Assalamu`alaikum...... Welcome to Wahana Education : "Smart - Creative - Exciting - Fun"

H O M E

Senin, 09 April 2012

TUGAS INOVASI KURIKULUM (Unit B)

Menurut anda :
1. Bagaimana kedudukan kurikulum dalam dunia pendidikan....?
2. Mengapa kurikulum di negara kita terus melakuakan pembaharuan......?
3. Bagaimana kondisi pendidikan di negara kita......?
4. Apa perbedaan kurukulum dengan perangkat pembelajaran.......?


Jawaban langsung dijawab dikolom komentar 
dilengkapi NAMA & NPM
Tugas Paling Lambat selesai 
Tanggal 15 April 2012 Jam 17.00 WIB
Jawaban yang sama tidak akan DINILAI

21 komentar:

  1. nama : Ayu Hasnawati
    Npm : 1002090520
    Prodi: PGSD UNIT B
    Fakultas Unimus Kampus B Cunda

    1. Kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan, kurikulum bertujuan sebagai arah, pedoman,ataw sebagai rambu-rambu dalam pelaksanaan proses pembelajaran belajar dan mengajar

    2. Karena di indonesia belum mampu memberikan solusi yang dapat meningkatkan kwalitas pendidikan di indonesia kondisi seperti ini seiring dengan ditandai oleh rendahnya mutu kelulusan, fasilitas dan sarana yang kurang memadai, serta banyak hal lain yang melingkupi problematika pendidikan kita.y

    3. yaitu kwalitas pendidikan yang saat ino sangat memprihatinkan, kwalitas pendidikan di indonesia semakin memburuk hal ini terbukti dari kwalitas guru, sarana dan prasarana belajar, dan semua muridnya.para guru tentunya punya harapan terpendam yang tidak dapat mereka sampaikan kepada siswanya.

    4. kurikulum dan perangkat pembelajaran mempunyai perbedaan yaitu kurikulum merupakan inti dari bidang pendidikan dan memiliki pengaruh terhadap seluruh kegiatan pendidikan. mengingat pentingnya kurikulum dalam pendidikan dan kehidupan manusia, maka penyusunan kurikulum tidak dapat dilakukan secara sembarangan. penyusunan kurikulum membutuhkan landasan-landasan yang kuat, yang didasarkan pada hasil-hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam

    BalasHapus
  2. Nama : Nunung Aryati
    NPM : 1002090522
    Prodi : PGSD unit B
    Studi : Inovasi Kurikulum
    Kampus : AL-MUSLIM Cunda





    1.Kurikulum merupakan syarat mutlak bagi pendidikan di sekolah, hal ini berarti bahwa kurikulum merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan atau pembelajaran. Kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulum mengarah kan segala bentuk aktifitas pendidikan demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan.



    2.Kurikulum merupakan alat yang sangat penting bagi keberhasilan suatu pendidikan.Tanpa kurikulum yang sesuai dan tepat akan sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang diinginkan.Dalam sejarah pendidikan di Indonesia sudah beberapa kali diadakan perubahan dan perbaikan kurikulum yang tujuannya sudah tentu untuk menyesuaikannya dengan perkembangan dan kemajuan zaman,guna mencapai hasil yang maksimal.



    3.Kondisinya sangat rendah dibandingkan dengan Negara lain,penyabab rendahnya mutu npendidikan di Indonesia antara lain adalah masalah efektifitas,efisiensi dan standardisasi pengajaran.Hal tersebut masih menjadi masalah pendidikan di Indonesia pada umumnya. Selain itu ada beberapa permasalah khusus dalam dunia pendidikan yaitu: rendahnya sarana fisik,rendahnya kualitas guru,rendahnya kesejahteraan guru,rendahnya prestasi sisiwa,rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan,rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan,dan mahalnya biaya pendidikan.


    4.Kurikulum sebagai pedoman yang memberikan arah dan tujuan pendidikan serta isi yang harus dipelajari, sedangkan pengajaran adalah proses yang terjadi dalam interaksi belajar dan mengajar antara guru dan siswa.

    BalasHapus
  3. nama: nurul fadhilah
    npm : 1002090415

    1. kedudukan kurikulum dalam dunia pndidik yaitu suatu tujuan untuk dunia pendidik dalam mata pelajaran atau ilmu pngetahuan yang hrus ditempuhi dan dipelajari dan dikuasai oleh peserta didik untuk mncapai suatu tingkat tertentu dalam dunia kurikulum.
    Akan tetapi perlu dipahami bersama, bahwa sekolah didirikan untuk membimbing perserta didik agar berkembang sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Ini berarti titik sentral kurikulum adalah anak didik itu sendiri. Perkembangan anak didik hanya akan dicapai apabila dia memperoleh pengalaman belajar melalui semua kegiatan yang disajikan sekolah, baik malalui pelajaran ataupun kegiatan yang lain. Oleh karena itu makna kurikulum dalam pengertian modern harus menyatukan antara aspek pengalaman peserta didik dan aspek pengajaran .
    Peran kurikulum dalam sekolah maupun dunia pendidik tidak hanya membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, akan tetapi juga dituntut untuk dapat mengembangkan minat dan bakat, membentuk moral dan kepribadian, bahkan dituntut agar anak didik dapat menguasai berbagai macam keterampilan yang dibutuhkan untuk memenuhi dunia pekerjaan,

    2. karena Perubahan dalam kurikulum merupakan hal yang harus dilakukan sejalan dengan perubahan yang terjadi di masyarakat. Kurikulum sekolah selalu mengikuti perubahan jaman, sebab jika tidak dilakukan perubahan maka pendidikan tidak dapat menghasilkan generasi berikut yang tanggap terhadap perkembangan. KTSP merupakan bentuk kurikulum baru yang sarat dengan perubahan / inovasi. Hal ini dilakukan sebagai jawaban terhadap perlunya mengantisipasi perubahan masyarakat.
    Meskipun kurikulum berubah, tidak berarti otomatis akan terjadi perubahan dalam proses implementasi di lapangan. Perubahan tidak akan terjadi apabila guru sebagai pelaksana pendidikan tidak atau belum melakukan perubahan tersebut. Dalam hal ini mungkin saja terjadi pengimpangan dari apa yang diharapkan oleh kurikulum tersebut. Antisipasi terhadap penyimpangan pelaksanaan kurikulum di lapangan dapat dilakukan jika telah diketahui apa yang menjadi hambatan terhadap pelaksanaan kurikulum tersebut.

    3. klo menurut saia kndisi pendidikan dinegara kita Seperti yang telah kita ketahui, kualitas pendidikan di Indonesia semakin memburuk. Hal ini terbukti dari kualitas guru, sarana belajar, dan murid-muridnya,
    Sarana pembelajaran juga turut menjadi faktor semakin terpuruknya pendidikan di Indonesia, terutama bagi penduduk di daerah terbelakang. Namun, bagi penduduk di daerah terbelakang tersebut, yang terpenting adalah ilmu terapan yang benar-benar dipakai buat hidup dan kerja. Ada banyak masalah yang menyebabkan mereka tidak belajar secara normal seperti kebanyakan siswa pada umumnya, antara lain guru dan sekolah.
    Efektifitas pendidikan di Indonesia sangat rendah. Setelah praktisi pendidikan melakukan penelitian dan survey ke lapangan, salah satu penyebabnya adalah tidak adanya tujuan pendidikan yang jelas sebelm kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Hal ini menyebabkan peserta didik dan pendidik tidak tahu “goal” apa yang akan dihasilkan sehingga tidak mempunyai gambaran yang jelas dalam proses pendidikan. Jelas hal ini merupakan masalah terpenting jika kita menginginkan efektifitas pengajaran. Bagaimana mungkin tujuan akan tercapai jika kita tidak tahu apa tujuan kita.
    4. klo kurikulum yaitu :suatu program pendidikan yang berisikan berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar yang diprogramkan, direncanakan dan dirancangkan secara sistemik atas dasar norma-norma yang berlaku yang dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran bagi tenaga kependidikan dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.sedangkan

    perangkat pelajaran yaitu :Rancangan pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar yang akan direalisasikan di dalam kelas dan merupakan penjabaran lebih rinci dari silabus (penjabaran skenario pembelajaran, wujud media, wujud alat penilaian yang sudah siap digunakan) dan bsa dsebutkan RPP

    BalasHapus
  4. Nama :Zahrina
    NPM :1002090365
    Prodi :PGSD Unit- B
    Kampus B Al-Muslim Cunda
    1. Kedudukan kurikulum dalam dunia pendidikan adalah suatu pendidikan berintikan interaksi antara pendidik dengan peserta didik upaya membantu peserta didik menguasai tujuan-tujuan pendidikan. Kurikulum mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan.kurikulum merupakan pengaturan mengenai isi,tujuan dan bahan pelajaran serta cara yang yang di gunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan,selain itu seorang guru juga harus melaksanakan tugasnya sebagai seorang pendidik dengan rencana dan persiapan yang matang,mengajar dengan tujuan yang jelas,bahan – bahan (alat peraga) yang telah disiapkan.Adanya rancangan atau kurikulum formal dan tertulis merupakan ciri utama pendidikan di sekolah.
    2. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan melalui kegiatan pengendalian dan penjamin mutu pendidikan,Tujuan pendidikan Nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman,taqwa kepada allah, berakhlak, cakap, kreatif, berilmu,
    sehat,menjadi warga negara yang demokratis dan mandiri,Karena pemerintah indonesia ingin mengembangkan salah satu standar proses,standar proses adalah standar nasional yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai kompetensi lulusan.
    3. Kondisi pendidikan di indonesia masih jauh dari idealisme,jangankan dengan negara maju,dengan negara tetangga saja kita masih ketinggalan jauh sekali,coba di indonesia diterapkan sistem pendidikan berbasis ”Multiple Inteligence” dimana setiap anak mahir dibidangnya masing – masing,mereka memiliki bakat,skill dan minat mereka,lebih baik anak – anak belajar sedikit mata pelajaran tetapi menjadi ahli di bakat atau minat mereka dari pada belajar banyak mata pelajaran tetapi hanya tau sedikit atau pun sama sekali tidak tau apa – apa dan tidak memiliki bakat dan skill.
    4. Kurikulum merupakan suatu program pendidikan yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai sejumlah tujuan – tujuan pendidikan tertentu,pendidikan itu adalah suatu usaha atau kegiatan yang bertujuan,didalam kegiatan pendidikan itu terdapat suatau rencana yang di susun (di atur). Kurikulum juga pengatur an mengenai tujuan,isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.
    Perangkat pembelajaran merupakan salah satu wujud persiapan yang dilakukan oleh seorang guru sebelum melakukan proses pembelajaran.agar guru dapat menyiapkan bahan ajar atau dapat menyajikan suatu pembelajaran yang berkualitas bagi peserta didik.pengembangan perangkat pembelajaran adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP),SILABUS,Program Tahunan dan Program Semester.

    BalasHapus
  5. Anonim berkata...

    Nama : M.Tibrani
    Npm : 1002090194
    Prodi: PGSD Unit B
    Kampus Almuslim B Cunda

    1. Kurikulum sebagai pedoman kerja untuk memilih/menyiapkan bahan materi pembejaran, dan alat peraga.kurikulum juga sebagai ketrampilan dalam mengembangkan dan menunaikan tugas dalam proses belajar mengajar dikelas, sebagai alat yang strategis dalam sustu program.

    2. Karena kurikulum menyangkut bahan-bahan kurikulum, kurikulum dilakukan pembaharuan yang dapat ditinjau beberapa segi, baik dengan keadaan yang dapat disesuaikan dengan sepanjang zaman. dan komponene-komponen menunjang dalam pelaksanaan pembelajaran disekolah(pendidikan}

    3. Banyak daerah-daerah pedalaman di indonesia masih rendah pendidikannya, seperti pedesaan-pedesaan pedalam maupun daerah-daerah, sehingga mutu pendidikan di indonesia masih rentan sangat rendah dibanding dengan negara-negara lain, sarana yang tidak mendukung juga bisa menciptakan anak-anak banyak yang putus sekolah, sehingga di negara kita banyak kekurangan SDM yang tidak bermutu.

    4. Kurikulum yang mempunyai materi-materi tentang arah yang dicapai seperti pengalaman belajar, taktik pembelajaran maupun penilaian yang dirancang sehingga dikembangkan untuk informasi dokumen yang bentuk asli sebagai reancangan yang dipel;ajar, sedangkan perangkat pembelajaran yang dapat disusun dengan rapi sehingga perangkat pembejaran dapat berkwalitas dan rencana seperti program,RPP,Program semester sebagi persiapan guru sebelum memulai pembelajaran
    14 April 2012 12:01

    BalasHapus
  6. Nama: fitriani
    npm : 1002090375
    unit: PGSD B

    1. kedudukan kurikulum dalam dunia pendidikan adalah sebagai acuan atau pedoman dalam menjalankan proses belajar mengajar
    2. kurikulumnegara kita terus dilakukan perubahan karena menurut pakar pendidikan nasional kurikulum yang telah ditetapkan masih belum bisa untuk lebih meningkatkan taraf pendidikan di indonesia.
    3. Kondisi pendidikn di Indonesia pada umumnya masih sangat rendah,Apalagi didaerah -daerah pelosok tanah air masih minimnya pengetahuan yang dimiliki oleh seorang guru. Dengan kata lain masih banyak guru-guru yang belum bisa mengajar sesuai dengan kurikulum yang diharapkan. Dan masih terbatasnya alat-alat peraga yang digunakan.
    4. Kurikulum adalah seperangkat pendidikan atau acuan -acuan untuk menjalankan pembelajaran yang telah disusun sedemikian rupa yang gunanya untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam dunia pendidikan.
    -Perangkat pembelajaran adalah alat-alat atau bahan yang harus dipunyai dan dilengkapi oleh seorang guru guna untuk kelancaran proses belajar mengajar atau acuan yang harus dipersiapkan oleh seorang guru belum melakukan pengajaran.

    BalasHapus
  7. nama : Juliana
    NPM : 1002090040
    PGSD UNIT B
    1. Kedudukan kurikulum dalam dunia pendidikan adalah sebagai patokan yang harus dilaksanakan dalam dunia pendidikan
    2. Kurikulum terus dilakukan perubahan karena kurikulum yang telah ada belum bisa membawa menjadikan pendidikan negara kita kearah yang lebih maju.
    3.Kondisi pendidikan di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lain.mungkin dari itu juga kurikulum terus dilakukan perubahan agar pendidikan di indonesia juga bisa lebih tinggi lagi.
    4. kurikulum adalah acuan yang telah ditetapkan oleh sekelompok orang yang ahli dalam pendidikan agar lebih mudah dalam melakukan proses pembelajaran
    -Perangkat pembelajaran adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh seorang guru untuk acuan dalam proses belajar mengajar seperti ( RPP, SILABUS,ANALISIS KALENDER, PROGRAM TAHUNAN,PROGRAM SEMESTER)

    BalasHapus
  8. NAMA: IRWAN
    NPM : 1002090521
    PRODI : PGSD / B

    1.Kurikulum dalam dunia pendidikan adalah:sebangai konsep atau pedoman yang di gunakan sebangai rencana pengajaran.
    2.Mengapa kurikulum di Negara kita terus melakukan pembaharuan ?
    Karena:untuk menyesuikan dengan pekembangan dan kemajuan,agar pendidikan di negeri kita tidak ketinggalan dengan Negara- Negara lain.
    3.Bangai mana kondisi pendidikan di negeri kita ?
    Kondisi pendidikan di negeri kita adalah :pendidikan di negeri kita sangat kurang mutu nya apa lagi di perdesaan,mungkin karena akses fasilitas pendidikan belum merata.
    4.Perbedaan kurikulum dengan perangkat pembelajaran.
    Kurikulum merupakan tatacara pendidikan yang berpodoman kepada SILABUS / RPP.
    Perangkat merupakan bahan ajaran atau media ajaran yang di gunakan seorang GURU.

    BalasHapus
  9. NAMA : ISMAWATI
    NPM : 1002090420
    PRODI : PGSD/B


    1. Kedudukan kurikulum ddalam dunia pendidikan adalah sebagai pedoman dalam pembelajaran dari awal sampai akhir suatu pembelajaran.


    2. Kurikulum di negara kita terus melakukan pembaruan karna untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional.


    3. Kondisi pendidikan di negara kita sangat memperhatikan, karna pendidikan kita masih tertinggal jauh dari negara
    - negara lain.


    4. Kurikulum adalah pedoman dalam pembelajaran, sedangkan perangkat pembelajaran adalah alat atau sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran

    BalasHapus
  10. nama : Asmaul husna
    Nim : 1002090361


    1. menurut saya kurikulum dalam dunia pendidikan yaitu membimbing dan mengajar serta melatih peserta didik secra profesional sehingga dapat mengantarkan pesrta didik kepada pencapaian tujuan pendidikan , sehingga untuk melaksanakan tugas tersebut. guru harus berpedoman pada suatu alat yang disebut kurikulum dan suatu syarat bgi pendidikan.

    2. suatu gagasan atau praktek kurikulum baru dengan menggunakan bagian-bagian yang potensial dari kurikulum tersebut dengan tujuan memecahkan masalah.
    perubahan konsepsional yang fundamental, yang diikutu oleh perubahan struktur.

    3. menurut saya kondisi pendidikan dinegara kita khusus'a diaceh. masih dapat dikatakan kritis.memang sudah ada sekolah-sekolah unggul diaceh layak'a modal bangsa,tapi kalau kita melihat dalam sudut luas maka pendidikan di aceh masih sangat buruk.

    4. kurikulum adalah suatu rencana yang disusun ubtuk melancarkan proses belajar , dibawah bimbingan dan tanggung jawab skolah atau lembaga pendidikan ,sedangkan
    - perangkat pembelaran ia memiliki RPP,silabus,program tahunan,KKM atau (kriteria ketuntasan minimal) dan pemetaan

    BalasHapus
  11. Nama:Desi Yani
    Npm :1002090366
    Prodi:PGSD unit B

    1.Kurikulum mempunyai kedudukan sentral yaitu sebagai pusat suatu proses pendidikan sehingga apabila tedak ada kurikulum maka proses belajar mengajar tidak akan mencapapai tujuan yang baik,karena didalam kurikulum berisi rencana pendidkan sebagai pedoman dan juga sebagai biang studi yang menjadi sumber konsep dan landasan bagi instituai pendidikan.
    2. Kurikulum terus melakukan perubahan karena ketidak puasan dengan hasil pendidikan di sekolah dan ingin selalu memperbaikinya dan juga karena ilmu pengetahan yang terus berkembang serta tuntutan zaman.
    3.Seperti kita ketahui kondisi pendidikan dinegara kita semakin memburuk.Hal ini trbukti dari kualitas guru,sarana belajar,dan murid-muridya.dan kita lihat dari sarana pendidikan masih banyak yang tak layak untuk digunakn,dan juga biaya sekolah yng mahal membuat banyak anak-anak dinegara kita yang putus sekolah,dan kurangnya dukungan dari pemerintah dibidang pendidikan membuat pendidikan dinegara kita semakin tertinggal dari negara-negara tetangga.
    4.Kurikulum adalah kemampuan dari mata pelajaran yang harus ditempuh dan diperoleh oleh siswa.Sedangkan
    -Perangkat pembelajaran persiapan yang dilakukan guru sebelm melakukan proses pembelajaran.

    BalasHapus
  12. Nama: Rina Fariani
    Nim : 1002090364


    1. Tugas utama seorang guru adalah membimbing, mengajar, serta melatih peserta didik secara professional sehingga dapat mengantarkan peserta didiknya kepada pencapaian tujuan pendidikan. Sehingga untuk melaksanakan tugas tersebut guru harus berpedoman pada suatu alat yang disebut kurikulum.
    Kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulum mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan.

    2. Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan, oleh karena itu, pembaruan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Nasional yang diharapkan dapat menaikkan harkat dan martabat manusia Indonesia. Untuk mencapai itu, pendidikan harus adaptif dan terhadap perubahan zaman.

    3. Jika kita lihat saat ini, kondisi pendidikan Indonesia masih saja memprihatinkan, terutama mengenai fasilitas pendidikan di daerah-daerah, baik sarana maupun prasarana pendidikan. Masih saja terdengar kabar ada bangunan sekolah yang tidak layak untuk digunakan.

    4. PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM Suatu proses pembelajaran akan dikatakan berhasil apabila diawali dengan perencanaan yang sangat matang, maka setengah keberhasilan sudah tercapai, setengahnya lagi terletak pada pelaksanaan.perencanaan pembelajaran. KURIKULUM Suatu proses pembelajaran akan dikatakan berhasil apabila diawali dengan perencanaan yang sangat matang, maka setengah keberhasilan sudah tercapai, setengahnya lagi terletak pada pelaksanaan.perencanaan pembelajaran pada mulanya merupakan.
    pengajaran matematika. Di Australia setiap negara menetapkan kurikulum Departemen Pendidikan. UNESCO Biro Pendidikan Internasional memiliki misi utama mempelajari kurikulum dan pelaksanaannya di seluruh dunia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Edi Bukhari
      NPM : 1002090407
      Prody : PGSD / Unit B

      1. - Sebagai acuan dalam proses pengajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
      - Sebagai suatu ilmu dalam proses pendidikan .

      2. Ditinjau dari perkembangan zaman dunia pendidikan di Negara kita perlu pembaharuan karena belum memenuhi standar pendidikan dunia.

      3. Dalam dunia pendidikan Negara kita sangat tertinggal, contohnya ; pendidikan yang ada disekolah yang berada dikota sangat berbeda dengan yang ada didesa.

      4. - Kurikulum adalah pedoman dalam suatu pengajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
      - Perangkat pembelajaran adalah bahan ajar dalam proses belajar mengajar

      Hapus
  13. NAMA:AGUSTINA
    NPM :1002090519
    PRODI:PGSD UNIT B


    1.Menurut saya kedudukan kurikulum dalam dunia pendidikan sangatlah penting bagi suatu pendidikan,karena kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,isi dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggara pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.Dan tanpa kurikulum yang sesuai dan tepat akan sangat sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang diinginkan.

    2.kurikulum dinegara kita terus melakukan pembaharuan bertujuan untuk menyesuaikannya dengan perkembangan dan kemajuan jaman dan untuk mencapai hasil yang maksimal.Pembaharuan kurikulum itu sendiri tidak terlepas dari pengaruh perubahan global,serta seni dan budaya.Sehingga dengan adanya pembaharuan kurikulum akan berdampak pada kemajuan bangsa dan negara.

    3.Kondisi pendidikan dinegara kita sangat memprihatinkan karna pada umumnya pendidikan diindonesia mengalami beberapa permasalahan diantaranya rendahnya sarana fisik,rendahnya kualitas guru,rendahnya kesejahtraan guru,rendahnya prestasi siswa,rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan,rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan dan mahalnya biaya pendidikan.Namun kita harus tetap semangat dan percaya bahwa kader-kader jaman kini akan merubah dan meningkatkan tingkat pendidikan indonesia dihari depan,dan mari terus tingkatkan pendidikan yang mencerdaskan rakyat dan dapat menjadi berkat bagi bangsa.

    4.Perbedaan kurikulum dengan perangkat pembelajaran.
    Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,isi dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggara untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.Sedangkan perangkat pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi,material,fasilitas,perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran.

    BalasHapus
  14. NAMA : DESI ARISANDI
    NPM : 1002090397
    PRODI : PGSD/B


    1. Kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan,kurikulum juga merupakan suatu bidang studi yang ditekuni oleh para ahli dan menjadi sumber konsep - konsep/memberikan landasan - landasan teoritis bagi pengembangan kurikulum.

    2. karna,kalau kita melakukan pembaruan kurikulum maka negara kita makin ketinggalan jauh pendidikannya, sehinga generasi kita ketinggalan jauh dari negara lain.

    3. Kondisi pendidikan dinegara kita sudah ada kemajuan, biarpun masih ada kekurangannya, tapi kita tidak ketinggalan jauh dari negara lain.

    4. -kurikulum adalah perangkat mata pelajaran yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan.
    -Perangkat pembelajaran adalah yang berisi tentang RPP yang akan diajarkan kepada siswa .

    BalasHapus
  15. adodim Apr15.2012.16:30 am
    Nama : Asnidar
    NPM : 1002090414
    Prodi: PGSD unit B

    1.Kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulum mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan.
    Kurikulum merupakan suatu rencana pendidikan, memberikan pedoman dan pegangan tentang jenis, lingkup, dan urutan isi, serta proses pendidikan.
    Kurikulum merupakan suatu bidang studi, yang ditekuni oleh para ahli atau spesialis kurikulum, yang menjadi sumber konsep-konsep atau memberikan landasan-landasan teoritis bagi pengembangan kurikulum berbagai institusi pendidikan.

    2.Dalam konteks seperti itu, kurikulum di negara kita harus senantiasa disempurnakan dari waktu ke waktu agar pembelajaran di sekolah selalu memiliki relevansi yang aktual dan signifikan bagi perkembangan masyarakat Indonesia. Secara yuridis, isyarat perlunya penyempurnaan kurikulum termaktub dalam GBHN 1999 yang dinyatakan:..dalam bidang pendidikan perlu melakukan pembaharuan sistem pendidikan termasuk pembaharuan kurikulum,. Pada sisi lain, penyempurnaan kurikulum dilakukan secara responsif terhadap tiga hal yaitu reformasi, globalisasi dan otonomi daerah. Dengan perubahan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan semua warga negara Indonesia, yang cerdas, damai, terbuka, demokratis, dan mampu bersaing seiring dengan proses desentralisasi di tengah- tengah globalisasi berbagai aspek kehidupan.

    3.Penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia antara lain adalah masalah efektifitas, efisiensi dan standardisasi pengajaran. Hal tersebut masih menjadi masalah pendidikan di Indonesia pada umumnya. Selain itu ada beberapa permasalahan khusus dalam dunia pendidikan yaitu: rendahnya sarana fisik, rendahnya kualitas guru, rendahnya kesejahteraan guru, rendahnya prestasi siswa, rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan, rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan, dan mahalnya biaya pendidikan.
    Untuk sarana fisik misalnya, banyak sekali sekolah dan perguruan tinggi kita yang gedungnya rusak, kepemilikan dan penggunaan media belajar rendah, buku perpustakaan tidak lengkap. Sementara laboratorium tidak standar, pemakaian teknologi informasi tidak memadai dan sebagainya. Bahkan masih banyak sekolah yang tidak memiliki gedung sendiri, tidak memiliki perpustakaan, tidak memiliki laboratorium dan sebagainya.

    4.Yang dimaksud pengembangan kurikulum adalah proses penyusunan kurikulum oleh pengembang kurikulum (curriculum developer) dan kegiatan yang dilakukan agar kurikulum yang dihasilkan dapat menjadi bahan ajar dan acuan yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional secara umum
    Suatu proses pembelajaran akan dikatakan berhasil apabila diawali dengan perencanaan yang sangat matang, maka setengah keberhasilan sudah tercapai, setengahnya lagi terletak pada pelaksanaan.perencanaan pembelajaran pada mulanya merupakan suatu ide dari orang yang merancangnya, tentang bentuk-bentuk pelaksanaan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Untuk mengkomunikasikan ide tersebut, biasanya dituangkan dalam bentuk perencanaan tertulis. Selanjutnya berdasarkan pelaksanaan tersebut, diwujudkan dalam pelaksanaan, yaitu dalam proses pembelajaran .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Cut Mulyanti
      NPM : 1002090376
      Prody : PGSD / Unit B


      1. Kedudukan kurikulum dalam dunia pendidikan sangat penting dan saling ketergantungan dengan adanya kurikulum pendidikan menjadi terarah dan terencana.

      2. kurikulum terus melakukan pembaharuan di negara kita disebabkan oleh kemajuan dunia yang semakin maju. jadi dengan terus melakukan pembaharuan semakin maju pula kurikulum yang ada dinegara kita.

      3. kondisi pendidikan dinegara kita sekarang ini menurut saya masih sangat tertinggal dengan negara lain, karena masih carut marutnya kurikulum dan perangkat pembelajaran yang ada.

      4. seperangkat rencana pembelajaran yang berisi isi, tujuan. Sedangkan perangkat pembelajaran seperti, RPP, Silabus, analisis dan program semester.

      Hapus
    2. Nama : Yulia
      NPM : 1002090372
      Prody : PGSD / Unit B


      1. Kurikulum merupakan suatu pancaran pendidikan untuk menjadi pedoman seorang guru dalam berlangsungnya proses pendidikan dengan berpedoman kepada kurikulum dan interaksi dan siswa dan guru dapat berlangsung dengan baik.

      2. disebabkan karna kurikulum merupakan alat yang sangat penting bagi keberhasilan suatu pendidikan oleh karna itu Indonesia selalu melakukan perubahan dalam menyusun kurikulum agar setiap siswa mengalami perkembangan dalam proses belajar.

      3. kondisi pendidikan negara kita sekarang ini sangat memperhatinkan karna kurangnya pendidikan didaerahnya tapi didaerah kota pendidikan sudah lumayan bagus dan berkembang.

      4. Kurikulum adalah seperangkat bahan ajaran yang meliputi bahan - bahan yang akan diajarkan proses belajar mengajar seperti silabus, RPP.sedangkan perangkat pembelajaran adalah alat bahan atau media yang digunakan oleh guru untuk melakukan proses belajar mengajar.

      Hapus
  16. Nama :Wahyuni
    Npm :1002090353
    Prodi:Pgsd unit B

    1.Kurikulum merupakan syarat mutlak bagi pendidikan di sekolah, hal ini berarti
    bahwa kurikulum merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan atau pembelajaran.
    Setiap praktik pendidikan diarahkan pada pencapaian tujuan-tujuan tertentu, apakah berkenaan dengan penguasaan pengetahuan, pengembangan pribadi, kemampuan sosial, ataupun kemampuan bekerja. Untuk menyampaikan bahan pelajaran, ataupun mengembangkan kemampuan-kemampuan tersebut diperlukan metode penyampaian serta alat-alat bantu tertentu. Untuk menilai hasil dan proses pendidikan, juga diperlukan cara-cara dan alat-alat penilaian tertentu pula. Keempat hal tersebut, yaitu tujuan, bahan ajar, metode-alat, dan penilaian merupakan komponen-komponen utama kurikulum. Dengan berpedoman pada kurikulum, interaksi pendidikan antara guru dan siswa berlangsung. Interaksi ini tidak berlangsung dalam ruang hampa, tetapi selalu terjadi dalam lingkungan tertentu, yang mencakup antara lain lingkungan fisik, alam, sosial budaya, ekonomi, politik, dan religi.

    2.karna untuk menyesuaikan dengan perkembangan dan kemajuan jaman,guna mencapai hasil yang maksimal,perubahan kurikulum didasari pd kesadaran bahwa perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara diindonesia tidak lepas dari pengaruh perubahan global,perkembanga teknologi yang sekarang sangat berkembang di di negara luar, jadi kita harus bisa mengejar ketertinggalan.

    3. Yang kita rasakan sekarang adalah adanya ketertinggalan di dalam mutu pendidikan. Baik pendidikan formal maupun informal. Dan hasil itu diperoleh setelah kita membandingkannya dengan Negara lain. Pendidikan memang telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa. Oleh karana itu, kiata seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia di Negara-negara lain.Setelah kita amati, Nampak jelas bahwa masalah yang serius dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan di berbagai jenjang pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Dan hal itulah yang menyebabkan rendahnya mutu pendidikan yang menghambat penyediaan sumber daya menusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan untuk memenuhi pembangunan bangsa di berbagai bidang.
    Ada banyak penyabab mengapa mutu pendidikan di Indonesia, baik pendidikan formal maupun informal, dinilai rendah. Penyebab rendahnya mutu pendidikan yang akan kami paparkan kali ini adalah masalah efektifitas, efisiensi dan standardisasi pengajaran.


    4.Menurut saya kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang pengembangannya secara professional dengan menjabarkan silabus kedalam RPP yang lebih operasional dan rinci dan serta siap dalam pembelajaran pada suatu kelompok mata pembelajaran dengan tema tertentu. Sedangkan perangkat pembelajaran ialah menyediakan bahan ajar seperti media, buku, dan lain-lainnya.

    BalasHapus
  17. SYARIFAH RUKAIYAH7 Mei 2012, 11.17.00

    NAMA : SYARIFAH RUKAIYAH
    NIPM : 1002090396
    UNIT : PGSD-B

    1. Kedudukan kurikulum dalam dunia pendidikan adalah :
    Pembahasan mengenai posisi kurikulum adalah penting karena posisi itu akan memberikan pengaruh terhadap apa yang harus dilakukan kurikulum dalam suatu proses pendidikan. Tidak seperti halnya dengan pengertian kurikulum para akhli kurikulum tidak banyak berbeda dalam posisi kurikulum. Kebanyakan mereka memiliki kesepakatan dalam menempatkan kurikulum di posisi sentral dalam proses pendidikan. Kiranya bukanlah sesuatu yang berlebihan jika dikatakan bahwa proses pendidikan dikendalikan, diatur, dan dinilai berdasarkan criteria yang ada dalam kurikulum. Pengecualian dari ini adalah apabila proses pendidikan itu menyangkut masalah administrasi di luar isi pendidikan. Meski pun demikian terjadi perbedaan mengenai koordinat posisi sentral tersebut dimana ruang lingkup setiap koordinat ditentukan oleh pengertian kurikulum yang dianut. proses pengembangan kurikulum merupakan terjemahan dari pengertian kurikulum dan posisi kurikulum dalam proses pendidikan dalam bentuk berbagai kegiatan pengembangan. Pengertian dan posisi kurikulum akan menentukan apa yang seharusnya menjadi perhatian awal para pengembang kurikulum, mengembangkan ide kurikulum, mengembangkan ide dalam bentuk dokumen kurikulum, proses implementasi, dan proses evaluasi kurikulum. Pengertian dan posisi kurikulum dalam proses pendidikan menentukan apa yang seharusnya menjadi tolok ukur keberhasilan kurikulum, sebagai bagian dari keberhasilan pendidikan.

    2. Kurikulum di negara kita terus melakukan pembaharuan : dapat kita lihat dalam sudut pandangnya politis, maka pergantian sistem pendidikan nasional, termasuk di dalamnya perubahan kurikulum akan selalu dikaitkan dengan kekuasaan (siapa yang berkuasa). Namun, kalau sudut pandangnya nonpolitis, pergantian kurikulum merupakan suatu hal yang biasa dan suatu keniscayaan dalam rangka merespons perkembangan masyarakat yang beitu cepat. Pendidikan harus mampu menyesuaikan dinamika yang berkembang dalam masyarakat, terutama tuntutan dan kebutuh masyarakat. Dan itu bisa dijawab dengan perubahan kurikulum. Seorang guru yang nantinya akan melaksanakan kurikulum di kelas melalui proses belajar mengajar, dipandang perlu mengetahui dan memahami kurikulum yang pernah berlaku di Indonesia. Dengan demikian, para guru dapat mengambil bagian yang terbaik dari kurikulum yang berlaku di Indonesia untuk diimplementasikan dalam menjalankan proses belajar mengajar.

    3. kondisi pendidikan di negara kita adalah :
    Mutu pendidikan Indonesia semakin hari semakin terpuruk. Bahkan dengan negara tetangga pun yang dulu belajar ke Indonesia, seperti Malaysia, Indonesia tertinggal dalam hal mutu pendidikan. Pendidikan di Indonesia dianggap hanya melahirkan lulusan yang akan menjadi beban negara dan masyarakat, karena kurang ditunjang dengan kompetensi yang memadau ketika terjun dalam masyarakat.

    4. Perbedaan kurikulum dengan perangkat pembelajatan adalah :
    kalau kurikulum diartikan sebagai: suatu dokumen atau rencana tertulis mengenai kualitas pendidikan yang harus dimiliki oleh peserta didik melalui suatu pengalaman belajar. Pengertian ini mengandung arti bahwa kurikulum harus tertuang dalam satu atau beberapa dokumen atau rencana tertulis.
    sedangkan perangkat pembelajaran adalah : salah satu rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/ pembelajaran, indicator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. dengan adanya Silabus, RPP dan Media lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SYARIFAH RUKAIYAH7 Mei 2012, 11.33.00

      ma'af ya bu' saya telat ngirim tugas yang ibu berikan,,, mohon tetap ibu nilai yach,,,dan ini jadi pengalaman buat saya,, kapan2 gk kan saya ulangi lagi,,, moga lebih cepat lagi dikerjakan seperti yg telah ditentukan waktunya,,, terimakasih banyak ya bu' :)

      Hapus