Assalamu`alaikum...... Welcome to Wahana Education : "Smart - Creative - Exciting - Fun"

H O M E

Senin, 09 April 2012

TUGAS INOVASI KURIKULUM (Unit A)

Menurut anda :
  1. Apa definisi dari kurikulum....?
  2. Bagaimana kondisi pendidikan di negara kita, apa peran kurikulum dalam memajukan mutu pendidikan ..?
  3. Mengapa kurikulum di negara kita terus melakuakan pembaharuan, dimana letak    kesalahannya......?
  4. Apa perbadaan kurukulum dengan perangkat pembelajaran.......?
Jawaban langsung dijawab dikolom komentar 
dilengkapi NAMA & NPM
Tugas Paling Lambat selesai 
Tanggal 15 April 2012 Jam 17.00 WIB
Jawaban yang sama tidak akan DINILAI

19 komentar:

  1. Nama : M.Tibrani
    Npm :
    Prodi: PGSD Unit B
    Kampus Almuslim B Cunda

    1. Kurikulum sebagai pedoman kerja untuk memilih/menyiapkan bahan materi pembelajaran, dan alat peraga kurikulum juga sebagai ketrampilan dalam mengembangkan dan menunaikan tugas dalam proses belajar mengajar dikelas,sebagai alat yang strategis dalam suatu program

    2. karena kurikulum menyangkut semua bahan-bahan kurikulum,kurikulum dilakukan pembaharuan yang dapat ditinjau beberapa segi, baik dengan keadaan yang dapat disesuaikan dengan sepanjang zaman.dan komponen-komponen penunjang dalam pelaksanaan pembelajaran disekolah(pendidikan)

    3. Banyak daerah-daerah pedalaman diindonesia masih rendah pendidikannya, seperti peddesaan-pedesaan pedalaman maupun di daerah-daerah sehingga mutu pendidikan di indonesia masih rentan sangat rendah dibanding dengan negara-negara lain, sarana yang tidak mendukung juga bisa menciptanya anak-anak banyak yang putus sekolah sehingga dinegara negara kita kekurangan SDM yang tidak bermutu.

    4. Kurikulum yang mempunyai materi-materi tentang arah yang dicapai, seperti pengalaman belajar,. taktik pembelajaran maupun penilaian yang sudah dirancang sehingga dikembangkan untuk informasi dokumen yang bentuk asli sebagai rancangan yang mempunyai isi dan tujuan yang harus dipelajari, sedangkat perangkat pembelajaran yang dapat disusun dengan rapi sehingga perangkat pembelajaran dapat berkuwalitas, dan terencanja sepeti program, RPP,Program Semester sebagai persiapan guru sebelum memulai pembelajaran.

    BalasHapus
  2. Nama : Asmaul Husna
    NPM : 1002090387
    Prodi : PGSD, Unit A

    1.Menurut saya,
    Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengeaturan mengenai tujuan isi, dan bahan pelajaran serta cara yang di gunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

    2.Menurut saya,
    - Kondisi pendidikan di Negara kita tidak sama dengan Negara lain. Pendidikan di Negara kita termasuk buruk, tidak sebanding dengan Negara-negara lainnya dimana pendidikan Negara kita mengalami proses yang lambat, baik itu bahan ajar yang kurang, guru – guru yang kurang menguasai atau bisa dikatakan belum professional dalam menjalankan tugasnya. Oleh sebab itu banyak siswa yang prestasinya tidak memuaskan, dan fasilitas – fasilitas pendidikan lainnya yang seharusnya dapat digunakan oleh para pelajar untuk menuntut ilmupun kurang dan tidak di pedulikan, sehingga pendidikan di Negara kita tidak mengalami kemajuan yang bagus dari Negara lainya.

    - Peran kurikulum dalam memajukan mutu pendidikan sebagai pedoman dan peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran, agar mencapai suatu tujuan yang baik. Kurikulum dapat menciptakan sesuatu yang baru sesuai dengan kebutuhan pendidikan dimasa sekarang dan akan datang dalam pendidikan untuk membantu setiap pelajar mengembangkan potensi yang ada pada dirinya, baik cara berfikir, pengalaman, dan keterampilan yang baru yang didapatkan dalam suatu kurikulum pendidikan, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan yang baik.

    3.Menurut saya,
    - Karena, setiap penyelenggaraan pembelajaran harus berdasarkan kurikulum yang telah ditetapkan oleh menteri pendidikan, yang mana beberapa kurikulum yang telah ditetapkan dalam pendidikan yaitu : CBSA, K-94, KBK, KTSP, dan KTSP bekarakter. Dengan dilakukannya pembaharuan kurikulum dalam pendidikan yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju, proses belajar mengajar dapat di tingkatkan lagi baik segi materi dan cara ngajarnya. Sehingga pendidikan di Negara kita selalu mengalami perubahan- perubahan baik dan melahirkan bangsa yang cerdas.

    -Letak kesalahannya, setiap pergantian menteri pendidikan kurikulum pendidikan juga akan berubah. Tanpa memperdulikan kurikulum sebelumnya, dimana kurikulum sebelumnya belum selesai di terapkan sudah diganti dengan kurikulum yang baru, sehingga pengajar dan pelajar harus mengikuti kurikulum yang baru dan guru juga harus membuat bahan ajar yang baru menurut kurikulum yang baru diterapkan. Walaupun pembelajaran dengan kurikulum sebelumnya belum selesai atau belum dikuasai. Di situlah letak kesalan kurikulum yang terus menerus melakukan perubahan.

    4.Menurut saya,
    - Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu berupa kurikulum CBSA, K-94, KBK, KTSP, dan KTSP bekarakter yang selalu mengalami perubahan sewaktu waktu menurut ketentuan menteri pendidikan.
    - Sedangkan perangkat pembelajaran ialah suatu hal yang harus dibuat atau disusun untuk melakukan suatu kegiatan belajar mengajar yang berupa RPP, Silabus serta materi yang akan diajarkan menurut RPP dan Silabus yang telah dibuat

    BalasHapus
  3. Nama : Ida Wahyuni
    NPM : 1002090354
    Prodi : PGSD, unit A

    1.Menurut saya,
    Kurikulum merupakan seperangkat rancangan nilai pengetahuan dan keterampilan yang harus dilakukan atau di transfer kepada peserta didk, dan bagaimana proses transfer tersebut dilakukan.

    2.Menurut saya,
    Kondisi pendidikan di Negara kita sangat kurang dan sangat memperhatinkan. Peran kurikulum dalam memajukan mutu pendidikan sangat diperlukan karena dengan adanya kurikulum pendidikan lebih bermakna, sehingga dengan begitu mutu pendidikan akan meningkat.

    3.Menurut saya,
    Karena kurikulum yang ada di Indonesia belum ada kemajuan seperti di Negara lain, makanya pemerintah selalu melakukan perubahan – perubahan terhadap kurikulum. Salain itu juga di pengaruhi oleh perubahan globalisasi.

    4.Menurut saya,
    kurikulum nilai – nilai atau keterampilan yang wajib di transfer kepada siswa atau anak didik, sedangkan Perangkat pembelajaran seperti RPP, Silabus, dan Media – media lainnya, yang harus dimiliki oleh seorang guru.

    BalasHapus
  4. NAMA : DEWI RAMADANI
    NPM : 1002090362
    PRODI/UNIT : PGSD/A


    1. Defenisi dari kurikulum ialah sebuah rujukan untuk semua program studi yang ditawarkan di instansi pendidikan dan mengacu pada progam yang telah ditentukan dan di defenisikan oleh pennyelenggaraan pendidikan yang kemudian harus diikuti oleh siswa untuk mencapai tingkat kelulusan.


    2.Kondisi pendidikan di Indonesia saat ini masih tergolong buruk di kawasan asia. Indonesia menempati pendidikan yang terendah, penyebab rendahnya mutu pendidikan di indonesia antara lain adalah masalah efektifitas, efesiensi dan standarlisasi pengajaran. Dan permasalah khusus dalam pendidikan yaitu rendahnya sarana fisik, rendahnya saran kualitas guru, rendahnya kualitas kesejahteraan guru, rendahnya potensi siswa, rendahnya kesempatan pemerataan guru, rendahnya prestasi siswa, rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan, dan mahalnya biaya pendidikan. Sedangkan peran kurikulum adalah sebagai pedoman yg akan digunakan guru dalam proses pembelajaran untuk memajukan pendidikan, dengan cara menentukan rujukan untuk semua bidang setudi yang harus di ikuti oleh siswa untuk mencapai standar kelulusan, agar pendidiakan di indonesia bisa lebih maju lagi dan berkembang dengan baik.


    3. Kurikulum di negara kita terus melakukan perubahan karena pemerintah menganggab kurikulum yang telah dikeluarkan belum mencapai tujuan ,kurang efesien dan efektif. Sehingga pemerintah merancang dan mengeluarkan kurikulum baru untuk memajukan pendidikan di indonesia. Padasarnya memang dibutuhkan manakala kurikulum yang berlaku dipandang sudah tidak efektif, efesien dan tidak relevan lagi. Kesalahan nya adalah tidak sejalannya kenyatan atau keadaan saat penyampaian kurikulum atau ketentuan pelajaran pada siswa saat dilapangan. Dan kurangnya guru yang berpotensi dalam menyanpaikan pelajaran, dalam megolah serta mengembangkan kurikulum yang telah di tetapkan sehingga kurikulum tidak berjalan efektif dan efesien. Sesuai dengan harapan pemerintah.


    4. Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan kopetensi yang dibakukan dan cara pencapaiannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan daerahnya. Dan kurikulum dilaksanakan dalam rangka membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi, kurikulum merupakan program yang dirancang dan disusun oleh pemerintah. Sedangkan perangkat pembelajaran adalah suatu rancangan pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP yang mencakup standar kopetensi, kopetensi dasar, maateri pokok pembelajaran, indikato, penilaian, dan rancangan pembelajaran, yang di persiapkan guru dalam menghadapi pembelajaran dikelas, dimana seoarang guru mengembangkan materi pembelajaran dari bahan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

    BalasHapus
  5. Nama : Yusnidar
    NPM : 1002090352
    Prodi : PGSD, Unit A

    1. Kurikulum yaitu suatu kegiatan yang dilakukan agar seseorang untuk menggontrol proses belajar mengajar, administrasi keguruan waktu pembelajaran serta hal – hal yang menyangkut dengan pemantapan mutu pendidikan suatu sekolah.

    2. Kondisi pendidikan di Negara kita masih sangat kurang, baik dari segi bahan ajar dan fasilitas pendidikan yang ada. Dimana pendidikan dinegara lain semakin lama semakin maju, tetapi pendidikan di Negara kita masih saja menurun.
    Peran kurikulum dalam memajukan mutu pendidikan disini dapat dikatakan sebagai pedoman atau panutan dalam pembelajaran, agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik, sehingga menghasilkan mutu pendidikan yang baik.

    3. Pembaharuan bukan terjadi karena adanya kesalahan, tetapi pemerintah ingin meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia agar lebih maju untuk kedepannya, maka dilakukan lah perubahan – perubahan agar terciptanya pendidikan di Indonesia seperti di Negara – Negara lain.

    4. Kurikulum merupakan pedoman mendasar dalam proses pembelajaran, sedangkan perangkat pembelajaran ialah sebagian dari kurikulum menyakut dengan RPP ,Silabus, materi aja serta lain - lainnya

    BalasHapus
  6. NAMA : IRAWATI
    NPM : 1002090359
    PRODI/ UNIT : PGSD/ A



    1. Definisi Kurikulum menurut saya adalah sebuah rancangan atau program pembelajaran yang disusun dengan mempertimbangkan berbagai hal mengenai proses pembelajaran serta perkembangan individu. Dengan program itu, para siswa melakukan berbagai kegiatan belajar sehingga terjadi perubahan dan perkembangan tingkah laku siswa, sesuai dengan tujuan pendidikan dan pembelajaran. Dengan kata lain, sekolah menyediakan lingkungan bagi siswa yang memberikan kesempatan belajar.

    2. Menurut saya kondisi pendidikan di negara kita, berdasarkan mutu pendidikan masih sangat rendah bila di bandingkan dengan kualitas pendidikan di negara-negara lain. Penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia antara lain adalah masalah efektifitas, efisiensi dan standardisasi pengajaran yang masih kurang dioptimalkan, mencakup permasalahan, yaitu:

    a) Rendahnya sarana fisik,
    b) Rendahnya kualitas guru,
    c) Rendahnya kesejahteraan guru,
    d) Rendahnya prestasi siswa,
    e) Rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan,
    f) Rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan,
    g) Mahalnya biaya pendidikan.

    Menurut saya peran kurikulum dalam memajukan mutu pendidikan, Peranan tersebut meliputi:

    a) Sarana mentrans-misikan nilai-nilai warisan budaya yang masih relevan dengan masa kini kepada peserta didik.
    b) Sebagai peran dalam mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan masa mendatang.
    c) Berpartisipasi dalam kontrol atau filter sosial dikarenakan adanya nilai-nilai sosial yang tidak sesuai lagi dengan keadaan dan tuntutan masa kini, guna dihilangkan dan diadakan modifikasi atau penyempurnaan.

    3. Kurikulum di negara kita terus melakukan pembaharuan karena kurikulum sebelumnya dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga kurikulum diarahkan kepada pendidikan yang demokratis yang mampu melayani setiap perbedaan dan kebutuhan individu. Yang diharapkan mampu melahirkan generasi yang mandiri, kritis, rasional, cerdas, kreatif, dan memiliki kesabaran dan mampu bersaing dan siap menghadapi berbagai tantangan.Untuk kepentingan itu, maka perubahan yang mendasar salah satu adalah perubahan kurikulum sebagai alat pencapaian tujuan pendidikan.

    Menurut saya kesalahannya terletak pada Perubahan kurikulum yang begitu cepat sehingga mengakibatkan banyak kebingungan pada guru maupun siswa. Pelaksanaannya cenderung terburu-buru dan tidak merata. karena adanya pergantian menteri, sehingga kurikulum terus berganti meski belum terlaksana kurikulum sebelumnya. Sehingga pencapaian pelaksanaan pembelajaran jauh dari yang diharapkan.

    4. Perbedaan kurikulum dengan perangkat pembelajaran, yaitu:
    Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
    Sedangkan perangkat pembelajaran adalah sekumpulan media atau sarana yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas, serangkaian perangkat pembelajaran yang harus dipersiapkan seorang guru dalam menghadapi pembelajaran di kelas, berikut dalam tulisan ini kami membatasi perangkat pembelajaran hanya pada: (a) Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku siswa (BS), Buku Pegangan Guru (BPG), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar.

    BalasHapus
  7. Raudhatul Falah14 Apr 2012, 12.57.00

    Nama : Raudhatul Falah
    Npm : 1002090367
    Prodi : PGSD, Unit A

    1. Kurikulum yaitu perangkat ataupun perencanaan pembelajaran di suatu sekolah. Dengan adanya kurikulum maka seorang guru akan mudah memberikan materi yang sesuai pada saat ini. Kalau guru memberikan kurikulum yang lama maka murid – murid jauh ketinggalan materi yang sekarang ini.

    2. Menurut saya, kondisi pendidikan di Negara kita ini sangat kurang mutu pendidikannya dan banyak ketinggalan materi maupun kurikulum.
    Peran kurikulum dalam memajukan mutu pendidikan yaitu sangat penting karena dengan adanya kurikulum maka di sekolah – sekolah tersebut akan menjadi lebih baik, yang akan direncanakan sebagai pegangan guna mencapai tujuan pendidikan dan untuk mencerdaskan anak bangsa Indonesia. Sebab tanpa adanya pendidikan yang baik suatu Negara akan terpuruk dan masyarakat akan menderita. Bahwa kemajuan suatu bangsa diukur dari kualitas pendidikannya.

    3. Karena dimana kurikulum tersebut selalu mengalami pembaharuan dalam rangka menyesuaikan perkembangan kondisi jaman yang semakin maju. Dimana pembaharuan tersebut yang direncanakan oleh pihak atasan yang kemudian di turunkan kepada pihak pendidik., dengan begitu guru akan menerapkan dalam proses pembelajaran.
    Kesalahannya, setiap pergantian menteri pendidikan pasti kurikulum pendidikan juga akan mengalami perubahan dengan begitu guru dan siswa harus mengikuti kurikulum yang sekarang, yang telah ditetapkan oleh menteri pendidikan, walaupun kurikulum sebelumnya belum selesai di terapkan oleh guru untuk siswa, maka mau tidak mau guru harus mengikuti kurikulum yang berlaku pada saat ini, dengan harus mempebaharui materi ajar menurut kurikulum yang baru.

    4. Kurikulum yaitu program pendidikan bukan program pengajaran, yaitu program yang direncanakan dan di rancang berisi berbagai bahan ajar, serta pengalaman belajar yang baik, dan perencanaan yang akan dipelajari disekolah – sekolah tersebut guna untuk mentransfer kepada guru untuk dipelajari.
    Perangkat pembelajaran ialah dimana sekumpulan sarana yang diberikan guru kepada siswa dalam proses pembelajaran dikelas, agar lebih berstruktur. Contohnya seperti RPP, Silabus, dan LKS.

    BalasHapus
  8. widya meirista14 Apr 2012, 13.16.00

    Nama : WIDYA MEIRISTA
    Nim : 1002090392
    Prodi : PGSD unit A



    1.Kurikulum adalah program perencanaan pembelajaran yang dirancang untuk kelancaran proses pembelajaran yang menyangkut komponen-komponen kurikulum yang terdiri dari tujuan,isi,dan materi.

    2.Kondisi pendidikan di negara kita sangatlah buruk dan tertinggal. Apalagi Negara Indonesia adalah negara yang sedang berkembang. Jadi kita sebagai generasi penerus harus berusaha mengembangkan diri dalam bidang pendidikan. Peran kurikulum sebagai salah satu aspek penunjang keberhasilan dalam suatu negara khususnya dalam bidang pendidikan adalah sistem pendidikannya. Jadi peran kurikulum harus membuat suatu rancangan pembelajaran yang mampu mencetak generasi-generasi berkualitas agar dapat berguna bagi diri sendiri dan orang lain serta dapat memajukan negara. Oleh karena itu pemerintah dan orang-orang yang terlibat dalam dunia pendidikan sebelum membuat kurikulum, sebaiknya melihat dan sedikit demi sedikit mencoba menerapkan sistem kurikulum yang terbaik dan sudah terbukti mutu pendidikan disuatu negara-negara maju. Karena akar dari kemajuan sebuah negara itu berdasarkan kualitas pendidikan generasi penerusnya.

    3.Negara kita setiap 5 tahun sekali terjadinya pergantian mentri pendidikan. Jadi setiap pergantian mentri, pasti akan terjadi pembaharuan kurikulum. Pembaharuan yang terjadi akan berbeda-beda, itu tergantung pemikiran atau program pendidikan yang dibuat oleh setiap mentri. Dalam pembaharuan tersebut, sebenarnya memegang satu tujuan yang sama tetapi aplikasinya saja yang berbeda.
    Letak kesalahannya adalah dimana dalam setiap pembaharuan yang terjadi terus menerus, akan membuat kewalahan para guru dan murid. Karena guru dan murid akan mengalami kesulitan saat menerapkan dan menyesuaikan suatu pembaharuan kurikulum yang terjadi. Jadi, jika guru dan murid baru saja menguasai dan terbiasa dengan kurikulum yang ada, tiba di hari pergantian mentri pendidikan dan terjadinya pembaharuan kurikulum lagi maka guru dan murid mau tidak mau harus bisa mengikuti pembaharuan yang tejadi.

    4.Kurikulum adalah program pembelajaran yang dibuat oleh pemerintah yang dirancang sesuai tujuan yang mendasar, materi yang terdiri dari berbagai pengalaman belajar yang disusun atas dasar unit kerja, metode yang digunakan dan bimbingan belajar. Sedangkan perangkat pembelajaran adalah sejumlah bahan, alat, media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran termasuk didalamnya berupa RPP, Silabus, Program Semester, dan lain-lain.
    Jadi, perbedaannya adalah kurikulum dirancang pemerintah dan orang-orang yang terlibat dalam dunia pendidikan. Sedangkan perangkat pembelajaran dirancang oleh guru yang berpedoman berdasarkan pada kurikulum yang sudah ditetapkan.

    BalasHapus
  9. Nama : Mentari
    NPM : 1002090363
    Prodi : PGSD Unit A

    1. Kurikulum adalah rancangan pendidikan yang merangkum semua pengalaman belajar yang disediakan bagi siswa disekolah dan perangkat mata pelajaran yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut.

    2. kondisi pendidikan dinegara kita ialah sangat kurang baik di dalam proses belajar mengajar, masalah pendidikan dinegara ini memang beragam dan memerlukan solusi yang baik bagi semua pihak. Bila pemerintah tidak cepat tangkap akan masalah pendidikan yang sudah kritis ini, maka konsekuensi dari masalah pendidikan ini sangat buruk bagi masyarakat. Jadi masyarakat harus tau bahwa sumber kebodohan itu adalah kemalasan bukan kemiskinan. Dan peran kurikulum dalam memajukan mutu pendidikan ialah pemeliharaan keseimbangan proses pendidikan dan penyiapan tenaga kerja.

    3. Kurikulum dinegara kita terjadi pembaharuan karena setiap menteri pendidikan diganti maka kurikulum tersebut akan diganti juga. Maka guru dan siswa harus mengikuti kurikulum sekarang walaupun kurikulum sebelumnya belum dikuasai atau belum selesai diterapkan oleh guru dan siswa. Dan letak kesalahannya ialah menteri tidak menunggu guru menguasai kurikulum yang lama, jadi guru dan siswa bingung dalam menjalankan kurikulum baru.

    4. Perbedaan kurikulum dan perangkat pembelajaran ialah kurikulum merupakan pedoman mendasar dari pembelajaran. Sedangkan perangkat pembelajaran ialah bagian dari kurikulum yang didalamnya terdapat :
    1. Rencana pembelajaran (RPP)
    2. Silabus
    3. Prota (Program Tahunan)

    BalasHapus
  10. Lia Rizki Amelia14 Apr 2012, 18.10.00

    Nama : Lia Rizki Amelia
    NPM : 1002090417
    Prodi : PGSD Unit A

    1. Kurikulum adalah program belajar bagi siswa yang disusun secara sistematis dan logis, di berikan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan. Sebagai program belajar, kurikulum adalah niat, rencana atau harapan. Dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran yang tersusun dan terencana untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

    2. Menurut saya, kondisi pendidikan dinegara Indonesia saat ini cenderung memburuk dan sangat memprihatinkan karena mutu pendidikan di Indonesia masih sangat jauh tertinggal dibandingkan dengan Negara-negara lain. Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia sehingga menghambat jalannya pendidikan yang optimal yang menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Mutu pendidikan di Indonesia sangat rendah, baik dalam hal kualitas guru, sarana pembelajaran dan siswa-siswanya.
    Kurikulum dalam memajukan pendidikan sangat dibutuhkan karena kurikulum memegang kedudukan kunci dalam pendidikan, sebab berkaitan dengan arah, isi dan proses pendidikan yang pada akhirnya menentukan macam dan kualifikasi lulusan suatu lembaga pendidikan.

    3. Menurut saya, kurikulum terus mengalami pembaharuan dilandasi oleh kenyataan bahwa zaman semakin berkembang dan semakin kuat persaingan dunia global maka perlu adanya persiapan dengan baik melalui pendidikan yang berkualitas agar mutu pendidikan di Indonesia tidak jauh tertinggal dengan Negara lain.
    Letak kesalahan kurikulum itu bermacam-macam. Salah satunya ada pada letak pemberian materi yang terlalu padat dan membebani siswa sehingga siswa tidak bisa amengembangkan dirinya sesuai kemampuan siswa masing-masing. Karena pemberian materi yang terlalu padat tersebut sehingga guru harus mengejar materi dari pada memperhatikan siswa apakah siswa telah mendapatkan pemahaman dan penyerapan yang optimal atau siswa hanya mendapatkan pemahaman yang sekilas saja dan cenderung mudah hilang. Sebaiknya kurikulum dirancang sesuai dengan karakter-karakter anak Indonesia.

    4. Kurikulum adalah suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses belajar mengajar di bawah bimbingan dan tanggung jawab sekolah atau lembaga pendidikan beserta staf pengajarnya. Sedangkan perangkat pembelajaran merupakan komponen-komponen dari kurikulum yang didalamnya terdapat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, Program Semester, Program Tahunan.

    BalasHapus
  11. Nama : Emira Laura Putri
    NIM : 1002090408
    PGSD UNIT A

    1. Kurikulum adalah sebuah Pengalaman pembelajaran yang terencana dan terarah, yang disusun melalui proses rekonstruksi pengetahuan dan pengalaman yang sistematis di bawah pengawasan lembaga pendidikan agar pembelajar dapat terus memiliki minat untuk belajar sebagai bagian dari kompetensi sosial pribadinya.


    2. di masyarakat kita pendidikan seolah hanya merupakan tanggung jawab guru atau sekolah, Jika demikian cara pandangnya, maka sampai kapan pun pendidikan kita tidak akan pernah bisa semaju sebagaimana di negara-negara yang telah mencapai prestasi puncak dalam pendidikan. padahal pada dasarnya pendidikan itu adalah tanggung jawab dari semua, baik guru, sekolah ataupun orang tua. Kurikulum diciptakan secara bersama-sama bukan dari salah seorang aja, kurikulum diciptakan atas pengalaman pembelajaran. Sebelum menciptakan sebuah kurikulum kita harus tahu bagaimana kondisi dan situasi yang ada di daerah perkotaan, pedesaan dan daerah pedalaman atau tertinggal, dari hasil penelitian tersebut kita membuat sebuah kurikulum yang bisa membantu mengatasi kesulitan belajar siswa. Dan dari kurikulum tersebut pendidikan bukan merupakan tanggung jawab dari guru melainkan tanggung jawab semua unsur dan elemen masyarakat.


    3. Karena negara kita banyak tertinggal dari negara negara yang sudah maju dalam segi pendidikannya, negara merubah sistem kurikulumnya supaya negara kita mampu bersaing dengan negara lain dalam segi pendidikan dan tak kalah tertinggal dengan negara negara maju yang sudah berbenah dalam pendidikan


    4. Kurikulum dan perangkat pembelajaran adalah 2 hal yang tidak dapat dipisahkan walaupun keduanya memiliki posisi yang berbeda. Kurikulum berfungsi sebagai pedoman yang memberikan arah dan tujuan pendidikan serta isi yang harus dipelajari sedangkan perangkat pembelajaran adalah suatu alat belajar mengajar yang dibuat oleh guru atau siswa dalam melaksanakan perintah dari kurikulum tersebut

    BalasHapus
  12. NAMA : NUR AKLA
    NPM : 1002090403
    PRODI : PGSD UNIT A
    1. kurikulum adalah program belajar bagi siswa yang disusun secara sistemtis dan logis, di berikan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan, sebagai program belajar, kurikulum adalah niat, rencana atau harapan.
    2 .- kondisi pendidikan di indonesia mengalami masalah-masalah, dan pendidikan dinegara kita dapat dikatakan cenderung memburuk dari negara-negara lainnya, baik dari segi bahan ajar, tempat atau fasilitas dan guru dan pendidikan di negara kita, mengalami proses yang lambat.
    - peran kurikulum sebagai pedoman, sebagai panutan dalam penyelengaraan pendidikan.
    Ada beberapa peran dalam kurikulum pendidikan sebagai berikut:
    1. peran konservatif
    2. peran kreatif
    3. Peranan Kritis / Evaluatif
    3. menurut saya karna setiap pendidikan yang berlangsung harus menurut kurikulum yang telah ditentukan oleh materi pendidikan dengan dilakukannya perubahan kurikulum dalam pendidikannya sesui pendidikan di negara semakin lama semakin maju, maka proses pembelajaran dapat ditingkat dari sebelumnya, sehingga pendidikan di negarapun mengalami peningkatan.
    - kesalahannya , setiap pergantian materi pendidikan kurikulum pendidikan juga mengalami perubahan sehingga, sipendidik dan si anak didik harus mengikuti nya walaupun kurikulum yang diterapkan dalam pendidikan sebelumnya belum selesai, disitulah letak kesalahan perubahan kurikulum yang terjadi dalam pendidika.
    4. Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut.


    >) sedangkan perangkat pembelajaran sesuatu yang harus disusun sebelum proses belajar mengajar berlangsung yaitu :
    - silabus
    - rpp
    - materi yang akan diajarkan.
    - program semester.

    BalasHapus
  13. nama : suraini
    NIM : 1002090413
    Prodi : PGSD unit. A

    1. kurikulum adalah program belajar bagi siswa yang disusun secara sistemtis dan logis, di berikan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan, sebagai program belajar, kurikulum adalah niat, rencana atau harapan.

    2. Menurut saya, kondisi pendidikan dinegara Indonesia saat ini cenderung memburuk dan sangat memprihatinkan karena mutu pendidikan di Indonesia masih sangat jauh tertinggal dibandingkan dengan Negara-negara lain. Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia sehingga menghambat jalannya pendidikan yang optimal yang menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Mutu pendidikan di Indonesia sangat rendah, baik dalam hal kualitas guru, sarana pembelajaran dan siswa-siswanya.
    Kurikulum dalam memajukan pendidikan sangat dibutuhkan karena kurikulum memegang kedudukan kunci dalam pendidikan, sebab berkaitan dengan arah, isi dan proses pendidikan yang pada akhirnya menentukan macam dan kualifikasi lulusan suatu lembaga pendidikan.

    3. Menurut saya kesalahannya terletak pada Perubahan kurikulum yang begitu cepat sehingga mengakibatkan banyak kebingungan pada guru maupun siswa. Pelaksanaannya cenderung terburu-buru dan tidak merata. karena adanya pergantian menteri, sehingga kurikulum terus berganti meski belum terlaksana kurikulum sebelumnya. Sehingga pencapaian pelaksanaan pembelajaran jauh dari yang diharapkan.

    4. Kurikulum yang mempunyai materi-materi tentang arah yang dicapai, seperti pengalaman belajar,. taktik pembelajaran maupun penilaian yang sudah dirancang sehingga dikembangkan untuk informasi dokumen yang bentuk asli sebagai rancangan yang mempunyai isi dan tujuan yang harus dipelajari, sedangkat perangkat pembelajaran yang dapat disusun dengan rapi sehingga perangkat pembelajaran dapat berkuwalitas, dan terencanja sepeti program, RPP,Program Semester sebagai persiapan guru sebelum memulai pembelajaran.

    BalasHapus
  14. nama : ayu wandira
    NIM : 1002090356
    Prodi : PGSD Unit. A

    1. Kurikulum adalah sesuatu program yang dikeluarkan pemerintah untuk pedoman para guru agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di indonesia.

    2. karena kurikulum menyangkut semua bahan-bahan kurikulum,kurikulum dilakukan pembaharuan yang dapat ditinjau beberapa segi, baik dengan keadaan yang dapat disesuaikan dengan sepanjang zaman.dan komponen-komponen penunjang dalam pelaksanaan pembelajaran disekolah(pendidikan)

    3. Banyak daerah-daerah pedalaman diindonesia masih rendah pendidikannya, seperti peddesaan-pedesaan pedalaman maupun di daerah-daerah sehingga mutu pendidikan di indonesia masih rentan sangat rendah dibanding dengan negara-negara lain, sarana yang tidak mendukung juga bisa menciptanya anak-anak banyak yang putus sekolah sehingga dinegara negara kita kekurangan SDM yang tidak bermutu.

    4. Kurikulum yang mempunyai materi-materi tentang arah yang dicapai, seperti pengalaman belajar,. taktik pembelajaran maupun penilaian yang sudah dirancang sehingga dikembangkan untuk informasi dokumen yang bentuk asli sebagai rancangan yang mempunyai isi dan tujuan yang harus dipelajari, sedangkat perangkat pembelajaran yang dapat disusun dengan rapi sehingga perangkat pembelajaran dapat berkuwalitas, dan terencanja sepeti program, RPP,Program Semester sebagai persiapan guru sebelum memulai pembelajaran.

    BalasHapus
  15. Nama : Muhammad isa
    Npm : 1002090400
    Prodi : PGSD Unit A


    1. Secara etimologis, kurikulum berasal dari kata dalam Bahasa Latin ”curir” yang artinya pelari, dan ”curere” yang artinya ”tempat berlari”, yang mengandung pengertian suatu jarak yang harus ditempuh oleh pelari mulai dari garisstart sampai dengan finish. Dengan demikian, istilah kurikulum pada awalnya berasal dari dunia olah raga pada zaman Romawi Kuno di Yunani, dan kemudian diadopsi ke dalam dunia pendidikan. Pengertian tersebut kemudian digunakan dalam dunia pendidikan, dengan pengertian sebagai rencana dan pengaturan tentang sejumlah mata pelajaran yang harus dipelajari peserta didik dalam menempuh pendidikan di lembaga pendidikan.
    Secara terminologis, istilah kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan mengandung pengertian sebagai sejumlah pengetahuan atau mata pelajaran yang harus ditempuh atau diselesaikan siswa untuk mencapai satu tujuan pendidikan atau kompetensi yang ditetapkan. Sebagai tanda atau bukti bahwa seseorang peserta didik telah mencapai standar kompetensi tersebut adalah dengan sebuah ijazah atau sertifikat yang diberikan kepada peserta didik.
    2. Belum terjadinya pemerataan dari pemerintah karena tidak semua masyarakat bisa berpendidikan yang sama, perbedaannya seperti masyarakat di kota dan di desa dan kurangnya fasilitas. Peran kurikulum adalah untuk pengaturan tentang sejumlah mata pelajaran yang harus dipelajari peserta didik dalam menempuh pendidikan di lembaga pendidikan.
    3. Pemerintah, sebagai penyelenggara negara telah lama melakukan usaha-usaha guna mewujudkan pendidikan yang benar-benar bermutu. Banyak cara yang digunakan pemerintah untuk mewujudkan semua itu, baik dengan memperbaharui kurikulum pendidikan dengan penyempurnaan struktur kurikulum yang telah ada maupun dengan perubahan yang konseptual pada seluruh aspek sistem kurikulum tersebut.
    Usaha-usaha tersebut merpakan suatu implementasi dari konsep-konsep kehidupan yang senantiasa berkembang sesuai kebutuhan masyarakat dan pertumbuhan teknologi yang kian pesat sehingga diperoleh sistem pendidikan dan model yang lebih tepat sesuai dengan tuntutan keadaan yang ada. Dengan demikian dapat dipahami bahwa kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan yang memegang peranan penting dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, kurikulum harus mampu membentuk peserta didik menjadi manusia-manusia yang diharapkan sesuai dengan falsafah hidup bangsa ini, Indonesia.
    Seluruh usaha yang dilakukan guna memperbaharui dan merubah kurikulum merupakan permalahan multidimensi yang menyentuh semua aspek kehidupan dan harus diperimbangkan segala keputusan yang akan diambil dalam menentukan kemaslahatan pendidikan Indonesia kedepan.
    4. Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut. Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh. Sedangkan perangkat pembelajaran yaitu fasilitas dan sarana lainnya yang digunakan oleh guru dan siswa untuk melancarkan proses pembelajaran dalam kelas.

    BalasHapus
  16. muhammad saidi darma15 Apr 2012, 12.26.00

    Nama : Muhammad saidi darma
    Npm : 1002090394
    Prodi : PGSD Unit A

    1. Definisi Kurikulum
    Istilah kurikulum pada mulanya digunakan dalam dunia olah raga pada zaman yunani kuno. Curriculum adalah bahasa yunani berasal dari kata Curir artinya pelari dan Curere artinya tempat berpacu. Curriculum artinya jarak yang harus ditempuh oleh pelari. Mengambil makna yang terkandung dari rumusan di atas, definisi kurikulum dalam pendidikan merupakan sejumlah mata pelajaran yang hrus ditempuh atau diselesaikan oleh peserta didik untuk memperoleh ijzah.
    Rumusan atau batasan kurikulum itulah yang pertama kali digunakan dalam bidang pendidikan. Atas dasar batasan itu pula, sebagian besar para praktisi pendidikan sampai saat ini memandang bahwa kurikulum tidak lain sejumlah pelajaran yang diajarkan di sekolah-sekolah. Memperhatikan batasan kurikulum di atas, tersirat dua hal pokok,
    a) isi kurikulum, yang memuat sejumlah mata pelajaran, dan
    b) tujuan kurikulum, yaitu untuk menguasai sejumlah mata pelajaran tersebut yang dilambangkan dengan.
    Beberapa Tafsiran Mengenai Istilah Kurikulum
    a) Kurikulum memuat isi dan materi pelajaran.
    b) Kurikulum sebagai rencana pembelajaran.
    c) Kurikulum sebagai pengalaman belajar.

    2. Terhadap pendidikan di Negara kita mungkin kurang adil dalam menyediakan fasilitas da sarana pembelajaran bagi siswa, kalau pun kita membandingkan dengan Negara lain, pendidikan di Negara kita sangatlah buruk. Kurikulum memegang peran yang sangat penting dalam menimgkatkan kualitas pendidikan suatu negara. Apabila pendidikan diumpamakan sebagai olahraga balap motor dan peserta didik sebagai pembalap, maka kurikulum merupakan lintasan atau jalur yang harus ditempuh oleh pembalap agar dapat sampai ke garis finish. Secara sederhana kurikulum dapat diartikan sebagai acuan bagi peserta didik dalam menjalani pendidikan. Setiap pemerintah akan senantiasa berlomba untuk memajukan kualitas pendidikan di negaranya, salah satunya adalah dengan menyempurnakan kurikulum pengajaran dari waktu ke waktu.
    3. Pembaharuan kurikulum perlu dilakukan mengingat kurikulum sebagai alat untuk mencapai tujuan harus menyesuaikan dengan perkembangan masyarakat yang senantiasa berubah dan terus berlangsung. Letak kesalahannya karena tidak menyesuaikan kurikulum yang lama atau belum selesai penerapan kurikulum yang lama langsung diganti dengan kurikulum yang baru.
    4. Kurikulum adalah semua kegiatan yang dalam kegiatan-kegiatan tersebut para siswa terlibat secara aktif dalam aturan sekolah yang meliputi apa yang dipelajari siswa, bagaimana mereka belajarnya, bagaimana guru membantu mereka dalam belajar, materi apa yang digunakan, dengan menggunakan gaya dan metode penilaian yang bagaimana serta fasilitas apa yang digunakan untuk mendukung berjalannya semua kegiatan tersebut. Dan peraangkat pembelajaran adalah alat atau fasilitas yang di gunakan oleh guru dan siswa untuk kelancaran kegiatan pembelajaran di sekolah.

    BalasHapus
  17. HAYYATUN RAHMI15 Apr 2012, 12.31.00

    NAMA : HAYATUN RAHMI
    NPM : 1002090405
    PRODI/ UNIT : PGSD/A


    1. Definisi Kurikulum menurut saya adalah suatu program pendidikan yang disediakan untuk membelajarkan siswa. Dengan program itu, para siswa melakukan berbagai kegiatan belajar sehingga terjadi perubahan dan perkembangan tingkah laku siswa dengan memperhatikan; tujuan yang ingin dicapai, materi yang disiapkan untuk mencapai tujuan, susunan materi/pengalaman belajar dan evaluasi.


    2. Menurut saya, berdasarkan mutu pendidikan kondisi pendidikan di negara kita masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan Negara lain. Hal ini terjadi karena sistem pendidikan yang tidak berjalan dengan optimal. Mahalnya biaya pendidikan dan kurangnya kesejahteraan guru juga merupakan salah satu faktor penyebabnya.
    Peran kurikulum dalam memajukan mutu pendidikan sebagai tolak ukur sistem pengajaran baru dengan yang lama. Menyesuaikan dengan ciri khas tiap-tiap daerah serta sebagai disini dapat dikatakan sebagai patokan dalam pembelajaran, agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik, sehingga menghasilkan kualitas pendidikan yang baik pula.

    4. Perbedaan kurikulum dengan perangkat pembelajaran, yaitu:
    Kurikulum adalah Perencanaan pengalaman belajar yakni semua sarana yang digunakan sekolah untuk menyediakan kesempatan bagi siswa untuk memperoleh pengalaman belajar. Mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
    Sedangkan perangkat pembelajaran adalah seluruh komponen yang mendukung kegiatan belajar mengajar. seperti: Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP), absen, Buku siswa (BS), Buku Pegangan Guru (BPG), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar, dll.

    BalasHapus
  18. NAMA : ABDURRAHMAN
    NPM : 1002090355
    PRODI : PGSD UNIT A.

    1. Definisi kurikulum adalah alat atau saran untuk mencapai tujuan pendidikan melalui proses pengajaran .

    2. Peran kurikulum dalam mutu pendidikan adalah agar guru sudah member pelajaran kepada siswa karna sudah memiliki rencana atau sistim pembelajaran yang bermutu dan dapat menghasilkan kualitas dan kualitas yang handal, karna belajar tanpa kurikulum tidak akan menghasilkan apa-apa.

    3. Karna seringnya berubah kurikulum dinegara kita , sering tidak cocok dengan fakta yang ada dilapangan .dan sekarang system penbelajaran lebih maju jadi tidak mesti harus kurikulum yang lama. Harus memakai kurikulum baru biar ada pembahan dan dunia pendidikan di Negara Indonesia ini.

    4. Kalau kurikulum -> system pembelajaran

    Kalau perangkat pembelajaran -> fasilitas penbelajaran.

    BalasHapus
  19. Nama : idawati
    Npm : 1002090399
    Prody : PGSD Unit A

    Jawabanya :
    1.Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman untuk menggunakan aktivitas belajar mengajar. Keberhasilan dan kegagalan suatu proses pendidikan, mampu dan tidaknya anak didik menyerap materi pempelajaran, tercapai atau tidaknya tujuan pendidikan bergantung pada kurikulum yang digunakan.

    2.Kondisi pendidikan dan kualitas pendidikan di Indonesia semakin memburuk. Hal ini di sebabkan karena kualitas guru, sarana belajar, dan murid-muridnya. Memang, guru-guru saat ini kurang kompeten. Banyak orang yang menjadi guru karena tidak diterima di jurusan lain atau kekurangan dana.Jika fenomena ini dibiarkan berlanjut, tidak lama lagi pendidikan di Indonesia akan semakin merosot,hal ini dapat kita lihat dari rangking dunia indonesia yang posisinya hampir menduduki rangking 138.
    Kurikulum sangat berperan dalam memajukan mutu pendidikan karena dengan adanya kurikulum maka pembelajaran yang di berikan kepada anak akan terarah dengan baik dan tidak akan melenceng dari materi selanjutnya, anak juga dapat belajar lebih dulu sebelum di berikan materi oleh guru karena telah memiliki pedoman belajar, karena berhasil atau gagal suatu proses pendidikan, mampu dan tidaknya anak didik menyerap materi pempelajaran, tercapai atau tidaknya tujuan pendidikan bergantung pada kurikulum yang digunakan.

    3.kurikulum di negara kita terus melakukan pembaharuan karena,pada saat pemerintah memberikan kurikulum,guru tidak faham cara menerapkannya,sehingga siswa pun menjadi tidak terarah,jika pemerintah memberikan satu kurikulum dan kurikulum itu tidak dapat berjalan dengan baik,maka pemerintah akan mengambil inisiatif untuk menggantinya.
    Letak kesalahanya adalah pada saat kurikulum pendidikan di negara kita tahun 1975-1994 justru membebani belajar siswa,materi kurikulum yang terlalu padat. Sehingga siswa tidak bisa mengembangkan dirinya sesuai kemampuan siswa masing-masing, maka peranan kurikulum pada tahun tersebut dirasa kurang berhasil dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.Oleh karena itu pemerintah mengambil sikap untuk membenahi kurikulum lain,yaitu KBK. Pada kurikulum 2004 ini materi kurikulum sudah agak longgar, sehingga tidak begitu membebani belajar siswa. tetapi hal itu belum mempunyai peranan yang utama dalam mutu pendidikan kita. Karena jika kita lihat mutu pendidikan di negara kita masih tertinggal jauh dibanding negara-negara lain. Sehingga pemerintah mengeluarkan kurikulum yang baru lagi,yaitu KTSP.pada mutu pendidikan di negara kita juga belum ada pengaruhnya. Salah satu penyebabnya adalah guru tidak faham dan kurang perannya di dalam mengembangkan KTSP ini dengan baik. Masih banyak guru yang menggunakan metode ceramah sehingga cara berfikir anak serasa mati.jika kita sebagai guru tidak bisa memahami kurikulum dengan baik dan tidak dapat menjalankannya,maka kurikulum itu akan terus berganti.

    4.perbedaan kurikulum dengan perangkat pembelajaran adalah:
    a.kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi bahan pelajaranyang akan di ajarkan,pedoman cara mengajar yang di susun oleh pemerintah di bawah bimbingan dan tanggung jawab sekolah,seperti : kurikulum KBK,KTSP
    b.Perangkat pembelajaran merupakan komponen komponen-komponen dari kurikulum yang di dalamnya terdapat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, Program Semester, Program Tahunan,KKM, Pemetaan, yang selalu berubah setiap tahunya.

    BalasHapus