekonomi yang diterapkan. Sistem pendidikan di Indonesia sekarang ini, diterapkan dalam konteks sistem ekonomi kapitalisme (mazhab neoliberalisme), yang berprinsip antara lain meminimalkan peran dan tanggung jawab negara dalam urusan publik, termasuk pendanaan pendidikan.

    kedua :
    solusi teknis, yakni solusi yang menyangkut hal-hal teknis yang berkait langsung dengan pendidikan. Solusi ini misalnya untuk menyelesaikan masalah kualitas guru dan prestasi siswa.


    2. senarnyna hukum membantu kita untuk dapatmenempatkan hukum pada posisi dengan cara pandang yang benar, dengan demikian kita dapat menggunakan hukum sebagai salah satua alat dalam perjuangan kaum buruh di indonesia. oleh sebab itu hukum yang mengatur setiap perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh siapapun juga.

    3.IMITASI adalah, meniru, dan disini bisa dicontohkan dari segi pakaian maupun prilaku seseorang.
    SUGESTI adalah saran yang dapat mempengaruhi jiwa seseorang, dan terlaksana bagi orang yang dipengaruhi tersebut.
    SIMPATI adalah kagum akan kepribadian seseorang
    IDENTIFIKASI adalah mendalami identitas seseorang.

    4. landasan psikologi sangat berperan dalam proses mengajar karna psikolog ilmu mempelajari tentang jiwa, dengan adadnya pemikiran tersebutkita bisa berpikir bahwa sebagai seorang pengajar harus mempunyai landasan psikolog, agar anak didiknya nanti berguna bagi bangsa dan negara.

    BalasHapus
  17. Safrizal menyatakan sebagai berikut :
    Nama : Safrizal
    Npm : 1002030228
    Prodi : bologi
    Semester : III

    1. Menurut saya pendidikan yang ada di Indonesia sangat kurang mutunya, kurangnya mutu disebabkan oleh pemerintah kita semua, tetapi seandainya pemerintah kita tidak lalai dengan hasil uang pemerintah dan tergiur, maka dunia pemerintah saat ini tidak akan terjadi seperti yang kita rasakan tapi sebaliknya pemerintahan di Indonesia cuma melihat dengan sebelah mata, sehingga faktor-faktor mengalami dunia pendidikan kurang bermutu. siswa dan mahasiswa terjadi hambatan untuk mencapai kesuksesan.
    solusi:
    a. turun langsung kelapangan agar bisa melihat kekurangan
    b. berikan hak-hak siswa/mahasiswa yang berkeinginan bersekolah, karena banyak di luar sana anak-anak yang membutuhkan pendidikan
    c. melakukan perekonomian yang setara dengan kehidupan sehari-hari
    d. hancurkan pemimpin yang mana anggaran masyarakat digunakan untuk kepribadian atau untuk korupsi.

    2. landasan hukum adalah pedoman suatu negara yang telah disepakati oleh semua pihak, seandainya tidak ada landasan pun suatu negara, masyarakat sangat bebas melakukan kehendaknya.

    3. a. imitasi adalah meniru sikap seseorang berperilaku, contoh: melihat gaya hidup orang lain.
    b. simpati: menyukai, kagum terhadap orang lain. contoh: seakan-akan kita mengerti perasaan orang tersebut.
    c. identifikasi: meniru orang yang mendalam sampai sama dengan orang lain, baik disengaja maupun tidak.
    d. sugesti: mempengaruhi seseorang atas suatu permasalahan tanpa berfikir rasional.

    4. psikologi ilmu ysng mempelsjsri tentsng perilaku seseorang individu dalam berinteraksi dengan lingkungan, otomatis mempengaruhi karena tujuan dari belajar yaitu untuk membentuk perilaku, watak serta didik dalam pergaulan masyarakat maupun dalam pendidikan.

    BalasHapus
  18. Nama : jamiah
    Npm : 1002030240
    Prodi : biologi
    semester : III

    1. Kondisi dunia pendidikan di Indonesia sangat memprihatinkan bagi kita semua selaku pemerhati bangsa.
    Tentu sangat tragis ketika pemerintah telah mengalokasikan APBN sebanyak 20% bagi perkembangan dunia pendidikan,namun masih banyak sekali kita jumpai ketimpangan -ketimpangan dari alokasi anggaran tersebut.

    2. Ketika kita menjalankan suatu institusi apapun itu bentuknya,aspek fundamental utama yang harus di lakukan ialah mencari landasan hukum dan filsafat, yang mana aspek inilah yang mampu memberikan tolak ukur dan acuan dasar yang terstandarisasi bagi institusi terkait.
    Dengan aspek ini,institusi lebih terprogram dan memiliki kekuatan kompetitif.

    3.Imitasi yaitu proses sosial atau tindakan seseorang untuk meniru orang lain, baik sikap penampilan, gaya hidupnya, bahkan apa-apa yang dimilikinya.
    Indentifikasi adalah upaya yang dilakukan oleh seorang individu untuk menjadi sama (identik) dengan individu lain yang ditirunya.
    Sugesti adalah rangsangan, pengaruh, stimulus yang diberikan sesorang individu kepada individu lain sehingga orang yang diberi sugesti menuruti atau melaksanakan tanpa berpikir kritis dan rasional.
    Simpati adalah proses kejiwaan , dimana seorang individu merasa tertarik kepada seseorang atau kelompok orang, karena sikapnya, penampilannya, wibawanya atau perbuatannya yang sedemikian rupa.

    4. Psikologi sangat berpengaruh sekali pada proses belajar mengajar(PBM), hal ini di karenakan:
    Psikologi merupakan suatu pola pemikiran seseorang baik itu kognitif dan motorik seseorang,yang mana ketika seseorang berada pada kondisi Psikologi yang prima dan dapat berfikir secara rasional,maka kegiatan Proses Belajar Mengajar akan menjadi lebih efektif dan efisien. Nanmun ketika individu seseorang berad pada tingkat Psikologi Irrasional,maka kegiatan Proses Belajar Mengajar menjadi sedikit terganggu.

    BalasHapus
  19. Nama : Ikramullah
    Prody : Biologi
    Npm : 1002030219
    Semester III

    1.Permasalahan pendidikan di Indonesia saat ini adalah seperti yang telah kita fahami di dunia pendidikan saat ini sangat banyak banyak kendala yang di alami tidak hanya pada infrastruktur, fasilitas, sekolah tetapi juga pada sumber daya manusianya, bahkan sampai kepada pemerintahan, dimana pemerintah padaq saat ini masih kurang kepeduliannya terhadap pendidikan di negara kita terutama pada peningkatan sumber daya manusianya, jika harapan meningkatkan dan memajukan pendidikan di negara Indonesia maka alangkah baiknya meningkatkan sumber daya manusia terlebih dahulu, tidak hanya memikirkan fasilitas dan yang lainnya karena tanpa sumber daya manusia yang bermutu dan berkualitas secara profesional, maka mustahil pendidikan di Indonesia bisa maju.

    Solusi kita sebagai insan yang langsung terlibat di dalamnya juga harus menyesuaikan diri dan berusaha keras lagi untuk menggali ilmu sebanyak mungkin agar bisa lebih bermutu dan berkualitas dalam dunia pendidikan.

    2.Jika pendidikan tidak berlandaskan pada hukum yang berlaku maka tidak menutup kemungkinan pendidikan di suatu negara akan berantakan dan kacau,sama seperti halnya pemerintahan, oleh karena itu pendidikan juga harus punya hukum, karena pendidikan itu adalah suatu sistem yang di dalamnya terdapat aturan-aturan yang berlaku secara hukum, seperti pada perubahan kurikulum yang berlaku di indonesia, jika tidak mengikuti aturan maka perubahan kurikulum tersebut akan mengalami kekacauan tanpa aturan, sehingga dapat berpengaruh pada maju mundurnya pendidikan.

    Landasan filsafat juga sangat penting dalam dunia pendidikan karena di dalam landasan filsafat itu sendiri mengajarkan tentang bagaimana cara seseorang bisa mengapai keinginan dan cita-citanya, berdasarkan norma-norma hukum yang telah ada sebelumnya.

    3.Imitasi Adalah : Tiruan / Meiru dengan melakukan tindakan atau aksi yang di punyai atau di sakukan oleh orang lain.

    Sugesti adalah kemampuan atau sebuah ilmu penghantar materi atau media untuk menyam Paikan suatu maksud agar dapat di mengerti dan di lakukan dengan sungguh-sungguh oleh orang lain.

    Identifikasi adalah cara berfikir atau kecenderungan seseorang yang ingin menjadi sama
    seperti orang lain.

    Simpati adalah ketertarikan seseorang terhadap orang lain yang seolah-olah merasakan apa Yang di rasakan oleh orang lain, dalam kata lain kasiha atau iba.

    4.Landasan psikologi sangatlah berpengaruh pada proses belajar mengajar karena di dalam landasan itu juga banyak mempelajari dan mengajarkan kita tentang tata cara dan aturan yang terjadi dalam menjalankan proses belajar mengajar, baik dari segi fisik, mental, kepribadian, materi bahkan dari lingkungan sekitar, maka oleh karena itu alangkah baiknya kita mengetahui dan memahami betapa pentingnya landasan psikologi.

    BalasHapus
  20. Nama : Murdani
    Prody : Biologi
    Npm : 1002030232
    Semester III

    1.Masalah pendidikan yang di alami sekarang yaitu masalah system belajar standar nasional, namun kalau kita lihat dari segi penerapan sudah termasuk standar nasional akan tetapi cara atau proses mengajarnya belum termasuk standar nasional dimana teorinya belajar sudah di terapkan akan tetapi yang mau di ajarkan belum memadai seperti fasilitas computer, namun saran yang saya simpulkan yaitu untuk mewujudkan suatu bangsa atau Negara kita harus mengajar dengan menggunakan teori dan fasilitas dimana fasilaitas dan teori sangat erat kaitannya .

    2.Karena pendidikan ini mempunyai nilai-nilai yang sangat tiggi diman seorang yang hidup di muka bumi ini harus mempunyai pendidikan karna pendidikan merupakan petunjuk bagi hidup seseorang, sedangkan filsafat kebijakan seseorang dalam melakukan sesuatu kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan.

    3.Imitasi yaitu proses sosial atau tindakan seseorang untuk meniru orang lain, baik sikap penampilan, gaya hidupnya, bahkan apa-apa yang dimilikinya.
    Indentifikasi adalah upaya yang dilakukan oleh seorang individu untuk menjadi sama (identik) dengan individu lain yang ditirunya.
    Sugesti adalah rangsangan, pengaruh, stimulus yang diberikan sesorang individu kepada individu lain sehingga orang yang diberi sugesti menuruti atau melaksanakan tanpa berpikir kritis dan rasional.
    Simpati adalah proses kejiwaan , dimana seorang individu merasa tertarik kepada seseorang atau kelompok orang, karena sikapnya, penampilannya, wibawanya atau perbuatannya yang sedemikian rupa.

    4.kalau menurut saya sangat berpengaruh karena spikologi itu mengenai prilaku,mental serta pemikiran yang menyelidikan terhadap organisme atau individu dalam segala ragam dan kerumitannya ketika mereaksi arus dalam perubahan alam sekitar serta peistiwa-peristiwa kemasyarakatan yang mengubah lingkungan.Jadi tanpa spikolog tersebut proses belajar mengajarpun takkan berjalan dengan lancar,dikarnakan belajar mengajar itu adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang fundamental dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

    BalasHapus
  21. Nama : Dwi irfandi
    Prody :biologi smester III

    1. permasalahan nya adalah indonesia belum bisa mewujudkan bangsa yang baik bagi masyarakat nya, baik itu bagi segi fasilitas, saran dan prasarana, dan tenaga kerja (guru)juga belum merata nya pendidikan di daerah-daerah terpencil.
    solusinya : seharus nya pemerintah lebih memperhatikan kebutuhan dari apa yang di perlukan oleh pendidikan di indonesia.
    saran nya : samaratakan pendidikan di indonesia, pehatikan pendidikan anak kurang mampu, sering-sering melakukan peninjauan kelapangan.
    2. Karna semua peraturan yang dibuat oleh pemerintah telah ada hukum nya semua, dan kita sebagai warga yang baik harus mentaati hukum yang telah dibuat dan jika tidak berlandaskan hukum negara ini tidak ada berjalan dengan lancar dan begitu pun juga dalam dunia pendidikan yang telah ditetapkan dalam UUD 1945.
    Berlandaskan filsafat : landasan yang berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan itu sendiri yang berusaha menelaah atau mengupas masalah-masalah pokok yang terkandung dalam dunia pendidikan.
    3. Imitasi adalah meniru dari orang lain dari segala hal
    Simpati adalah perasaan kasihan terhadap sesamanya
    Sugesti adalah mempengaruhi seseorang dengan perintah apapun yang kita suruh, diman orang tersebut berada di luar kesadaran (fikirannya)
    Indentifikasi adalah memastikan masalah yang ada.

    4. Psikologi sangat penting bagi pendidikan kita karena psikologi adalah ilmu kejiwaan yang berarti ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan anak, dengan ilmu psikologi kita dapat mengerti bagaiman keadaan siswa tersebut.

    BalasHapus
  22. Nama :zahlul fakri
    Prody :biologi smester III


    1. Pendidikan Indonesia saat ini masih sangat kurang, masih sangat perlu perhatian dari segi manapun, dan masih jauh tertinggal dari negara luar, seperti masih banyak anak-anak bangsa yang tidak mau bersekolah oleh karena itulah kita harus lebih memerhatikannya karenaitu adalah salah satu penyebab mundurnya pendidikan di Indonesia, maka solusinya adalah dengan cara masing-masing individu bahwa pendidikan itu sangat penting bagi masa depannya. Jika dari segi pemerintah cobalah memperhatikan pendidikan kita terlebih di daerah- daerah terpencil.

    2. Pendidikan emang harus berlandaskan hukum, karena jika tidak begit pendidikan tidak akan berjalan dengan lancar dan teratur sesuai dengan peraturan-peraturan yang ada, semua orang dapat melakukan tindakan yang melanggar hukum terlalu banyak, jika berlandaskan filsafat memang harus menurut hukum yang berlaku, karena seseorang harus memecahkan persoalan-persoalan dengan tuntas caranya yaitu dengan cara pemikiran filsafat.

    3. imitasi adalah mencontoh atau suka mengikuti gaya hidup seseorang tentang apa yang dilakukan nya.
    - sugesti adalah mengajak seseorang atau individu untuk mengikuti pemikiran nya.
    - simpati adalah kagum akan kepribadian seseorang.
    - identifikasi adalah mengikuti gaya atau karakter seseorang yang di sukai.

    4. sangat berpengaruh karena psikologi itu sendiri mempelajari prilaku manusia dan jiwa
    seseorang. Bagaimana jika seorang pendidik tidak berbekal landasan psikologi di diri nya
    sendiri dia tidak akan bisa memahami atau mengerti karakter atau sifat dari anak didik nya
    sendiri, jika saat proses belajar mengajar anak didik nya dalam keadaan bermasalah, peran
    pendidik harus bisa memberi pengaruh atau pendapat untuk membantu memecah kan
    masalah dari anak didik tersebut.

    BalasHapus
  23. Nama :munawir
    Prody :biologi semester 3
    1. Menurut saya permasalahan pendidikan di Indonesia saat ini sangat berstandar kopetensi,karena dari pemerintahan sudah banyak membangun sekolah-sekolah bahkan sampai dan kepolosok-pelosok mulai dari paud sampai keperguruan tinggi saat ini cukup berkembang di Indonesia.

    Solusinya : - Guru-guru yang kurang profesional(meninjau)

    2.Karena terbentuknya pendidikan di suatu negara di dasari oleh hukum-hukum yang telah di terapkan dalam suatu negara.Dan hukum landasan filsafat merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan kinerja guru dan mutu pendidikan di suatu negara.Tanpa adanya hukum landasan filsafat pendidikan tidak dapat di tegakkan dalam suatu negara karena hukum landasan filsafat dan pendidikan merupakan dua unsur yang saling mendukung.

    3.-imitasi : proses sosial atau tindakan dalam meniru orang lain,baik itu sikap maupun prilaku seseorang.

    -simpati : rasa kasih atau setuju kepada seseorang dan kesudian hati kepada orang lain.

    -sugesti : anjuran atau perintah maupun saran yang dapat menggerakkan hati seseorang.

    -identifikasi : upaya yang dilakukan oleh seorang individu untuk menjadi sama dengan individu lain yang di tirunya.

    4.kalau menurut saya sangat berpengaruh karena spikologi itu mengenai prilaku,mental serta pemikiran yang menyelidikan terhadap organisme atau individu dalam segala ragam dan kerumitannya ketika mereaksi arus dalam perubahan alam sekitar serta peistiwa-peristiwa kemasyarakatan yang mengubah lingkungan.Jadi tanpa spikolog tersebut proses belajar mengajarpun takkan berjalan dengan lancar,dikarnakan belajar mengajar itu adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang fundamental dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

    BalasHapus
  24. 1. karena kita bangsa indonesia tidak bisa melaksanakan apa yang harus kita kerjakan, kita hanya mampu mrencanakan, tapi selalu di lapangan tidak sesuai dengan program yang di rencanakan, tidak bisa kita pungkiri kalau soal rencana (program ) di indonesia sangat bagus dan sangat meyakinkan akan kemajuan negara, Cuma kita belum sadar akan kepentingan bersama tapi masih mementingkan individu. Tidak jauh bisa kita lihat dari diri kita sendiri taufiq misalnya , selalu bercita-cita jadi orang yang sukses dalam hal apapun, tapi dia tidak mau berjalan untuk menuju kesana.
    Begitu halnya dengan pendidikan, kita selalu menyalahkan orang yang diatas kita termasuk TUHAN kita salahkan, pemerintahlah, DPR lah, dan lain-lain, Cuma apakah kita sadar kalo kita para calon guru sudah mampu memberikan apa yang di tuntut oleh negara,spt keprofesional guru. dan begitu juga dengan guru yang sudah PNS ,atau honorer, apakah mereka sudah melakukan apa yang telah di rencanakan oleh pemerintah tentang pendidikan, dan yng lebih kita sayang kan mengapa program tidak sepenuhnya di jalankan akan tetapi laporannya sangat komplit, bahkan melebihi apa yang diharapkan, itulah permasalahan yang di hadapi oleh indonesia saat ini, itu di semua aspek di dlam kependidikan, baik sarana, prasarana ,media, fasilitas, selalu para pelaku mencari keuntungan, dengan memanipulasi data, alias korupsi, sampai sampai waktu aja pake korupsi, begitulah lah budaya korupsi telah mejalar di seluruh pelosok indonesia,di akui atau tidak itulah kenyataan (fakta)nya .berarti masalah korupsi, dan solusi berantas korupsi.
    2. arti landasan hukum adalah acuan atau petunjuk peraturan yang diciptakan dalam suatu negara yang paling dasar(dahulu),seperti UUD 1945.
    Jadi sekarang jelas kalo landasan adalah pedoman atau petunjuk, untuk mencipatakan hukum yang baru, karena tanpa adanya pedoman ,hukum yang di ciptakan akan melenceng dari pada hukum dasar, persis spt mmembangun rumah, kita bisa membuat model yang baru, tapi tetap berpedoman pada rumah yang di bangun dulu, jangan sampai rumah sekarang tidak ada pintu,atap nya di bawah, lantainya di atas,jadi itu melenceng dari pada bangunan dulu,otomatis tidak bisa di pakai, begitu juga dengan landasan –landasan lainyang di jadikan pedoman dalam bidang masing-masing.
    Sedangkan landasan filsafat adalah pedoman,petunjuk seseorang dalam mempelajari sesuatu hal atau fenomena-fenomena alam yang di pelajari sampai ke akar-akarnya.
    3. penjelasan atau definisi dari :
    a. Imitasi adalah meniru orang lain di dlam hal apapun baik sikap ,keterampilan, prilaku,gaya hidup dll.
    b. Simpati adlah ketertarikan kepada orang lain seakan-akan merasai perasan orang lain, baik suka maupun duka.
    c. Sugesti adalah memberi pengaruh kepada orang lain dalm suatu pandangan, sikap, permohonan dalam keadaan tidak sadar atau tdk berfikir rasional.
    d. Identifikasi adalah mengorek atau memeriksa lebih dalam tentang orang lain atau pun suatu masalah sampai keakar-akarnya.
    4. kalau soal ini memang jelas sekali pengaruhnya, karena hubungan antara psikologi dengan belajar,mengajar itu begitu erat, bahkan dlam perkuliahan seorang calon guru itu memang ada pelajaran psikologi pendidikan dan pelajaran ini harus di kuasai oleh setiap calon pndidik, mengapa demikian ,?karena psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang prilaku suatu individu dalam berinteraksi dengan lingkungan, di dalam kita mengajar itu sangat di butuhkan untuk mengetahui bagaimana watak seorang yang di ajari secara individu, jadi baru lah belajar mengajar akan berjalan dengan lancar, dan akan menghasilkan generasi yang kita harapkan, yang berguna bagi bangsa agama.

    BalasHapus
  25. yang di atas punya taufiq billah siswa yang paling banyak gaya.

    BalasHapus