Assalamu`alaikum...... Welcome to Wahana Education : "Smart - Creative - Exciting - Fun"

H O M E

Senin, 03 Oktober 2011

Tgs. Teori Belajar dan Pembelajaran (1)

  1. Berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh beberapa ahli, coba anda simpulkan definisi dari Belajar dan Pembelajaran dengan bahasa anda sendiri
  2. Uraikan pendapat anda tentang "konsep belajar seumur hidup"
  3. Jelaskan 5 jenis stimulus (rangsangan) yang berasal dari sumber belajar dalam proses belajar

Nb :
Jawab langsung di bawah ini, sertakan ( Nama dan NIM ) paling lambat Minggu( 9 Okt `11 )  jam : 12.00 wib

20 komentar:

  1. Nama : Novi Irianty
    NPM : 1002020209

    Jawaban :
    1. Belajar adalah suatu proses berinteraksi dengan lingkungan yang mengakibatkan perubahan tingkah laku, kemampuan afektif, kemampuan kognitif dan kemampuan psikomotorik seseorang.
    Sedangkan pembelajaran adalah belajar yang sistematis, terjadi secara terencana , dilaksanakan dan diakhiri dengan evaluasi.

    2. Konsep Belajar Seumur Hidup berarti proses belajar itu mulai terjadi dari manusia itu dilahirkan sampai meninggal, proses belajar itu sendiri terjadi secara spontan dan continued (terus menerus), tidak didesain dan dilakukan tanpa sadar oleh manusia sampai menemui ajalnya.

    3. Human interaction
    Yaitu jenis rangsangan interaksi antar manusia ( human interaction ) yang saling berinteraksi/berkomunikasi dan memberikan respon satu sama lain.

    Realia
    Realia adalah rangsangan yang bersifat real (nyata) yang meliputi peristiwa, binatang, praktikum, dan rekreasi dimana semua bendanya nyata.

    Pictorial representation
    Gambar yang mewakili sesuatu obyek dan peristiwa nyata. Hal ini meliputi gambar fotografis, lukisan, chart, grafik, diagram, peta, karikatur, dan sebagainya.

    Written symbols
    Stimulasi melaui lambang tertulis yang disajikan buku, slide, film rangkaian, gambar, diagram, program televisi dan berbagai macam media lainnya.

    Recorded sound
    Jenis rangsangan yang berupa suara rekaman.
    record dapat membantu mengontrol realitas mengingat karna suara senantiasa berjalan terus dan tidak pernah dapat dibuat berhenti untuk diamati.

    BalasHapus
  2. Anggun Keumala Jani4 Okt 2011, 10.52.00

    Nama : Anggun keumala jani
    NPM : 1002020178
    Jawaban :

    1. Belajar adalah perubahan perilaku yang meliputi, mengsmsti, membaca, meniru, mencoba sesuatu, meendengar, dan mengikuti arah tertentu sehingga menghasilkan sesuatu yang bersifat permanen.
    Sedangkan pembelajaran yaitu proses pembelajaran subjek didik yang direncanakan, didesain, dilaksanakan dan dievaluasi secara sistematis agar pembelajar dapat mencapai tujuan yang efektif dan efisien.

    2. Berdasarkan hadist Rasulullah SAW:
    “Utlubul ‘ilma minal mahdi ilal lahdi”
    Yg artinya: Tuntutlah ilmu dari ayunan sampai liang lahat
    Dan hadist yang bunyinya:
    “Utlubul ‘ilma faridaton ‘ala kulli muslimin”
    Yang artinya: Menuntut ilmu wajib diatas kaum muslimin dan kaum muslimat
    Oleh sebab itu pula, kita wajib untuk menuntut ilmu seumur hidup kita.

    3. Ada 5 jenis stimulus yaitu:
    • Human interaction
    Yaitu jenis rangsangan interaksi antar manusia. Diantara dua manusia, atau lebih yang dapat menyimpan pesan.

    • Realia
    Realia adalah rangsangan yang bersifat real (nyata) yang meliputi peristiwa, binatang, praktikum, dan rekreasi dimana semua bendanya nyata.

    • Pictorial representation
    Gambar yang mewakili sesuatu obyek dan peristiwa nyata. Hal ini meliputi gambar fotografis, lukisan, chart, grafik, diagram, peta, karikatur, dan sebagainya.

    • Written symbols
    Stimulasi melaui lambang tertulis yang merupakan buku, slide, film rangkaian, gambar, diagram, program televisi dan berbagai macam media lainnya.

    • Recorded sound
    Jenis rangsangan yang berupa suara rekaman record dapat membantu mengontrol realitas mengingat karena suara senantiasa berjalan terus dan tidak pernah dapat dibuat berhenti untuk diamati.

    BalasHapus
  3. Mutia sari ananda4 Okt 2011, 10.55.00

    Nama : Mutia Sari Ananda
    NPM : 1002020193
    Jawab :
    1.Belajar adalah:suatu proses perubahan tingkah laku dimna seseorang membuat atau
    menghasilkan perubahan yang ada pada dirinya,dalam pengetahuan,sikap dan keteranpilan.
    Sedangkan pembelajaran yaitu proses pembelajaran subjek didik yang direncanakan, didesain, dilaksanakan dan dievaluasi secara sistematis agar pembelajar dapat mencapai tujuan yang efektif dan efisien.

    2.Berdasarkan hadist Rasulullah SAW:
    “Utlubul ‘ilma minal mahdi ilal lahdi”
    Yg artinya: Tuntutlah ilmu dari ayunan sampai liang lahat
    Dan hadist yang bunyinya:
    “Utlubul ‘ilma faridaton ‘ala kulli muslimin”
    Yang artinya: Menuntut ilmu wajib diatas kaum muslimin dan kaum muslimat
    Oleh sebab itu pula, kita wajib untuk menuntut ilmu seumur hidup kita.

    3.Ada 5 jenis stimulus yaitu:
    Human interaction
    Yaitu jenis rangsangan interaksi antar manusia. Diantara dua manusia, atau lebih yang dapat menyimpan pesan.

    Realia
    Realia adalah rangsangan yang bersifat real (nyata) yang meliputi peristiwa, binatang, praktikum, dan rekreasi dimana semua bendanya nyata.

    Pictorial representation
    Gambar yang mewakili sesuatu obyek dan peristiwa nyata. Hal ini meliputi gambar fotografis, lukisan, chart, grafik, diagram, peta, karikatur, dan sebagainya.

    Written symbols
    Stimulasi melaui lambang tertulis yang merupakan buku, slide, film rangkaian, gambar, diagram, program televisi dan berbagai macam media lainnya.

    Recorded sound
    Jenis rangsangan yang berupa suara rekaman record dapat membantu mengontrol realitas mengingat karena suara senantiasa berjalan terus dan tidak pernah dapat dibuat berhenti untuk diamati.

    BalasHapus
  4. Syarifatul Husna4 Okt 2011, 11.13.00

    Nama : Syarifatul Husna
    NPM : 1002020187
    Answer :

    1. Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku yang meliputi perubahan kecenderungan manusia,seperti sikap,minat atau nilai,membaca,meniru,mendengar serta perubahan kemampuanya yakni peningkatan kemampuan untuk melakukan berbagai jenis kinerja.

    Sedangkan pembelajaran adalah:proses pembelajaran yang terjadi secara terencana,dilaksanakan kemudian di evaluasi agar pembelajar dapat mencapai tujuan yang efektif.
    2. menuntut ilmu wajib bagi kaum muslimin dan musliman,
    Rasulullah bersabda “ Tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat”, Sehingga jelaslah bahwa manusia harus selalu belajar secara terus menerus, dimulai dari ketika manusia itu dilahirkan sampai manusia itu meninggal. Karena itu muncullah konsep belajar seumur hidup ( lifelong learning ), oleh sebab itu seumur hidup kita wajib menuntut ilmu.

    3.Ada 5 jenis stimulus yaitu:
    Human interaction
    Yaitu jenis rangsangan interaksi antar manusia. Diantara dua manusia, atau lebih yang dapat menyimpan pesan.

    Realia
    Realia adalah rangsangan yang bersifat real (nyata) yang meliputi peristiwa, binatang, praktikum, dan rekreasi dimana semua bendanya nyata.

    Pictorial representation
    Gambar yang mewakili sesuatu obyek dan peristiwa nyata. Hal ini meliputi gambar fotografis, lukisan, chart, grafik, diagram, peta, karikatur, dan sebagainya.

    Written symbols
    Stimulasi melaui lambang tertulis yang merupakan buku, slide, film rangkaian, gambar, diagram, program televisi dan berbagai macam media lainnya.

    Recorded sound
    Jenis rangsangan yang berupa suara rekaman record dapat membantu mengontrol realitas mengingat karena suara senantiasa berjalan terus dan tidak pernah dapat dibuat berhenti untuk diamati.

    BalasHapus
  5. Nama : mulyanti
    NPM : 1002020176


    1. Secara garis besar belajar dan pembelajaran mempunyai perbedaan,yaitu :
    Belajar merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh setiap individu untuk dapat menghasilkan perubahan yakni peningkatan kemampuan dalam melakukan berbagai jenis kegiatan yang meliputi tingkah laku juga pengetahuan.
    Pembelajaran yatitu suatu sisitem membelajarkan individu yang telah direncanakan dan dapat dilaksanakan serta dievaluasi secara sistematis agar individu tersebut dapat mencapai tujuan dari pembelajaran.

    2. Konsep belajar seumur hidup berarti belajar tidak mengenal batasan, karna belajar hak bagi semua orang dan secara tidak langsung merupakan kegiatan yang wajib dilakukan untuk dapat menghasilkan perubahan pada diri seseorang “Rasullah SAW bersabda:
    “tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat”

    3. Ada 5 jenis stimulus yaitu:
    Human interaction
    Yaitu jenis rangsangan interaksi antar manusia. Diantara dua manusia, atau lebih yang dapat menyimpan pesan.

    Realia
    Realia adalah rangsangan yang bersifat real (nyata) yang meliputi peristiwa, binatang, praktikum, dan rekreasi dimana semua bendanya nyata.

    Pictorial representation
    Gambar yang mewakili sesuatu obyek dan peristiwa nyata. Hal ini meliputi gambar fotografis, lukisan, chart, grafik, diagram, peta, karikatur, dan sebagainya.

    Written symbols
    Stimulasi melaui lambang tertulis yang merupakan buku, slide, film rangkaian, gambar, diagram, program televisi dan berbagai macam media lainnya.

    Recorded sound
    Jenis rangsangan yang berupa suara rekaman record dapat membantu mengontrol realitas mengingat karena suara senantiasa berjalan terus dan tidak pernah dapat dibuat berhenti untuk diamati.

    BalasHapus
  6. Nama :Siska Agustina
    NPM :1002020186

    1.Belajar adalah memfungsikan hidup, orang yang tidak belajar berarti telah kehilangan hidupnya, paling tidak telah kehilangan hidupnya sebagai manusia. Karena hidup manusia itu bukan hanya individu dalam dirinya saja tapi juga interaksi dengan sesamanya, dengan antar generasi dan kehidupan secara universal..

    Dalam Pendidikan atau Belajar terdapat interaksi antara tantangan (challenge) dari alam luar diri manusia dan balasan (response) dari daya dalam diri manusia. Dalam belajar juga terjadi interaksi komunikasi antara manusia dan berlangsungnya kesinambungan antar generasi serta belajar melestarikan hidup, mengamankan hidup dan menghindari pengrusakan hidup. Belajar berarti menghargai hidup kita.

    Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi siswa dan guru, material ,buku, papan tulis, kapur dan alat belajar, fasilitas ruang, kelas audio visual, dan proses yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa secara umum pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru sedemikian rupa, sehingga tingkah laku siswa berubah ke arah yang lebih baik.
    Pembelajaran bertujuan membantu siswa agar memperoleh berbagai pengalaman dan dengan pengalaman itu tingkah laku siswa yang meliputi pengetahuan, keterampilan, dan nilai atau norma yang berfungsi sebagai pengendali sikap dan perilaku siswa menjadi bertambah, baik kuantitas maupun kualitasnya.

    Belajar adalah Kegiatan yang di lakukan dan terjadinya perubahan perilaku pada diri individu. Perubahan tersebut tidak hanya pada aspek pengethauan atau kognitif saja tetapi juga meliputi aspek sikap dan nilai afektif serta keterampilan psikomotor, perubahan itu merupakan buah dari pengalaman. Perubahan perilaku yang terjadi pada individu karena adanya interaksi antara dirinya dengan lingkungan . interaksi ini dapat berupa interaksi fisik dan psikis , perubahan perilaku akibat belajar akan bersifat cukup permanen

    2.Asas pendidikan seumur hidup merumuskan bahwa proses pendidikan merupakan suatu proses kontinu yang bermula sejak seseorang dilahirkan hingga meninggal dunia.Pendidikan berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan dalam keluarga, sekolah dan masyarakat. Konsepsi manusia Indonesia seutuhnya merupakan konsepsi dasar tujuan pendidikan nasional pendidikan bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.Dalam agama sering kita dengar kalimat ” Belajarlah (tuntutlah ilmu) dari ayunan sampai liang lahat”.
    Belajar merupakan tugas semua manusia, tua-muda, besar-kecil, kaya-miskin semua mempunyai tugas tersebut. Kita belajar mengetahui apapun yang ada di dunia ini untuk kemajuan individu atau universal. Belajar memberi, belajar menerima, belajar bersabar, belajar menghargai, belajar menghormati dan belajar semua hal.


    3. ada 5 Jenis Stimulus yang berasal dari sumber belajar dalam proses belajar adalah

    a.Human interaction
    Yaitu jenis rangsangan interaksi antar manusia ( human interaction ) yang saling berinteraksi/berkomunikasi dan memberikan respon satu sama lain.

    b.Realia
    Realia adalah rangsangan yang bersifat real (nyata) yang meliputi peristiwa, binatang, praktikum, dan rekreasi dimana semua bendanya nyata.

    c.Pictorial representation
    Gambar yang mewakili sesuatu obyek dan peristiwa nyata. Hal ini meliputi gambar fotografis, lukisan, chart, grafik, diagram, peta, karikatur, dan sebagainya.

    d.Written symbols
    Stimulasi melaui lambang tertulis yang disajikan buku, slide, film rangkaian, gambar, diagram, program televisi dan berbagai macam media lainnya.

    e.Recorded sound
    Jenis rangsangan yang berupa suara rekaman.
    record dapat membantu mengontrol realitas mengingat karna suara senantiasa berjalan terus dan tidak pernah dapat dibuat berhenti untuk diamati.

    BalasHapus
  7. Nama : Sofiani Nim : 10020201958 Okt 2011, 19.23.00

    1. Pembelajaran adalah : suatu proses yang mempelajari tentang subject didik yang direncanakan dengan melaksanakan evaluasi secara sistematis agar subject didik dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
    Belajar adalah : suatu proses yang membantu para pelajar untuk memperoleh informasi ide, cara berfikir, sarana untuk mengapresiasikan diri dan cara-cara bagaimana bentuk belajar.

    2. Menurut pendapat saya, konsep belajar seumur hidup itu sangatlah penting bagi semua orang untuk bisa bagaimana bisa kita belajar kedepan sampai bisa mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan adanya kita menuntut ilmu kita bisa mengetahui ilmu pengetahuan yang bagus dan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Seperti yang telah disabdakan oleh nabi Muhammad Saw. :”Tuntutlah ilmu dari ayunan sampai keliang lahat”. Maka manusia harus selalu belajar dengan terus-menerus selama kita masih ada dalam dunia ini.

    3. Ada 5 macam stimulus, yaitu :

     Human interaction : Jenis rangsangan interaksi antara manusia (human interaction) yang dialami bila dua orang atau lebih sadar akan kehadiran satu dengan yang lain dan mulai saling merespon pesan atau dengan yang lain dalam suatu komunikasi.
     Realia : Rangsangan yang meliputi benda-benda nyata, peristiwa nyata, binatang nyata dan sebagainya dialami oleh anak lebih awal dari pada melalui rangsagan interaksi antar manusia.
     Pictorial representation : Gambar yang mewakili nyata. Hal-hal ini meliputi gambar foto grafis, lukisan chart, grafik, diagram,peta, karikatur,dsb.
     Written symbols : Lambang tertulis disajikan dalam berbagai macam media, misalnya buku, slide film, rangkaian gambar, diagram dan caption (program televise atau film).
     Recorded sound : Jenis rangsangan atau stimuli yang berupa suara rekaman yang dapat membantu mengontrol realitas mengingat bahwa suara senantiasa berlangsung atau berjalan terus dan tidak pernah dapat dibuat berhenti untuk diamati.

    BalasHapus
  8. Nama : Nurbaiti
    Nim : 1002020188
    1. Pembelajaran adalah : Proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar contohnya sekolah.
    Belajar adalah : Usaha mencari tahu apa yang tidak kita ketahui sehingga kita menjadi tahu dan yang merubah perilaku kita menjadi baik dengan cara membaca, meniru, mencoba sesuatu, mendengar dan mengikuti arah tertentu.

    2. Konsep belajar seumur hidup
    Rasulullah Saw. Bersabda :
    “Tuntutlah ilmu dari ayunan sampai liang lahat”.
    Dari hadist tersebut dapat kita simpulkan bahwa manusia harus selalu belajar secara terus menerus dari manusia memulai membuka mata sampai menutup mata untuk selama-lamanya.

    3. Ada 5 macam stimulus, yaitu :

     Human interaction : Jenis rangsangan interaksi antara manusia (human interaction) yang dialami bila dua orang atau lebih sadar akan kehadiran satu dengan yang lain dan mulai saling merespon pesan atau dengan yang lain dalam suatu komunikasi.
     Realia : Rangsangan yang meliputi benda-benda nyata, peristiwa nyata, binatang nyata dan sebagainya dialami oleh anak lebih awal dari pada melalui rangsagan interaksi antar manusia.
     Pictorial representation : Gambar yang mewakili nyata. Hal-hal ini meliputi gambar foto grafis, lukisan chart, grafik, diagram,peta, karikatur,dsb.
     Written symbols : Lambang tertulis disajikan dalam berbagai macam media, misalnya buku, slide film, rangkaian gambar, diagram dan caption (program televisi atau film).
     Recorded sound : Jenis rangsangan atau stimuli yang berupa suara rekaman yang dapat membantu mengontrol realitas mengingat bahwa suara senantiasa berlangsung atau berjalan terus dan tidak pernah dapat dibuat berhenti untuk diamati.

    BalasHapus
  9. NAMA : Dhea Rifki Januar Amiko
    NIM : 1002020180

    1. Belajar bagi kehidupan manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat, tanpa belajar sama sekali mustahil suatu kelompok manusia dapat hidup berkembang sejalan dengan aspirasi (cita-cita) untuk maju, sejahtera dan bahagia menurut konsep pandangan hidup mereka. Dalam pengertian yang sederhana dan umum, makna belajar adalah sebagai usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat yang memiliki informasi dan maanfaat baik itu yang di dapatkan dari proses alamiah maupun dalam proses formal yang bersifat Akademis sehingga dalam prosesnya akan menghasilkan penyesuaian terhadap kondisi dan situasi dalam lingkungan kehidupan yang terus berkembang dari hasil pengamatan sehingga menjadi suatu pengalaman yang dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
    Kemudian jika mengacu kepada referensi yang di kemukakan beberapa ilmiah, dalam hal ini definisi Pembelajaran ialah, suatu proses penyampaian informasi yang di butuhkan pembelajar melalui fasilitator berupa Media baik itu secara Pasif maupun aktif dengan menyesuaikan metode-metode yang sistematis dan efisien agar penyampaian pembelajaran dapat di terima dan dipahami dengan seksama sesuai kapasitas dan daya tangkap pembelajar sehingga mampu mengoptimalisasikan seluruh kemampuan otak yang mengacu pada aspek aspek sebagai berikut
    - Mampu mengoptimalkan otak spiritual
    - Mampu mengoptimalkan otak emosional dan
    - Mampu mengoptimalkan otak rasional.
    Yang akan menghasilkan pembelajaran yang maksimal dalam penerimaan, pengolahan, Penyimpanan, dan Penggunaan Informasi secara Efisien.

    2. Seperti yang telah diuraikan dalam jawaban pertama pada nomor 1. Bahwa belajar merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat, jadi dalam hal ini manusia sebagai makhluk sosial secara umum dan sebagai makhluk Allah secara spiritual diberikan kemampuan untuk dapat mengolah dan memanfaatkan seluruh isi yang ada di bumi Allah ini demi kelangsungan hidup dan bekal didunia maupun di akhirat nantinya, sehingga pada hakekatnya manusia memiliki kewajiban dalam menuntut ilmu atau yang disebut dengan Belajar. Di mulai dari stimulasi termuda hingga usia senja dan tutup usia kelak.
    3. 1. Human interaction adalah
    Jenis rangsangan interaksi antar manusia ( human interaction ) yang dialami bila dua orang atau lebih sadar akan kehadirannya satu dengan yang lain dan mulai saling merespon pesan satu dengan yang lain dalam suatu komunikasi.

    2. Realia
    Realia adalah rangsangan yang meliputi benda-benda nyata, peristiwa nyata, binatang nyata, dan sebagainya dialami oleh anak lebih awal daripada melalui rangsangan interaksi antar manusia.



    3. Pictorial representation,
    Gambar yang mewakili sesuatu obyek dan peristiwa nyata. Hal ini meliputi gambar fotografis, lukisan, chart, grafik, diagram, peta, karikatur, dan sebgainya
    4. Written symbols
    Lambang tertulis disajikan dalam berbagai macam media. Misalnya buku, slide, film rangkaian, gambar, diagram, dan caption (program telivisi atau film).

    5. Recorded sound
    Jenis rangsangan atau stimuli yang berupa suara rekaman yang dapat membantu mengontrol realitas mengingat bahwa suara senantiasa berlangsung atau berjalan terus dan tidak pernah dapat dibuat berhenti untuk diamati.

    BalasHapus
  10. Name : Muhammad Zulfadhli
    NPM : 1002020177

    1. pada dasarnya, pergerakan demi pergerakan yang terjadi pada manusia baik secara batini atau lahiri itu semua adalah proses dari perkembangan potensi diri yang membawa kepada perubahan sikap, wawasan, dan karakter sehingga manusia terus berusaha untuk mengerti apa yang harus dilakukan, dan itu disebut belajar.

    sedangkan pembelajaran adalah gerakan dukungan dengan penuh perencanaan, yang sifatnya untuk mengkoordinir proses belajar agar lebih terarah, dan terbimbing dalam menikmati pengetahuan yang di dapatkan.sehingga pengetahuan yang didapat dalam proses belajar secara sistematis mengajarkan subjek mendapatkan tujuan yang lebih efektif dan efisien.

    2.konsep belajar seumur hidup
    semenjak umur 2 bulan dalam kandungan, manusia telah dititpkan ruh ke dalam jasad.nhaa semenjak itu pula hadist “menuntut ilmu dari ayunan ke liang lahat” berlaku.proses tendang menendang perut ibu yang dilakukan bayi, itu awal dari yang namanya belajar tersebut.pernahkah kita melihat ketika seorang ibu menenangkan bayi di rahim sambil menggoyangkan perutnya,itulha awal dari ayunan yang dimaksud.dilanjutakan dengan proses melahirkan, mendidik dan hingga akhirnya dewasa dan kemudian mati, itu semua tak lepas konsep jati dirinya sebagai manusia. karena manusia yang paripurna adalah manusia yang mengerti maksud dan tujuan untuk apa dia hidup.jika maksud dan tujuannya mengharap ridha Allah, maka ia akan terus belajar dan belajar dalam mencari ridha tersebut.secara tidak disadari bahwa hidup untuk belajar

    3.stimulus dari sumber belajar
    1. human interaction
    Jenis rangsangan interaksi antar manusia ( human interaction ) yang dialami bila dua orang atau lebih sadar akan kehadirannya satu dengan yang lain dan mulai saling merespon pesan satu dengan yang lain dalam suatu komunikasi.

    2.realia
    Realia adalah rangsangan yang meliputi benda-benda nyata, peristiwa nyata, binatang nyata, dan sebagainya dialami oleh anak lebih awal daripada melalui rangsangan interaksi antar manusia.
    realia adalah stimulus nyata yang dipelajari oleh manusia di masa awal kesadarannya, sebelum melakukan human interaction, dengan gejala – gejala alam sebagai gurunya.


    3. Pictorial representation
    Gambar yang mewakili sesuatu obyek dan peristiwa nyata. Hal ini meliputi gambar fotografis, lukisan, chart, grafik, diagram, peta, karikatur, dan sebgainya.


    4. written symbols
    Lambang tertulis disajikan dalam berbagai macam media. Misalnya buku, slide, film rangkaian, gambar, diagram, dan caption (program telivisi atau film).


    5.recourded sound
    Jenis rangsangan atau stimuli yang berupa suara rekaman yang dapat membantu mengontrol realitas mengingat bahwa suara senantiasa berlangsung atau berjalan terus dan tidak pernah dapat dibuat berhenti untuk diamati.

    BalasHapus
  11. Nama : Maulida R
    Nim : 1002020182
    1. Belajar adalah proses perubahan perilaku secara aktif, proses mereaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu, proses yang diarahkan pada suatu tujuan, proses berbuat melalui berbagai pengalaman, proses melihat, mengamati, dan memahami sesuatu yang dipelajari.Contohnya : kegiatan belajar yang dilakukan/ diikuti siswa di sekolah atau di lingkungan hidupnya.

    Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tingkah laku yang baik, serta pembentukan sikap dan kepercayaan diri pada peserta didik. Contonya : Proses belajar-mengajar yang dilakukan guru dan siswa untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

    2. Konsep belajar seumur hidup
    Rasulullah Saw. Bersabda :
    “Tuntutlah ilmu dari ayunan sampai liang lahat”.
    Belajar seumur hidup merumuskan bahwa proses pendidikan merupakan suatu proses kontinue yang bermula sejak seseorang dilahirkan hingga meninggal dunia. Pendidikan berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan di dalam lingkungan rumah tangga, sekolah, dan masyarakat sehingga pendidikan seumur hidup merupakan tanggung jawab keluarga, masyarakat, dan pemerintah.


    3. Ada 5 macam stimulus, yaitu :

    a. Human interaction : Jenis rangsangan interaksi antara manusia (human interaction) yang dialami bila dua orang atau lebih sadar akan kehadiran satu dengan yang lain dan mulai saling merespon pesan atau dengan yang lain dalam suatu komunikasi. Contohnya: Tatap muka dengan lawan bicara bereaksi merespon si pembicara, dengan begitu akan adanya pembicaraan/komunikasi antar manusia.

    b. Realia : Rangsangan yang meliputi benda-benda nyata, peristiwa nyata, binatang nyata dan sebagainya dialami oleh anak lebih awal dari pada melalui rangsagan interaksi antar manusia.
    Contohnya : Hal-hal yang berbentuk nyata yang ditemui anak, baik itu benda atau binatang yang bergerak ia akan memperhatikannya dengan seksama pada fase tertentu si anak. Maka rasa ingin tahunya timbul untuk menyentuh/memegang object yang diperhatikan, ini disebut dengan rangsangan Realia.

    c. Pictorial representation : Gambar yang mewakili nyata. Hal-hal ini meliputi gambar foto grafis, lukisan, grafik, diagram,peta, karikatur,dsb.
    Misalnya : Pengenalan gambar-gambar berwarna yang jelas dan mudah dimengerti oleh anak sangat bermanfaat bagi anak. Ransangan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan IQ anak di usia ke emasannya, yaitu dalam lingkup usia 3 tahun .


    d. Written symbols : Lambang tertulis disajikan dalam berbagai macam media, misalnya buku, slide film, rangkaian gambar, diagram dan caption (program televisi atau film).
    Contohnya : memberikan tontonan pada anak berupa film kartun yang bermanfaat yang dapat merangsang keinginannya untuk belajar seperti yang ia lihat dalam kartun tersebut. Dalam hal ini, film kartun yang ia lihat tidak boleh sembarangan agar merangsang keinginan yang baik padanya. Seperti kartun Ipin & Upin yang memberikan nilai moral dan sopan santun beserta nasehat-nasehat yang baik dari orangtua dalam gambar tersebut.

    e. Recorded sound : Jenis rangsangan atau stimuli yang berupa suara rekaman yang dapat membantu mengontrol realitas mengingat bahwa suara senantiasa berlangsung atau berjalan terus dan tidak pernah dapat dibuat berhenti untuk diamati.

    BalasHapus
  12. ZULFIKAR SANOVA9 Okt 2011, 11.32.00

    Nama : zulfikar sanova
    NPM : 1002020201

    Berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh beberapa ahli, coba anda simpulkan definisi dari Belajar dan Pembelajaran dengan bahasa anda sendiri
    Belajar adalah perubahan pada diri individu dalam aspek pengetahuan, sikap, keterampilan, dan kebiasaan sebagai produk dan interaksinya dengan lingkungan. Belajar adalah proses membangun pengetahuan melalui transformasi pengalaman. Dengan kata lain suatu proses belajar dapat dikatakan berhasil bila dalam diri individu terbentuk pengetahuan, sikap, keterampilan, atau kebiasaan baru yang secara kualitatif lebih baik dari sebelumnya.
    ”pendidikan berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan didalam lingkungan rumah tangga, sekolah, dan masyarakat. Karena itu, pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat, dan pemerintah ”. )

    Uraikan pendapat anda tentang "konsep belajar seumur hidup"
    Konsep pendidikan seumur hidup merumuskan suatu asas bahwa pendidikan adalah suatu proses yang terus-menerus (kontinu) dari bayi sampai meninggal dunia. Konsep ini sesuai dengan konsep islam, hadis Nabi Muhammad SAW, yang menganjurkan belajar dari buaian sampai ke liang kubur.
    Konsep pendidikan seumur hidup merumuskan suatu asas, bahwa pendidikan adalah suatu proses yang berkelangsungan (kontinu) dari bayi sampai meninggal dunia.

    Jelaskan 5 jenis stimulus (rangsangan) yang berasal dari sumber belajar dalam proses belajar
     Human interaction
    Yaitu jenis rangsangan interaksi antar manusia. Diantara dua manusia, atau lebih yang dapat menyimpan pesan.

     Realia
    Realia adalah rangsangan yang bersifat real (nyata) yang meliputi peristiwa, binatang, praktikum, dan rekreasi dimana semua bendanya nyata.


     Pictorial representation
    Gambar yang mewakili sesuatu obyek dan peristiwa nyata. Hal ini meliputi gambar fotografis, lukisan, chart, grafik, diagram, peta, karikatur, dan sebagainya.

     Written symbols
    Stimulasi melaui lambang tertulis yang merupakan buku, slide, film rangkaian, gambar, diagram, program televisi dan berbagai macam media lainnya.


     Recorded sound
    Jenis rangsangan yang berupa suara rekaman record dapat membantu mengontrol realitas mengingat karena suara senantiasa berjalan terus dan tidak pernah dapat dibuat berhenti untuk diamati.

    BalasHapus
  13. Nama: YUNILAWATI
    NPM: 1002020181
    Jawaban
    1. Belajar adalah Proses yang di lakukan manusia untuk memperoleh kemampuan, keterampilan, dan sikap yang secara bertahap dan berkelanjutan mulai dari masa bayi sampai masa tua melalui rangkaian proses belajar sepanjang hayat. Belajar juga suatu proses dimana kita tidak tau menjadi tau dari pengalaman yang sudah kita dapat, yang mana bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang kita tidak ketahui.
    Pembelajaran adalah Sebuah kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada peserta didik/ siswa. Dalam suatu pembelajaran itu terdapat kompenen-komponen agar terciptanya pembelajaran yang baik yaitu adanya materi, tujuan, kegiatan dan evaluasi pembelajaran.

    2. Menurut saya konsep belajar seumur hidup itu adalah kita sebagai manusia harus belajar terus menerus karena hal ini sesuai dengan apa yang telah dianjurkan oleh agama dimana nabi bersabda “Tuntutlah ilmu dari ayunan sampai liang lahat”, disini juga perlu kita ketahui bahwasannya ilmu dituntut hingga akhir hayat tidak hanya berpatok pada ilmu agama(akhirat) saja tetapi ilmu dunia juga. Jadi belajar seumur hidup adalah keseimbangan antara ilmu akhirat dengan ilmu dunia.

    3. Human interaction
    • jenis rangsangan interaksi antar manusia (human interaction) yang dialami bila dua orang atau lebih sadar akan kehadirannya satu dengan yang lain dan mulai saling merespon pesan satu dengan yang lain dalam suatu komunikasi.
    Realia
    • Realia adalah rangsangan yang meliputi benda-benda nyata, peristiwa nyata, binatang nyata, dan sebagainya dialami oleh anak lebih awal daripada melalui rangsangan interaksi antar manusia.
    Pictorial representation
    • Gambar yang mewakili sesuatu obyek dan peristiwa nyata. Hal ini meliputi gambar fotografis, lukisan, chart, grafik, diagram, peta, karikatur, dan sebgainya
    Written symbols
    • Lambang tertulis disajikan dalam berbagai macam media. Misalnya buku, slide, film rangkaian, gambar, diagram, dan caption (program telivisi atau film).
    Recorded sound
    • Jenis rangsangan atau stimuli yang berupa suara rekaman yang dapat membantu mengontrol realitas mengingat bahwa suara senantiasa berlangsung atau berjalan terus dan tidak pernah dapat dibuat berhenti untuk diamati.

    BalasHapus
  14. MUQHNI VAN ANGGELIA
    1002020200
    1. Belajar adalah perubahan relatif permanen dalam perilaku atau potensi,
    Belajar merupakan akibat adanya interaksi .

    Pembelajaran merupakan peroses prubahan prilaku secara aktif,
    pembelajaran merupakan proses komunikatif serta proses intaktif peserta
    didik dengan pendidik dan sumberbelajar pada suatu lingkungan belajar

    2. Pembiasaan, pembelajaran dan peneladanan merupakan perjalanan seumur hidup


    3. Human interaction
    Yaitu jenis rangsangan interaksi antar manusia ( human interaction ) yang saling berinteraksi berkomunikasi dan memberikan respon satu sama lain.

    Realia
    Ransangan ransangan benda nyata atau binatang nyata dan sebagainya dialami oleh anak lebih awal daripada melalui rangsangan interaksi antar manusia.

    Pictorial representation
    Gambar yang mewakili sesuatu objek dan peristiwa atau prilaku nyata. Hal ini meliputi gambar fotografis, lukisan, chart, grafik, diagram, peta, karikatur, dan sebagainya.

    Written symbols
    Gambar atau Lambang tertulis disajikan dalam berbagai macam media, misalnya slide film, rangkaian gambar,buku, diagram dan caption (program televisi atau film).


    Recorded sound
    Rangkaian jenis rangsangan atau stimuli yang berupa suara rekaman yang dapat membantu mengontrol realitas mengingat bahwa suara senantiasa berlangsung atau berjalan terus dan tidak pernah dapat dibuat berhenti untuk diamati.

    BalasHapus
  15. Rizki Afdila
    NPM :1002020198

    1.pengertian belajar itu adalah suatu proses dimana kita beranjak dari ketidaktahuan menuju kepintaran. Bila sebelumnya sewaktu kita masih berumur 2 tahun dan tidak tahu apa yang dimaksud dengan buku pelajaran, setelah melalui proses yang memakan waktu bertahun, kita bisa mendefinisikannya dengan tepat. Apa artinya. Menurut saya, proses belajar yang paling cepat dan banyak adalah sewaktu masa pubertas.
    Pembelajaran adalah usaha guru membentuk tingkah laku yang diinginkan dengan menyediakan lingkungan (stimulus) atau Pembelajaran adalah usaha guru untuk memberikan materi pembelajaran sedemikian rupa sehingga siswa lebih mudah mengorganisasikannya (mengaturnya) menjadi suatu pola gestalt (pola bermakna).

    2. Berdasarkan hadist Rasulullah SAW:
    طلب العلم من المهد الى اللحد
    Artinya: tuntutlah ilmu dari buaian sampai meninggal dunia
    Azas pendidikan seumur hidup itu merumuskan suatu azas bahwa proses pendidikan merupakan suatu proses kontinue, yang bemula sejak seseorang dilahirkan hingga meninggal dunia. Proses pendidikan ini mencakup bentuk-bentuk belajar secara informal, non formal maupun formal baik yang berlansung dalam keluarga, disekolah, dalam pekerjaan dan dalam kehidupan masyarakat.

    Human interaction
    jenis rangsangan interaksi antar manusia
    (human interaction) yang dialami bila dua orang atau lebih sadar akan kehadirannya satu dengan yang lain dan mulai saling merespon pesan satu dengan yang lain dalam suatu komunikasi.
    Realia
    Realia adalah rangsangan yang bersifat real (nyata) yang meliputi peristiwa, binatang, praktikum, dan rekreasi dimana semua bendanya nyata.
    Pictorial representation
    Gambar yang mewakili sesuatu obyek dan peristiwa nyata. Hal ini meliputi gambar fotografis, lukisan, chart, grafik, diagram, peta, karikatur, dan sebgainya
    Written symbols
    Stimulasi melaui lambang tertulis yang merupakan buku, slide, film rangkaian, gambar, diagram, program televisi dan berbagai macam media lainnya.

     Recorded sound
    Jenis rangsangan yang berupa suara rekaman record dapat membantu mengontrol realitas mengingat karena suara senantiasa berjalan terus dan tidak pernah dapat dibuat berhenti untuk diamati.

    BalasHapus
  16. Elfira Ilany
    NPM : 1002020184
    1.definisi belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang.
    Instruction atau pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal.
    2.Masa dari pendidikan sangatlah panjang, banyak orang yang beranggapan bahwa pendidikan itu berlangsung hanya disekolah saja, tetapi dalam kenyataanya pendidikan berlangsung seumur hidup melalui pengalaman-pengalaman yang dijalani dalam kehidupanya. Islam juga menekankan pentingnya pendidikan seumur hidup, Nabi pernah bersabda : Tuntutlah ilmu dari buain sampai meninggal dunia.
    3.Human interaction
    • jenis rangsangan interaksi antar manusia (human interaction) yang dialami bila dua orang atau lebih sadar akan kehadirannya satu dengan yang lain dan mulai saling merespon pesan satu dengan yang lain dalam suatu komunikasi.
    Realia
    • Realia adalah rangsangan yang meliputi benda-benda nyata, peristiwa nyata, binatang nyata, dan sebagainya dialami oleh anak lebih awal daripada melalui rangsangan interaksi antar manusia.
    Pictorial representation
    Gambar yang mewakili sesuatu obyek dan peristiwa nyata. Hal ini meliputi gambar fotografis, lukisan, chart, grafik, diagram, peta, karikatur, dan sebagainya.

    • Written symbols
    Stimulasi melaui lambang tertulis yang merupakan buku, slide, film rangkaian, gambar, diagram, program televisi dan berbagai macam media lainnya.
    Recorded sound
    • Jenis rangsangan atau stimuli yang berupa suara rekaman yang dapat membantu mengontrol realitas mengingat bahwa suara senantiasa berlangsung atau berjalan terus dan tidak pernah dapat dibuat berhenti untuk diamati.

    BalasHapus
  17. cut Naira Sahira10 Okt 2011, 10.15.00

    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  18. Ida Mawarni
    NIM:1002020205

    1. pembelajaran berhubungan erat dengan pengertian belajar dan mengajar. Belajar, mengajar dan pembelajaran terjadi bersama-sama. Belajar dapat terjadi tanpa guru atau tanpa kegiatan mengajar dan pembelajaran formal lain. Sedangkan mengajar meliputi segala hal yang guru lakukan di dalam kelas.
    Pengajaran adalah proses, perbuatan, cara mengajar atau mengajarkan perihal mengajar, segala sesuatu mengenai mengajar, peringatan (tentang pengalaman, peristiwa yang dialami atau dilihatnya). (Dariyanto S.S, Kamus Bahasa Indonesia, 1997). Pengajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru dalam menyampaikan pengetahuan kepada siswa. Pengajaran juga diartikan sebagi interaksi belajar dan mengajar. Pengajaran berlangsung sebagai suatu proses yang saling mempengaruhi antara guru dan siswa
    2. Belajar seumur hidup sering menjadi semboyan. Sayang sekali kalau ini hanya semboyan. Karena belajar seumur hidup bisa menjadi filsafat hidup yang sangat ampuh.

    Belajar berarti berlatih diri kita sehingga kita memiliki sesuatu kemampuan yang baru atau kemampuan yang semakin tinggi. Ini bisa belajar ilmu pengetahuan, keterampilan fisik, dan belajar bersikap.

    Kalau kita mau, kita bisa memandang segala hal yang kita alami sehari-hari sebagai kesempatan belajar. Ini menjadi semacam filsafat hidup. Hidup seperti sekolah raksasa. Mata pelajaran: bebas. Kurikulum: kehidupan yang produktif, indah dan bermakna.
    3. Teori belajar sosial atau disebut juga teori observational learning adalah sebuah teori belajar
    yang relatif masih baru dibandingkan dengan teori-teori belajar lainnya. Berbeda dengan
    penganut Behaviorisme lainnya, Bandura memandang Perilaku individu tidak semata-mata
    refleks otomatis atas stimulus (S-R Bond), melainkan juga akibat reaksi yang timbul sebagai
    hasil interaksi antara lingkungan dengan skema kognitif individu itu sendiri. Prinsip dasar belajar
    menurut teori ini, bahwa yang dipelajari individu terutama dalam belajar sosial dan moral terjadi
    melalui peniruan (imitation) dan penyajian contoh perilaku (modeling). Teori ini juga masih
    memandang pentingnyacondit ioning. Melalui pemberianre w a rd danpunishment, seorang
    individu akan berfikir dan memutuskan perilaku sosial mana yang perlu dilakukan.

    BalasHapus
  19. Novri Ariani
    NPm:1002020194

    1. Belajar adalah proses perubahan perilaku secara aktif, proses mereaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu, proses yang diarahkan pada suatu tujuan, proses berbuat melalui berbagai pengalaman, proses melihat, mengamati, dan memahami sesuatu yang dipelajari.

    Sedangkan mengajar sendiri memiliki pengertian :

    · Upaya guru untuk “membangkitkan” yang berarti menyebabkan atau mendorong seseorang (siswa) belajar. (Rochman Nata Wijaya,1992)

    · Menciptakan lingkungan yang memungkinkan terjdinya proses belajar. (Hasibuan J.J,1992)

    · Suatu usaha untuk membuat siswa belajar, yaitu usaha untuk terjadinya perubahan tingkah laku. (Gagne)

    Dan Pembelajaran yang diidentikkan dengan kata “mengajar” berasal dari kata dasar “ajar” yang berarti petunjuk yang diberikan kepada orang supaya diketahui (diturut) ditambah dengan awalan “pe” dan akhiran “an menjadi “pembelajaran”, yang berarti proses, perbuatan, cara mengajar atau mengajarkan sehingga anak didik mau belajar. (KBBI)

    Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik
    2. Pendidikan seumur hidup adalah sebuah system konsep-konsep pendidikan yang menerangkan keseluruhan peristiwa-peristiwa kegiatan belajar mengajar yang berlangsung dalam keseluruhan kehidupan manusia. proses pendidikan seumur hidup berlangsung secara kontinue, dan tidak terbatas oleh waktu seperti pendidikan formal, proses belajar seumur hidup tidak hanya dilakukan seorang yang terpelajar tetapi semua lapisan masyarakat bisa melaksanakanya.
    3. Clark Hull juga menggunakan variable hubangan antara stimulus dan respon untuk menjelaskan pengertian tentang belajar. Namun ia sangat terpengaruh oleh teori evolusi Charles Darwin. Baginya, seperti teori evolusi, semua fungsi tingkah laku bermanfaat terutama untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Oleh sebab itu, teori ini mengatakan bahwa kebutuhan biologis dan pemuasan kebutuhan biologis adalah penting dan menempati posisi sentral dalam seluruh bagian manusia, sehingga stimulus dalam belajarpun hampir selalu dikaitkan dengan kebutuhan biologis,walaupun respon yang akan muncul mungkin dapat bermacam-macam bentuknya.

    BalasHapus
  20. cut Naira Sahira10 Okt 2011, 10.56.00

    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus